Kamis, September 28

INOVASI FRESHEN SPRITZORANGE

International Young Inventor Award (IYIA) merupakan sebuah event perhelatan kompetensi inovasi internasional  yang bertujuan untuk Untuk memperkenalkan, menghargai dan mempromosikan inovator muda di seluruh dunia, yang telah mendedikasikan diri dalam membuat inovasi, kreasi, dan kreativitas. Selain itu IYIA juga bertujuan untuk Menyalurkan minat para inovator Indonesia, dan juga sebagai wadah untuk menjembatani para inovator Indonesia dalam berkompetisi di bidang inovasi dengan masyarakat dunia.

               Event IYIA yang digelar di Universitas Mercubuana pada tanggal 22 – 23 September 2017 kemarin berfokus untuk memamerkan inovasi kreatif dari inovator muda di Dunia. Semua peserta dapat mempresentasikan penemuan mereka dalam bentuk sampel, prototipe, tiruan, dan banyak lainnya.
Helatan kompetisi inovasi Internasional tahun ini diikuti oleh ratusan inventor dari beberapa negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Thailand, Philiphina, Sri Langka, Mesir, Maccau, Jordania, India, Taiwan dan lain-lain.  Para peserta yang mengikuti event ini berlomba-lomba dalam memperkenalkan produk inovatif yang mereka akan perkenalkan.
Nantinya setiap peserta yang mengikuti event ini berlomba untuk mendapatkan yang terbaik. Lomba ini berkonsep pameran dimana setiap peserta mendapat stand masing-masing  dengan sistem penjurian adalah presentasi dan tanya jawab mengenai inovasi produk yang diperkenalkannya dalam bahasa inggris. Jurinya pun tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan dari berbagai negara. Untuk memberikan penilaian Para dewan Juri tersebut berputar mengunjungi tiap meja dan melakukan tanya jawab dengan semua peserta .
Gambar Produk Freshen Spritzorange
Kami @F-02 tertarik dengan salah satu stand yang berada di bagian pojok ruangan dari gedung auditorium Universitas Mercubuana. Stand yang kami kunjungi merupakan stand milik peserta yang berasal dari negara Malaysia. Peserta ini berjumlah 3 orang dalam 1 tim. Mereka adalah Nadiah Nabilah, Nur Kamila Tasnim, dan Norsyahida . Mereka datang dengan membawa produk inovatif dengan nama produk Freshen Spritzorange. Freshen Spritzorange adalah parfum berbahan dasar kulit jeruk yang telah diolah menggunakan alcohol. Kelebihannya adalah parfum ini yaitu :
1.      memiliki bau yang lebih segar ketimbang parfum lain yang dijual dipasaran.
2.    Parfum yang mereka perkenalkan tidak menyebabkan iritasi bila terkena kontak langsung dengan kulit.
3.      Menurut survei yang mereka lakukan, parfum tersebut dapat membuat mata menjadi tidak mengantuk karena kesegaran dari wanginya.
4.      Mereka meng-claim bawa produk tersebut lebih murah dari pada produk sejenis
5.      Lebih sedikit menggunakan bahan kimia

Lalu kami @F-02 juga melakukan beberapa pertanyaan kepada peserta yang berasal dari Malaysia tersebut. Yang pertama adalah apakah peserta bersedia jika hasil penemuan anda dipatenkan melalui Universitas Mercubuana. Dan mereka bersedia jika hasil penemuan mereka dipatenkan melalui Universitas Mercubuana. Pertanyaan yang kedua adalah apakah peserta bersedia jika kelak mendapat beasiswa dari Universitas Mercubuana. Dan mereka sangat senang  dan bersedia apabila mendapat beasiswa dari Universitas Mercubuana. 


Kritik dan saran, kesan dan pesan

Saran
Freshen Spritzorange merupakan produk parfum yang cukup menarik jika dilihat dari segi manfaatnya, namun kemasan atau tampilan luar dari produk tersebut kurang menarik,jadi sebaiknya parfum tersebut dikemas lebih baik lagi.

Kritik
Produk tersebut dirasa kurang menarik jika dibandingkan dengan produk sejenis.

Kesan
Penyampaian dari Nadiah Nabilah dan teman-temannya mengenai produk tersebut dirasa cukup baik, sehingga kami menjadi lebih paham dengan apa yang disampaikan.

Pesan
Teruslah berinovasi dan berkreasi di era modern ini, sebab inovasi dan kreasi anak muda sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa dan negara.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar