Sabtu, Agustus 19

Tips Mengembangkan dan Memasarkan Bisnis / Produk

Dalam mengembangkan bisnis dibutuhkan metode-metode bagaimana cara mengembangkan dan memasarkan produk yang kalian jual agar dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat ramai. Hari ini saya berniat untuk membahas metode-metode cara yang ampuh memasarkan dan mengembangkan produk bisnis yang kalian sedang jalankan.
 
1. Mengenali potensi bisnis
Mengenali potensi bisnis itu sendiri sangatlah penting kita dapat memasarkan sebuah produk dengan mengenali potensi bisnis kalian bisa menentukan berbagai macam ide yang akan kalian kembangkan dalam memasarkan produk-produk yang kalian akan jual ke masyarakat agar laku dipasaran.

2. Berpikir bahwa pembeli seperti anda !!
Berpkir bahwa pembeli seperti anda itu dapat diartikan , apa saja sih yang kalian butuhkan dan kalian inginkan saat kalian membeli suatu produk entah dari pelayanannya yang ramah, pelayanan yang cepat, juga pasti kalian berharap saat kalian membeli suatu produk atau barang tersebut sesuai dengan apa yang kalian butuhkan atau harapkan. Karena sering kali kami jumpai terutama pada online shop banyak yang mengeluh antara lain ; barang tidak sesuai dengan yang ada di foto , kemasan yang rusak, dll. Hal ini tentunya sangat penting bagi seorang pembeli dalam membeli suatu produk. Jika pada pembelian pertama pelanggan puas akan produk yang kalian tawarkan atau kalian pasarkan maka kemungkinan besar pelanggan tersebut akan kembali membeli produk yang kalian jual tanpa menyampingkan kepentingan kualitas dari produk itu sendiri.

3. Mengetahui Apa yang dibutuhkan dan Diinginkan Pasar
Kalian sudah tahu apa yang di inginkan oleh pasar, dan kalian juga sudah tahu bagaimana cara membuat produk tersebut dengan biaya murah, dan berapa potensi profit yang akan kalian dapatkan, langkah yang paling penting dalam mendapatkan potensi profit yaitu dengan cara menjual produk tersebut. Bersaing dengan kompetitor-kompetior untuk menjual produk dengan harga murah namun memiliki kualitas yang baik padahal produk yang kalian jual sama dengan yang mereka jual. Sederhananya adalah kalian harus bisa menyaingi mereka. Jika anda berkompetisi dalam persaingan tersebut, cara yang paling mudah dan masuk akal, adalah cari cara yang mereka tidak biasa lakukan dan apa yang tidak bisa mereka lakukan dengan begitu masyarakat akan mulai melirik produk-produk yang kalian tawarkan. Meskipun itu berarti kalian berresiko untuk mendapatkan keuntungan yang sedikit rendah, tetapi untuk memahami keinginan pasar kalian harus coba untuk mengambil resiko ini.

4. Melakukan Promosi
Promosi atau pemasaran sangat penting dalam mengenalkan produk yang kalian jual dipasaran. Tips promosi dapat dengan mudah kalian temukan dengan hanya browsing-browsing di internet.
Namun tips promosi akan saya bagi disini antara lain; Jika kalian berniat memasarkan produk makanan kering atau minuman kalian dapat memberikan tester pada calon konsumen kalian, kalian bisa mulai dari teman terdekat kalian, biasanya jika produk yang kalian tawarkan memuaskan teman kalian dapat merecomend ke teman-temannya yang lain tanpa kalian harus kembali memberikan tester. Penting kalian harus memperhatikan cara promosi kompetitor kalian dalam memasarkan produk-produknya. Pastikan cara pemasaran produk yang kalian lakukan ini berbeda dan menarik calon konsumen-konsumen anda.
Cara promosi yang lain bisa kalian lakukan juga dengan memberikan promo-promo yang menarik dengan buy one get one free, atau buy two get one free.
Satu lagi cara promosi yang dapat anda lakukan yang mungkin sangat efektif dalam memperkenalkan produk kalian adalah adalah dengan berpromosi dari mulut ke mulut. Tak dapat dipungkiri bahwasannya cara ini dapat menjaring pelanggan jauh lebih banyak. Dengan berbagai cara ini, anda dapat menemukan pelanggan dengan sendirinya.

4. Memilih Lokasi yang Strategis
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ialah pemilihan lokasi usaha. Sebagai contohnya kalian bisa lihat banyak berbagai toko Kue yang berdiri di sepanjang jalan yang sibuk dan dilalui oleh banyak orang.
Pemilihan lokasi tersebut merupakan salah satu strategi kaliam untuk menjaring pelanggan. Karena itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan tepat agar usaha anda dapat dijangkau oleh pelanggan.

5. Menggunakan Internet Marketing
Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka kalian dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan.
Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi anda untuk berinovasi.
Kalian dapat menampilkan produk usaha kalian pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing kalian juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sekian dari saya mengenai tips mengembangkan dan memasarkan produk bisnis kalian, besar harapan saya tips ini berharga, bermanfaat dan sangat membantu kalian yang baru memulai bisnis kalian namun bingung gimana sih cara-cara simple namun efektif mengembangkan produk maupun bisnis kalian :)

Sumber :
http://www.bisnisa.biz/2014/10/cara-mudah-membuat-bisnis-anda-berkembang-cepat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar