Jumat, September 29

INOVASI CACOTILE

@Startup G06 - 

A.   Tinjauan Umum
     Indonesian Invention and Innovation Promotion (INNOPA) berperan sebagai penyelenggara acara Internationl Young Inventors Award (IYIA) tahun 2017, salah satunya diselenggarakan di negara Indonesia tepatnya diselenggarakan di Aula Rektorat Universitas Mercu Buana Jakarta pada tanggal 22-23 September 2017.
Acara ini bertujuan memberikan dan membuka kesempatan pada inovator muda untuk menyampaikan ide-ide kreatif mereka dan juga memberi dampak postif hubungan antara Indonesia dengan berbagai negara yang ikut serta dalam acara ini.
     Dalam acara IYIA ini banyak negara yang ikut serta dalam menunjukan karya-karya atau ide-ide kreatif anak muda untuk diperlihatkan dan berbagi informasi tentang produk  dan teknologi yang mereka ciptakan kepada pengunjung yang menghadiri Aula Rektorat tersebut, seperti negara Malaysia, Jordania, Filipina, Thailand dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari luar negeri saja tetapi beberapa Universitas dan sekolah SMA sederajat di Indonesia juga ikut serta dalam acara ini tentunya karyanya tidak kalah menarik dengan produk dan teknologi dari negera luar.

B.   Tinjauan Khusus

     Nama Produk: CaCotTile (Calcium Carbonate Tile) dari negara Malaysia tepatnya  karya dari murid-murid “SEKOLAH BERASRAMA PENUH  INTEGRASI GOMBAK

1.     Ringkasan

-         CaCoTiles didefinisikan sebagai ubin yang terbuat  dari bahan yang dapat digunakan kembali yang mana salah satunya adalah kulit telur. Sebuah penemuan yang membanggakan oleh pelajar SPBI Gombak. CaCoTile terbuat dari kulit telur dan tabahan bahan kimia yaitu, POLYESTER RESIN DAN Methyl Ethyl Ketone Peroxide (MEKP) yang dikumpulkan dari berbagai sumber sebagai upaya menyelamatkan manusia. Ubin yang kita lalui sehari-hari sebenarnya mencemari udara dan tanah. Ubin dari keramik & semen mahal, mencemari & ada pula yang mengerikan. CaCoTile dibuat hanya dalam hitungan menit. Berdasarkan percobaan, CacoTile dapat memutar 750◦C & 4.67 kN/m2. Sifat ubin CaCoTile ini tahan air,  ubin CaCoTile ini bernilai seumur hidup. Ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan dari diri kita sendiri untuk menyelamatkan kehidupan kita sendiri dan manusia lainnya. Selamatkanlah keluarga, uang dan kehidupan orang-orang yang kita sayangi.    

1.     Materials/Bahan
-          Egg Shells (kulit telur)
-          Polyester Resin (Poliester Resin)
-         Methyl Ethyl Ketone Peroxide (MEKP)

2.     Tujuan
-          Untuk mengurangi polusi yang disebabkan oleh produksi ubin keramik.
-          Untuk menurunkan biaya bahan, dibandingkan dengan ubin yang biasa dibeli oleh orang banyak.
-          Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat limbah rumah tangga.
-          Untuk mendidik orang tentang bagaimana kita seharusnya memanfaatkan bahan daur ulang untuk masa depan yang lebih hijau.


Setelah melakukan wawancara kepada pihak SPBI Gombak, mereka tidak berniat untuk mematenkan produknya oleh Universitas Mercu Buana Jakarta karena mereka hanya ingin memproduksi untuk mereka sendiri saja tidak untuk dijual-belikan kepada umum. Dan mereka membuat produk ini tidak karena ingin mendapatkan beasiswa tetapi hanya untuk memperkenalkan karya-karya mereka di dalam acara ini.


C.   Kritik dan Saran

-Kritik
  • tekstur bagian sisi-sisi marmer masih belum rapih 
-Saran
  • produk dari CaCoTile ini sangat di sayang kan apa bila tidak di produksi masal, karna ini sangat membantu masyarakat untuk mengurangi biaya pembuatan rumah, di karna kan harga mamer yang biasa nya jauh lebih mahal di bandingkan dari produk CaCoTile ini
  • terus lakukan pengembahan pada produk ini

MIND MAP















Tidak ada komentar:

Posting Komentar