Selasa, Februari 27

@Proyek-J01/ @Proyek-K01/ @Proyek-L01 : Kajian Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses

Sumber : ***
Berlaku  
28 Februari -  
6 Maret 2018

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.


Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.




Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :


1. Baca  Modul "Kewirausahaan 1"  sesuai dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran  secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  1 : Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses).

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-J01/@Proyek-K01/@Proyek-L01).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini, wajib mencantumkan kode peserta di pojok kiri atas kolom komentar :

  1. Adakah pengalaman Anda dalam berwirausaha, berbisnis atau berdagang ? Jika ada tuliskan apa saja pengalaman tersebut dilengkapi kesan dan pesan.
  2. Apakah Anda punya keinginan (rencana)  untuk membuka dan mengembangkan usaha ? Jika punya, tuliskan secara ringkas dan jelas (deskripsi).








122 komentar:

  1. @K27-Dimas
    Pengalaman keluarga saya membuka agen sembako dan rencana kedepannya ingin meningkatkan kualitas barang yang akan dijual

    BalasHapus
  2. @k31-nur
    1. saya pernah menjual lidi-lidian dan makaroni, saya mengambil dari distributor mie lidi,
    respon dari customer sangat amat baik,karena banyak yang mengingat masa kecil dengan makanan ringan,
    2.saya ingin membuka usaha dalam bidang jasa seperti event organizer dan wedding organizer, saya ingin membuat, mengatur acara agar berjalan sesuai keinginan.

    BalasHapus
  3. @K34-Ayu

    1. Pengalaman anda dalam berwirausaha.
    Jawab: Pengalaman saya dalam berwirausaha yaitu dengan membantu teman berjualan makanan, dan juga saya mempunya pengalaman saat saya SMA dulu, saya pernah berjualan case handphone. Dan dalam berwirausaha tersebut saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

    2. Rencana membuat kewirausahaan
    Jawab : Dalam kedepannya saya berkeingininan untuk membuka usaha di bidang kuliner. Dan juga saya saya ingin meneruskan usaha yang telah orang tua saya jalankan, untuk menjadi lebih bagus lagi.

    BalasHapus
  4. @K12-Nadya
    1.Saya pernah mempunyai pengalaman berdagang waktu smp , menjual alat tulis dan aksesoris.

    2.Saya berkeinginan untuk membuka usaha meski belum memikirkan akan membuka di bidang apa .

    BalasHapus
  5. @k33-nandira

    1. Pengalaman saya dalam berwirausaha adalah disaat saya masih dismk, saat pelajaran kewirausahaan saya dan kelompok saya diberi tugas untuk memproduksi dan menjual sebuah produk makanan, disaat itu kami memilih untuk menjual Tteok-bokki yang berasal dari korea, yang terbuat dari tepung beras dengan sausnya. Kami membuat makanan tersebut bersama dirumah teman saya. Lalu esoknya kami menjualnya di depan kelas. Karena makanan yang dijual terlihat unik, maka dagangan saya laris karena banyak orang yang ingin tau rasa Tteok-bokki tersebut.
    2. Saya ingin membuka usaha baju, karena saya suka melihat dan mendesain baju, tetapi belum mencoba membuatnya sendiri.

    BalasHapus
  6. @K24-Cahya

    1. Saya pernah mencoba usaha jual pulsa ketika SMP, kesan yg saya dapat dari usaha tersebut adalah, saya bisa memiliki penghasilan sendiri untuk tambah-tambah uang jajan dari orang tua, namun usaha tersebut tidak berjalan lancar dan tidak berlangsung lama, karena beberapa kendala yang saya alami.
    Setelah gagal berjualan pulsa, saya mencoba peruntungan lagi dengan berjualan aksesoris handphone secara online, usaha inipun tidak berlangsung lama, karena mungkin saya kurang meminati dunia bisnis, sehingga kurang menekuni setiap kali menjalani usaha.

    2. Ya, saya mempunyai rencana untuk memulai kembali usaha yang sudah pernah saya jalani sebelumnya (pulsa dan ingin memulai menjual pakaian,dll) tapi belum dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. 1. Tidak Punya
    2. Iya ingin, saya ingin memiliki usaha di bidang broadcast/Media Televisi, yang dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat, dan dapat menjadi pelopor tv edukasi di Indonesia

    BalasHapus
  9. @K16-indra
    1.tidak punya
    2.saya ingin membuka usaha di bidang custom kendaraan roda dua (motor),karena saya sangat suka dengan hobi otomotif terutama dibidang custom

    BalasHapus
  10. @K07-Zolascha@
    1.Saya belum memiliki pengalaman berbisnis.
    2. Ya. Saya memiliki keinginan untuk berbisnis. Saya ingin membuat produk yang berhubungan dengan desain inteior. Saya ingin membuat sesuatu yang inovatif berdasarkan prinsip desain interior.Dan produk tersebut dapat memudahkan penggunanya.

    BalasHapus
  11. @k32-saraswati

    1.sebelumnya saya belum pernah ada pengelaman dalam bidang berdagang maupun bisnis, namun orang tua saya memiliki usaha dalam bidang pakaian,terkadang saya ikut membantu usaha tersebut namun tidak terlalu aktif
    2. Saya mempunyai keinginan untuk mengembangkan usaha orang tua saya untuk menjadi usaha yg lebih besar dan mempunyai brand sendiri.

    BalasHapus
  12. @K22-Fajar

    1. Pengalaman saya waktu dulu saya pernah berbisnis sperpart motor secara online. Kesan pertama saya dalam berbisnis adalah saya dapat menghasilkan uang sendiri tanpa meminta uang orangtua.

    2.saya memiliki rencana untuk membuka usaha seperti restoran. Menurut saya usaha restoran pada saat ini sangat tepat karna saat ini banyak orang lebih memilih makan diluar rumah daripada masak sendiri.

    BalasHapus
  13. @K29-Iqbal

    1. Tidak Pernah
    2. Rencananya saya ingin membangun bisnis dengan menjual macam macam pakaian, celana dan juga sepatu dengan barang yang terupdate. Tetapi tipe penjualannya masih belum terpikiran melalui online atau offline(buka toko)

    BalasHapus
  14. @K37-Pristian

    Pengalaman, sewaktu saya masih duduk dibangku SMK saat itu mempunyai usaha di bidang makanan ringan yaitu keripik pangsit pedes, bermodalkan 50 ribu, saya mendapatkan keuntungan 2 kali lipat, senangnya mungkin bisa menghasilkan uang sendiri

    Visi saya, ingin mempunyai usaha dibidang kukiner , secara bertahap dan tersistematis.
    Mempunyaie-commerce

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. @k08-Ni Made

    Ada pengalaman berdagang sewaktu smk, yaitu berjualan parfum (madeline), dan susu(Ms. Monkey Milk). Dimana sistem penjualannya adalah reseller. Tetapi karena peminatnya serta pemasarannya kurang mendukung, jadi usaha ini hanya dikenal oleh orang sekitar saja.
    Ada keinginan untuk membuka usaha yg lain dalam bidang kuliner yaitu cheesecake.

    BalasHapus
  17. @K38-Yoan

    1. Pengalaman berwirausaha saya sudah saya lakukan sejak saya masih sekolah dasar (SD), saya mendapatkan modal dari orang tua saya, waktu SD saya menjual gelang yang sedang promo buy 1 get 1, hanya dalam sehari saya sudah balik modal dan mendapatkan untuk, uang balik modal tersebut saya kembalikan ke orang tua saya.
    Waktu SMP saya menjual mp3, kalung2 (aksesoris wanita). Semua laku habis tetapi saya tidak melanjutkan usaha ini karena waktu saya ingin melanjutkannya saya sedang fokus ujian nasional.
    Ketika SMA saya juga menjual gelang prusik dan berhenti karena barangnya sudah habis.

    Sekarang saya sedang menjalankan bisnis makanan yang sudah berlangsung selama hampir satu tahun. Bisnis yang saya jalani adalah martabak mini, saya menjalankan bisnis ini tidak sendiri, saya bersama 3 teman saya yang lainnya, tetapi harus berhenti dulu karena bermasalah dengan kuliah. Tetapi saya tetap ingin mengembangkan dan menjalankan kembali bisnis yang sudah saya jalani itu.

    Kesan pesan saya menjalankan usaha tersebut yaitu:
    Saya sudah senang berwirausaha sejak kecil, bahkan waktu saya masih duduk dibangku taman kanak2 saya suka menghayal mempunyai perpustakaan dan saya yang mengelola perpustakaan itu, sampai saya buka cuma bermodalkan meja di depan rumah dan saya menyewakan buku2 cerita atau komik yang saya punya walaupun hanya dibayar dengan uang mainan saya sudah senang.
    Meskipun usaha saya tidak selalu berjalan mulus tetapi tidak ada rasa menyesal atau putus asa.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  18. @K39-Regita
    Sejak pertengahan tahun 2016, saya sudah mulai menjalankan bisnis rental kamera yang bisa kalian lihat di instagram @Your_XiaomiYi
    Kamera yang saya rentalkan berupa kamera sport " yi action xiaomiYi" setelah hampir 2 tahun saya menjalankan usaha ini, dari yang awalnya hanya punya 1 unit kamera untuk di rentalkan, alhamdulillah sekarang saya sudah memiliki 3 unit kamera yg bisa di rentalkan. Tentu bukan perjuangan yang mudah untuk mengelola keuntungan yg didapat untuk di putar kembali menjadi modal untuk kedepannya. Dan harapan saya kedepannya, karena saat ini saya hanya mempunyai 1 jenis kamera saja yang dapat di rentalkan, saya akan berusaha untuk mencoba mengelola usaha saya ini dengan lebih baik sehingga bisa memiliki berbagai macam jenis kamera lainnya untuk bisa di rentalkan.
    Lalu, Karena rasa puas yg didapat dari bisnis saya sebelumnya, lalu pd akhir tahun 2016 saya mencoba memulai usaha baru di bidang " fashion" kalian bisa lihat di instagram @flows_hijab usaha yang sedang saya jalani ini sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun dan akan terus saya kembangkan untuk kedepannya, agar bisa menjadi brand ternama yang dapat dikenal oleh orang lain.

    BalasHapus
  19. @k25-Hendra
    1. Saya pernah menjual obat herbal orang tua saya, selama saya menjual obat herbal respon konsumen agak kurang, karna masih banyak orang yg belum tau manfaat obat herbal
    2. Kedepannya saya akan membuka usaha di bidang jasa, saya ingin membuka production house Karna saya suka di dunia perfilman jadi saya ingin mencoba usaha production house untuk menghasilkan film-film yg berkualitas

    BalasHapus
  20. @K09-Shinta
    1. Saya pernah mengalaman menjalankan bisnis untuk tugas brending disekolah, bisnis menjual bunga rangkai. dengan pengalaman melakukan promosi survey diselurih kelas dan media sosial.

    2. saya memikirkan ingin melaksanakan bisnis dibidang event organizer. mengatur dan mendasain rangkain acara yg ada.

    BalasHapus
  21. @K21-Garibaldi

    1. jadi pada tahun 2016 saya memiliki bisnis online. Di bisnis ini terbilangcukuop menggiurkan karena saya merupakan dropshipper stiker dan tema media sosial LINE yang dimana profit yang saya dapatkan sangat menguntungkan. Kesan yang saya dapatkan di bisnus tersebut bagaimana kita memanajemen segala aktivitas dan busa mengkalkulasikan profit yang kita dapatkan. Dan pesan yang saya dapatkan bahwa kita harus menginovadikab bentuk usaha kita dan punya konsistensi agar bisnis tidak bangkrut.

    2. Lalu untuk kedepan ingin membuka usaha kuliner karena usaha tersebut sangat amat menjanjikan, dilihat pada sekarang ini banyak orang-orang atau bahkan artis yang membuat bisnis di bidang kuliner di geluti.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. @K26-Luthfi

    1. Saya ketika SMK pernah membantu orang tua saya untuk berjualan di sekolah dengan menjual berbagai macam makanan ringan di sekolah. Selama saya berjualan di sekolah membantu orang tua saya, itu rasanya sangat menyenangkan karena saya jadi mempunyai uang sendiri dari hasil berjualan tersebut.
    2. Saya memiliki keinginan untuk membuka usaha caffe atau pun usaha Kuliner yg lain karena saya sangat menyukai bidang usaha tersebut. Dan jika mempunyai waktu dan uang yg lebih saya juga ingin memiliki usaha di bidang jasa seperti produktion house.

    BalasHapus
  24. @k36-cintya
    1. Saya mempunyai pengalaman menjual baju online shop dan pulsa tetapi tidak berlangsung lama. Kesannya saya mempunyai penghasilan sendiri walaupun kecil.
    2. Iya, saya mempunyai keinginan (rencana) untuk membuka toko kue (roti) karena kue adalah penganan yang ringkas karena bentuknya kecil, kue juga tidak ada musimannya dan saya mencintai kue sebanyak saya mencintai diri saya.

    BalasHapus
  25. @k04–idham

    1.kebetulan sampai sekarang saya memiliki usaha di bidang seni kreatifitas, sudah cukup banyak pengalaman yang saya dapatkan, dari awal hingga sekarang. bermula dengan keisengan membuat suatu karya yang bisa dibilang unik dan bahkan jarang ditemukan, srhingga banyak yang tertarik melihatnya dan banyak yang memesan custom karya tersebut untuk dijadikan pajangan atau hadiah. dan yang memesanpun sudah cukup banyak dari kalangan anak muda sehingga dewasa bahkan pernah ada yang memesan untuk membuat produk karya tersebut untuk di salah satu mall di jakarta.
    2. saya mempunyai rencana membangun usaha di bidang seni karya dinding yang khusus untuk suatu interior bangunan.

    BalasHapus
  26. @k10-desyinta
    1. Saya belum pernah memiliki pengalaman berusaha sebelumnya.
    2. Saya ingin dan berniat membuat usaha, sepeti oline shop yang menjual
    Masker untuk tubuh dan wajah yang cukup digemari wanita saat ini. Karena menurut saya peluang usaha yang cukup menjanjikan, dan juga mudah menarik konsumen.

    BalasHapus
  27. @K23-Muslikhul
    1) Ada, pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya seperti berbisnis menjual usaha dalam bidang videography dan Video Editor dan setelah saya menjalani bisnis usaha jasa tersebut saya mendapatkan sedikit pemasukan dan mendapatkan kepercayaan yang sangat baik dari pengguna jasa saya tersebut.

    2) Saya mempunyai keinginan untuk membuka usaha rumah produksi (production house/ph) baik dalam hal videography,film, dan dalam bidang sejenisnya guna untuk menghasilkan sebuah karya yang berkualitas dalam lokal mauojn interlokal. Lalu saya juga berminat ingin membuka usaha sampingan juga berupa bidang kuliner dan property seperti makanan daerah dan rumah inap guna untuk masa tua, amin.

    BalasHapus
  28. @K06-Febriansyah

    1. Saya pernah berjualan cupcake bersama teman-teman saya saat minggu pagi dimana orang-orang sedang berolahraga & jogging.

    2. saya ingin membuka usaha catering. karena saya termortivasi oleh seseorang yang dahulunya seorang waiter/pelayan di sebuah catering di jakarta dan kini karna usaha keras nya, ia memiliki usaha catering sendiri. saya ingin menjadi seperti dia dan saya ingin berusaha agar menjadi seorang pebisnis.

    BalasHapus
  29. @K14-Aditya //
    1.pengalaman saya dalam berwirausaha ,berbisnis atau berdagang adalah ketika saya masih bersekolah di bangku SMK ,ketika itu sekolahan saya memiliki mini marketnya sendiri yaitu GSPro ,dan setiap siswa wajib mengikuti proses praktek di mini market tersebut, dari menjaga toko,jadi kasir,sampai menjual produk yang disediakan. Kesan yang saya dapat adalah saya bisa merasakan lelahnya jadi pedagang, dan senang melihat kekompakan team.

    2. Saya ingin membuka usaha di bidang olahraga ,yaitu penyewaan lapangan futsal. Bisnis itu tidak cepat basi dan masih bisa diberi sampingan lainnya ..

    BalasHapus
  30. @k13-muhamad
    1.Pengalaman saya adalah membantu orangtua saya dalam menjalankan usaha nya, seperti belanja barang dan menghitung dapta harga.
    2. Saya ingin berwirausaha di dalam bidang komputer seperti menjual alat-alat untuk komputer dan me reappear komputer.

    BalasHapus
  31. @K01-Richa

    Saya memiliki pengalaman usaha saat saya di SMA. Dalam kegiatan kewirausahaan. Bersama beberapa teman saya. Yaitu berjualan makanan dengan bahan pokok "singkong" yg diolah sedemikian rupa agar menarik minat pembeli.


    Saya memiliki impian untuk membuka usaha dibidang kuliner yang berbeda dan menarik untuk semua kalangan.

    BalasHapus
  32. @k05-Frais
    1. Pengalaman saya pernah dalam hal menjual dagangan kecil-kecilan yg berupa pisang goreng coklat keju sewaktu masih SMA.
    Kesannya bagi saya dapat memberi kerja sama waktu itu dalam menjual dagangan tersebut.

    2. Rencana saya kedepan dapat membuka usaha kecil-kecilan dulu yang berupa makanan hasil olahan sendiri seperti pisang goreng coklat keju dan sebagainya dengan bahan pokoknya adalah pisang.
    Dan usahanya sebagai penghasilan dari hasil mandiri.

    BalasHapus
  33. @k30-Ika
    1. Pengalaman saya dalam berbisnis yaitu membantu orang tua untuk menjaga konter (jual pulsa) dan membuka rental PS selama 3 tahun

    2. Saya ingin membangun usaha seperti tempat penginapan menurut saya bisnis ini dapat berkembang karena banyak yang membutuhkan penginapan khususnya di kota besar seperti Jakarta.

    BalasHapus
  34. @k15-Aldiansyah

    1. Pengalaman berdadagang saya yaitu membantu orang tua saya yg berjualan, dengan berkeliling untuk mengantarkan pesanan makanan yg di pesan oleh warga di sekitar area lingkungan saya.
    Kesan dan pesan : saya merasa ada kebanggaan tersendiri dengan membantu orang tua, saya merasa menjadi anak yg berbakti dan mengurangi beban tenaga orangtua saya. Jalani semuanya dengan ikhlas.

    2. Saya berkeinginan untuk mengembangkan usaha orangtua saya ke bidang kuliner atau bisa juga caterhing, agar menjadi lebih maju dan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  35. @K2-Ramdhan
    1. Pengalalaman berusaha,saya pernah menjalankan usaha keluarga saya.
    Kesan saya: Seruh karna saya bertemu dengan konsumen2 yang bawel,banyak maunya...

    2.ada saya ingin berwirausah di bidang kebutuhan interior rumah

    BalasHapus
  36. @k03-Fuad
    1.Awal mula saya mengenal bisnis yaitu dengan ikut orang tua saya semenjak di bangku smk , yang kebetulan memulai bisnis dengan membuka jasa EO Tour&travel .
    2.mengembangkan bisnis orang tua ,dan membuka usaha Jasa consultant design dalam bidang arsitektur

    BalasHapus
  37. @K18-rahadian

    1. Ada, saat SMK menjadi reseller berbagai produk.ikut berbagai event bersama teman yang punya usaha clothing line. Pernah mencoba menjalankan clothing line, namun gagal karena kurang persiapan yang matang. Untuk saat ini sedang memulai kembali beberapa usaha dengan konsep berbeda. Kesan saat terjun di dunia usaha cukup menarik karna harus bersaing secara kreatif dengan kompetitor lain. Pesan untuk yang ingin berwirausaha agar menyiapkan konsep usaha dengan matang agar tidak menjadi beban nantinya.

    2. Saat ini saya sedang mengembangkan usaha di bidang kuliner dan pakaian. Namun belum maksimal karna keterbatasan waktu dan modal .

    BalasHapus
  38. @J09-Amanda

    1. Saya pernah berwirausaha untuk mata pelajaran kewirausahaan dikelas 3 SMK. Saya waktu itu menjadi reseller makanan ringan "kingkong" sebuah brand keripik singkong. Pada saat itu saya diberikan jatah 3 karton keripik untuk dijualkan kembali. Tetapi pada waktu yang sudah ditentukan, dagangan saya tidak terjual habis, maka dari itu saya merasakan rugi. Tapi tidak jadi masalah. Ternyata hanya menjual keripik saja tidak mudah, karena belum tentu orang yang ditawarkan itu mau membeli. Tapi saya mendapatkan pengalaman, jika ingin berwirausaha untuk tidak pantang menyerah pada penolakan, tetapi harus berusaha keras bagaimana caranya agar barang yang dijajakan tersebut laku.

    2. Sejauh ini masih berangan - angan untuk membuka bisnis dibidang kuliner, karena melihat dari situasi saat ini usaha kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya, tetapi usaha kuliner ini pastinya berkonsep, menyesuaikan zaman dan kantung costumer. Tidak hanya sebagai tempat makan dan berkumpul, tempat ini pastinya harus terjangkau harganya dan juga menjadi tempat yang instragammable (istilah sekarang yang menyebutkan tempat menarik untuk dijadikan tempat berfoto yang dipost diinstagram). Yang secara tidak langsung, usaha kuliner saya dipasarkan oleh orang yang memposting dan men share lokasi usaha saya, dan itu menguntungkan karena akan mengundang banyak orang. Apalagi jika usaha saya menawarkan sesuatu yang menarik, yang dapat membuat orang penasaran untuk berkunjung.

    BalasHapus
  39. @J08-Alifia

    1. Pengalaman saya pernah membuat puding untuk di jual di sekolah, namun saya tidak tahu kalau ada beberapa puding ada yang belum jadi. Dan di situ bukannya untung, malah saya mendapatkan rugi. Dan disitu saya belajar,sebelum barang dagangan di jual, saya harus mengecek kondisi barang terlebih dahulu.

    2.Saya ingin membuat usaha di bidang fashion. Karena kebetulan ibu saya bisa menjahit dan bisa membuat pola baju. Bilamana usaha saya sudah berkembang pesat, saya akan memperkejakan orang lain, dan membuka butik baju.

    BalasHapus
  40. @J12-Aprillia

    1. Pengalaman saya pernah berdagang snack kecil kecilan berupa makaroni yang mempunyai banyak rasa, tapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya pesaing saya merasa penjualan dan peminatnya menyusut yg mengakibatkan saya rugi. Lalu saya mencoba membuat produk saya semenarik mungkin agar konsumen saya kembali kepada saya, Tetapi hasilnya sama saja, dan akhirnya saya mulai tidak bersemangat untuk menjalankan usaha tersebut. Dan ingin mencoba usaha lainnya.

    2. Sejauh ini saya berkeinginan untuk menjalankan usaha dibidang minuman seperti milik Shake ataupun yang sejenisnya. Saya memilih usaha ini karena mayoritas orang jaman sekarang lebih suka yang instan.

    BalasHapus
  41. @L32-Maulani
    1. Pengalaman saya pernah membuat suatu kerajinan tangan dari bhn2 plastik saat SMA dlu bersama teman-teman, dan hasil dari kerajinan itu di jual walaupun penjualan itu di lakukan sekitar kalangan siswa dan gurunya.
    2.Saya berkeinginan untuk membuka usaha meski belum memikirkan akan membuka di bidang apa .

    BalasHapus
  42. @L11-Aldy

    1. Pengalaman berjualan saya ketika saya masih smp saya pernah memesan gorengan dan lontong yang dapat dijual keteman dan para siswa di sekolah, saya berjualan sekitar 4hari pada saat itu penjualan naik turun untuk hari ke 4 penjualan menurun dan saya mendapatkan kendala akhirnya saya berhenti.

    2.saya ingin usaha dibidang pangan dan oleh oleh atau sovenir, namun saya masih belum menemukan arah untuk itu, untuk saat ini saya sedang mencari wawasan tentang hal itu sambil mengumpuli dana tersebut.

    BalasHapus
  43. @L26-Alvian

    1. Pernah. Saya pernah berjualan bakpao hijau sewaktu saya masih SMA. Bakpao itu saya ambil dari ibu teman saya yang membuat bakpao lalu saya jualnya kembali dengan mengambil untung sekitar 25% dari harga awal. Setiap hari saya berjualan dan alhamdulillah selalu habis setiap harinya. Saya pernah mencoba menjual kembali pada saat kuliah tetapi selalu tidak habis atau sisa.

    2. Iya ingin. Saya ingin membuka usaha di bidang kuliner. Saya ingin membuat dan menjadi pengelola dari restoran yang saya buat. Semoga di masa depan saya bisa mewujudkan itu semua.

    BalasHapus
  44. @L20-Nabila

    1. Pengalaman saya pernah menjual pulsa, walaupun dalam sekala kecil namun penghasilan yang saya dapatkan lumayan untuk tambahan uang jajan dan untuk keperluan pribadi

    2. saat ini saya sedang membuka usaha kedai kopi yang sedang berjalan 3 minggu, dari hasil kedai ini saya bisa untuk tidak meminta uang kepada orang tua

    BalasHapus
  45. @L27-Bendy
    1.Pengalaman saya berbisnis pas SMA yaitu jualan baju bersama kawan saya. Saya cuma berbisnis baju selama 3 bulan.
    2.Saya ingin meneruskan berbisnis baju yang dulu sempat terhenti. Dan saya berangan-angan membuka bisnis kuliner.

    BalasHapus
  46. @L13-Huda
    1. Pengalaman saya berbisnis adalah saat saya ada tugas dari dosen untuk belajar berjualan dan saat itu saya mencoba berjualan bakpao yang untung cukup lumayan.
    2. Untuk kedepannya saya ingin berbisnis dibidang peternakan, karena itu merupakan cita2 yang ingin saya wujudkan.

    BalasHapus
  47. @L21-Ellyza
    1. Pengalaman saya dalam berwirausaha dalam pelajaran prakarya ketika sekolah pernah membuat suatu produk makanan berdasarkan ide dan sumber daya dari dalam negeri. Saya memilih membuat produk makanan dengan bahan ubi ungu, dengan memilih bahan, melakukan proses memasak, hingga menghidangkan. Saya membuat produk ubi ungu menjadi kue cubit ubi ungu dan salah satu yang paling sukses merupakan ice cream ubi ungu, dengan respon yang sangat baik.
    2. Saya berkeinginan untuk membuat usaha dibidang kuliner dengan berbagai inovasi yang menjadi daya tarik, mengingat orang indonesia sangat khas dengan kuliner.

    BalasHapus
  48. @L12-Arief
    1. saya belum pernah berbisnis atau berdagang tapi saya membantu usaha ayah saya dalam bidang ekspredisi kalau saya membantunya dalam bidang kerja lapangan seperti memberi uang jalan kepada supir ke pabriknya langsung dan sedangkan ayah saya bagian onlinenya sedikit demi sedikit saya jadi paham dalam melakukan bisnis yang dilakukan ayah saya .
    2.saya berkeinginan untuk membuka usaha dalam bidang ekspredisi juga seperti ayah saya tapi saya dalam bidang bis pariwisata.

    BalasHapus
  49. @L29-Elvi
    1. Pengalaman saya dalam berwirausaha : saya pernah menjual produk makanan yang di produksi oleh kelompok kami selama masa produktif di smk
    2. Saya berkeinginan untuk membuka usaha dan melanjutkan produk yang diproduksi dengan label sendiri

    BalasHapus
  50. @L37-Tania
    1. Saya belum mempunyai pengalaman dalam berdagang/berbisnis
    2. Saya berniat dalam membuka usaha melalui toko online/online shop dengan menjual pakaian dan aksesoris wanita dengan produksi label sendiri, karena peluang usahanya cukup banyak diminati.

    BalasHapus
  51. @L28-Selvy

    1. Pengalaman saya pernah berjualan gorengan saat saya masih smp. Pada saat itu saya berjaualan karena tugas yang diberikan oleh sekolahan. Dan terakgir saya berjualan adalah saat saya kelas 3 SMA karena pada saat itu saya menjual kerajinan tangan yang saya buat ke guru - guru yang mengajar disekolahan tersebut . Namun penghasilan yang saya dapatkan rumayan untuk menambah uang jajan saya .

    2. Saya ingin membuka usaha di bidang kuliner tapi untuk saat ini saya belum menentukan jenis usaha kuliner apa yang akan saya buka nantinya .

    BalasHapus
  52. @L38-Daffa
    1. Pengalaman saya berbisnis pas smp yaitu menjual rokok ketengan di samping sekolah. Target penjualan saya saat itu adalah teman teman saya.

    2. Saya ingin meneruskan usaha bokap saya yaitu berbisnis tas yang sebelum nya sempat terhenti.

    BalasHapus
  53. @L13-Huda
    1. Pengalaman saya berwirausaha adalah ketika ada tugas dari dosen untuk belajar berjualan dan saya mencoba untuk berjualan bakpao.
    2. Saya berkeinginan untuk berwirausaha disektor peternakan, karena itu merupakan cita2 yang sangat ingin saya wujudkan.

    BalasHapus
  54. @L22-Novia
    1. pengalaman berbisnis
    saat di SMA saya pernah memulai dengan menjual jasa yaitu dengan mengerjakan tugas teman dan itu lumayan selain mendapatkan uang juga menambah ilmu walaupun ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan. Kemudian saya bersama 2 teman saya juga menjual apa saja yg dibutuhkan teman teman seperti kaos kaki, kabel data, charger, dll, disini saya mendapatkan keuntungan yg lumayan besar dan itu hanya berjalan sekitar 3 bulan karna kesibukan masing masing. Selain itu saya bersama 9 temen saya berjualan berbagai macam makanan yg kita ambil dari orang lain, kami berjualan untuk tambahan uang les di kampung inggris. lalu ketika kuliah saya juga pernah menjual krudung di kampus tetapi kurang laku akhirnya hanya berjualan di sekitar rumah

    2.Rencana kedepan nya saya sangat ingin membangun kafe sendiri

    BalasHapus
  55. @L17-Humairoh

    1. Saya pernah berjualan waktu SMA,berjualan sekelas didepan kelas setiap istirahat, trus juga pernah memasarkan suatu makanaan. Kesannya, bisa menambah jiwa wirausaha, kebersamaan, kekompakan, dan kegiatan berwirausaha membuat kita pantang menyerah. Pesan, semoga bisa membuka usaha atau menjalankan bisnis.

    2. Ada beberapa rencana, salah satunya ingin berbuka usaha di bidang konveksi, dan usaha di bidang kuliner.

    BalasHapus
  56. @L14-Khalil

    1. Pernah. Saya pernah berjualan risol sewaktu kuliah saya berjualan disekitaran kampus hingga keluar kampus awalnya sulit laku dan hampir menyerah tapi saya terus keliling hingga akhirnya laku dan habis.

    2. Iyaa ingin. Saya ingin membuka usaha outlet pakaian baju persija syal hingga sepatu. Dan saya ingin suatu saat membuat brand sepatu baru yang mampu bersaing dengan brand brand ternama bahkan mengalahkannya. Saya berharap impian saya tersebut dapat terwujud.

    BalasHapus
  57. @L37-Tania
    1. Saya belum mempunyai pengalaman dalam berdagang/berbisnis
    2. Saya berniat dalam membuka usaha melalui toko online/online shop dengan menjual pakaian dan aksesoris wanita dengan produksi label sendiri, karena peluang usahanya cukup banyak diminati.

    BalasHapus
  58. 1.saya pernah berbisnis layangan pas sd

    2.saya ingin mempunyai brand baju sendiri.

    BalasHapus
  59. @L36-Devi
    1. Saya belum pernah punya pengalaman dalam berwirausaha atau berbisnis.
    2. Saya berencana buat kedepannya memiliki tekad yg lebih kuat untuk merealisasikan memulai usaha yg sudah saya impikan.

    BalasHapus
  60. @L39-Lestari

    1. Pengalaman saya berwirausaha yaitu dari keluarga yang membuka sebuah rumah makan. Saya membantu ibu saya berwirausaha dengan penghasilan yg lumayan senggaknya bisa membantu untuk menambahi uang jajan saya
    2. Saya ingin mengembangkan usaha keluarga saya dengan cara membuka cabang rumah makan lagi di berbagai daerah.

    BalasHapus
  61. @L10-rebekka
    Saya pernah berpengalaman dalam usaha, jual es lilin ,orang tua saya juga punya pohon jambu dulu jadi saya jual ke kelas saya sewaktu SD lumayan untuk jajan..,
    Saya ada keinginan unttuk berbisnis untuk saat ini dalam bidang jaringan internet, maupun non intrnet,
    Tapi belum punya ide yg menarik untuk saya dapat memasarkannya ...

    BalasHapus
  62. @L09-Yulia
    Pengalaman berusaha saya di mulai sejak SMA dimana hal tersebut merupakan atas himpitan dana untuk suatu acara ekstrakulikuler silat waktu itu. Kami berjualan puding jagung dan coklat, dan saya sendiri yang membuatnya. Hasilnya pun lumayan. Jauh dari acara tersebut, pada akhirnya saya berjualan secara mandiri dan hasilnya pun di gunakan sebagai uang jajan tambahan. Lain hal usaha yang sampai saat ini masih berlangsung adalah berjulan pulsa, dimana dengan kita duduk santai dirumah rezeki pun datang menghampiri.

    Harapan kedepannya saya ingin berjualan puding dengan aneka rasa dan bentuk yang menarik secara online.

    BalasHapus
  63. @L31-Lucia
    1. Saya sudah pernah mencoba untuk memulai membuka bisnis online shop tetapi gagal, karena saya merasa tidak ada orang yang mau membeli produk saya jadi saya memutuskan untuk berhenti.
    2. Saya harus punya tekad yang kuat terlebih dahulu, lalu membuang rasa malas untuk memulai bisnis. Saya ingin membuka bisnis toko roti kedepannya.

    BalasHapus
  64. @L16-Mega
    1. Saya pernah berwirausaha ketika saya SMA dengan berjualan aksesoris Hp dan minuman di kawasan GBK selama 3 bulan, setiap sabtu dan minggu keuntungan yang didapatkan sangat lumayan untuk menambahkan dana dalam event yang akan dilaksanakan di sekolah.
    2. Saya ingin memiliki bisnis dalam bidang fashion dan kuliner khas sunda.

    BalasHapus
  65. @L01-Panji
    1.Pengalaman saya pernah berjualan makanan ringan disekolah. Penghasilan dari jualan itu saya mendapatkan untung 10%,tetapi itu karena ada mata pelajaran penjualan.Dari yang saya tidak tau berjualan jadi tau rasanya berjualan.

    2.Saya ingin memiliki gudang batu marmer karena ayah saya menggeluti bidang tersebut. Maka itu saya ingin membanggakan orang tua saya.

    BalasHapus
  66. @L40-Naqi
    1. Saya belum pernah melakukan kegiatan kewirausahaan
    2. Saya berencana untuk membangun usaha dalam bidang pertanian, dimana saya akan mengengembangkan hidroponik yang sangat memungkinkan dilakukan walaupun di jakarta dan selama ini hasilnya dangan memungkinkan untuk dijadikan peluang usaha.

    BalasHapus
  67. @L08-Rizky
    Pengalaman berusaha saya
    1. Waktu SMP, jualan lidi-lidian
    2. Waktu SMA, mulai berani membuka usaha sosis bakar dan kawan2nya yg bisa dibakar namun karena sibuk kelas 12, jadi sampe sekarang masih off
    3. Saat ini, memiliki usaha jualan sempol. Dan yang berminat ingin membeli bisa hubungi saya. Mau beli tapi males keluar? Tenang, bisa dikirim. Hubungi saya aja. (Rizky AP, Industri 2017)

    Rencana kedepan selain memajukan usaha sempol dan membangun kembali usaha sosis bakar dkk yang bisa dibakar, saya akan membuka usaha
    1. Minuman yang saat ini masih dalam proses mencari resep yang pas untuk inovasinya
    2. Jika minuman sudah terwujud, akan membuka usaha di bidang fashion, yaitu membuat kaos batik.

    BalasHapus
  68. @L18-Lutfi
    1.saya pernah berjualan layangan
    2.saya ingin mempunyai brand dan outlet sendiri

    BalasHapus
  69. @L25-Abi
    1. Saya mengingat pertama kali saya memulai hal yang berbau wirausaha saat sma dimana saya dan teman saya membuat olahan rumahan seperti dadar gulung, cake jagung dan risol karena keperluan tugas pelajaran prakarya dan kewriausahaan di sekolah saya

    2. Rencana saya yakni memiliki profesi pekerjaan dulu sebelum saya memulai menjadi seorang enterpreneur, dan mencari berbagai pengalaman orang lain untuk menjadi alasan saya dalam berwirausaha suatu saat nanti agar saya dapat menjadi seorang yang visioner dalam berwirausaha

    BalasHapus
  70. @L35-Guntur

    1. kegiatan kewirausahaan yg sudah saya lakukan ada jual beli sparepart motor . Saya ambil dari Toko besar dan saya jual sistem online dengan cara COD.
    2. Rencana saya ingin mempunyai toko sendiri.

    BalasHapus
  71. @L19-Fauzi
    Pengalaman saya berwirausaha dengan di warung sembako kecil-kecilan,
    Harapan saya ingin memajukan toko saya dan membuka cabang

    BalasHapus
  72. @L30-Rayhan
    1.saya pernah jualan baju
    2.saya ingin mempunyai brand baju terkenal

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. @L30-Rayhan
    1.saya pernah jualan baju
    2.saya ingin mempunyai brand baju terkenal

    BalasHapus
  75. @L34-Yan

    1.pengalaman saya penah menjual makanan kecil saat SMA seperti gorengan, makaroni, risol ,burger. Untuk menambah uang saku.

    2.untuk rencana kedepannya saya ingin mengembangkan bisnis kecil2 ini dah ingin berjualan dibidan bisnis online juga

    BalasHapus
  76. @L33-Farhan

    1. Saya belum pengalaman melakukan kegiatan kewirausahaan
    2. Saya berencana untuk berwirausaha dalam bidang design baju,sekaligus memproduksi baju, karna itu merupakan salah satu keinginan saya untuk bisa mencapai impian saya dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  77. @L02-januar
    1. Saya waktu SD pernah berjualan alat tulis
    2.iya saya ingin, usaha yang saya bikin nanti adalah berjualan buft/masker buat kendaraan bermotor secara online, selain harganya murah saat ini banyak peminatnya

    BalasHapus
  78. @L15-Fateh
    1. Saya pernah berjualan gorengan untuk membantu keuangan dalam organisasi saat SMA.
    2. Saya ingin membuat suatu starup yang meringankan semua orang

    BalasHapus
  79. @L03-lufi
    -berdagang asinan betawi pada saat bulan ramadhan
    -brjualan dengan metode online

    BalasHapus
  80. @L04-Septian
    1. Pengalaman saya berbisnis adalah berjualan bunga sekaligus untuk penggalangan dana salah satu saudara saya. Kesannya, cukup seru karena bertemu banyak macam pembeli dari yg baik sampai yg nawar melulu. Pesannya, untuk siapa saja yg ingin menggalang dana jangan selalu meminta, cobalah untuk usaha.

    2. Rencana saya kedepannya ingin berbisnis jual beli sneakers dan laundry sneakers, karena peluang berbisnis ini terbilang mudah dan banyak mendatangkan pelanggan.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. @J14-Lutviyanti
    1. Tidak pernah.
    2. Untuk kedepannya, saya ingin membuka sebuah coffee shop yang disertakan perpustakan kecil untuk meningkatkan minat baca di Indonesia.
    Serta membuat suatu usaha bidang property sendiri.

    BalasHapus
  83. Lutfiah Mawar Tina2 Maret 2018 18.30

    @J11-Lutfiah
    1.saya pernah berjualan bareng teman2 saat sma, mulai dari jual makanan seperti seblak, martabak telor & roti bakar, saya juga pernah berjualan my bottle serta masker. Kesan dr berjualan saya jadi dapat pengalaman susah gampangnya cari uang.

    2.ya,saya ingin mempunyai usaha berbasis online

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. @J25-Shella
    1. Pernah
    *SD berjualan gantungan kunci berkarakter (karena tugas dari sekolah)
    Saya senang meskipun merugi, karena saya tau berdagang itu seperti itu
    *online shop (pakaian) karena mama saya wirausaha, jadi saya ikut-ikutan. Senang, jadi tau sekiranya kelak bidang usaha apa yang cocok dan yang akan saya kembangkan dan saya tekuni.

    2. Ada. Di bidang fashion dan kuliner. Karena susah cari baju yang sesuai dengan apa yang saya mau, dan kuliner dikarenakan saya suka banget makan.

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. @J15-Ika
    1. Pengalaman berjualan saya ketika masa SMA, ketika itu saya berjualan es yoghurt saya membawa dari rumah lalu saya jual kepada teman-teman. Kesanya berjualan sebagian keuntunganya bisa di tabung, pesanya jika kita berjualan harus sabar ketika memperoleh keuntungan yang sedikit,pantang menyerah untuk membuka usaha.
    2. Ya, saya sempat mempunyai ide karena saya suka membeli baju saya ingin membuka toko baju, dan saya ingin belajar membuat bikin baju sendiri.

    BalasHapus
  90. @J29-Dewi
    Selamat pagi,
    1. Saya pernah membantu ibu saya yang memiliki toko oerabotan rumah tangga untuk mempromosikan botol minum A3 kepada teman-teman saya. Kemudia mereka memesan dan saya mengabtarkannya dikampus. Dan saya mendapat persenan dari sana

    Saya juga membantu menjual sushi,dan mendapat persenan dari sana.
    Berkesan menyenangkan saat jualan habis. Pesan : cari waktu yang baik untuk promosi.

    2. Saya ingin membuka usaha terkait kosmetik, namun belum terplanning. Karena ada perubahan prinsip.

    BalasHapus
  91. @J12-Aprillia

    1. Pengalaman saya pernah berdagang snack kecil- kecilan berupa makaroni yang mempunyai banyak rasa, tapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya pesaing, saya merasa penjualan dan peminatnya menyusut yang mengakibatkan saya rugi. Lalu saya mencoba membuat produk saya semenarik mungkin agar konsumen saya kembali kepada saya, tetapi hasilnya sama saja, dan akhirnya saya mulai tidak bersemangat untuk menjalankan usaha tersebut. Dan ingin mencoba usaha lainnya.

    2. Sejauh ini saya berkeinginan untuk menjalankan usaha dibidang minuman seperti , milkshake ataupun yang sejenisnya. Saya milih usaha ini mayoritas orang zaman sekarang lebih suka yang instan.

    BalasHapus
  92. @J26-Arini

    Assalamualaikum.
    1. Pengalaman yang pernah saya lakukan untuk berdagang oalah saya pernah berjualan kue ataupun gorengan di sekolahan. Saya lakukan ketika saya duduk di bangku SMA. Kesan yang saya dapatkan adalah bagaimana kita harus memiliki inovasi tersendiri untuk melakukan marketing serta inovasi juga untuk kue yang dibikin. Karna jujur ketika saya berjualan terdapat 2 anak lainnya yang juga berjualan dengan produk yang bersamaan. Serta kesan lainnya adalah dimana kita harus bersabar untuk menghadapi macam-macam karakter teman-teman saya yang terkadang sering menghutang.

    2. Untuk mengembangkan usaha yang pernah saya jalanin. Saya tidak ingin mengembangkannya, tetapi saya mengganti usahanya. Usaha yang ingin saya jalanin ke kedepannya adalah membuka usaha berupa beberapa cafe yang bertemakan "rainbow", serta memiliki usaha dibidang peternakan lele.

    BalasHapus
  93. @J32-Reza
    1. Usaha yang pernah saya jalani sudah saya coba dari saya duduk di bangku sd yaitu usaha menjualkan donat milik tetangga, dan cara menjual yaitu denga cara saya datangi ke setiap rumah-rumah sambil menyanyikan dan teriak untuk menarik perhatian (promosi) jadi ketika saya melakukan nyanyi sambil teriak para konsumen akan datang menghampiri saya dan membeli donat saya. Nyanyi dan teriak ini adalah ciri khas saat jualan donat. Lulus SD saat di pesantren saya membantu ustadz saya menjual dagangannya di sini saat saya menjualkannya selalu saja ada yang utang, ada juga yang main kabur. Dan itu pengalaman saya pertama kali merasakan tidak enaknya berdagang, tapi saya melihat ustadz saya berdagang setiap hari dia tidak marah sedikitpun melainkan dia bersabar, pelajaran yang saya ambil dari beliau bahwa apapun rintangan, apapun kerugiannya, jika kalian berniat usaha maka perlu kesabaran, dan terus berdagang, dan jangan menyerah. Setelah lulus dari pesantren, saya mencoba usaha kembali saat saya duduk di bangku SMA yaitu dengan cara saya membeli kue dari orang lain, lalu saya jualkan kembali dengan harga dua kali lipat terkadang kue buatan mama,saya jualkan juga. Tapi namanya usaha pasti ada untung dan ada rugi. Ruginya itu ketika ada teman utang tapi sampai saat ini tidak dibayar. Tapi saya berpikir kembali, akan ada balasan dari setiap amalan yang diperbuat. Jadi jangan diambil ribet, jangan mengeluh, intinya rezeky itu ga kemana, Tuhan itu adil, Tuhan sudah menentukan kepada setiap hambanya setiap rezeky tersebut.

    Untuk ke depannya saya akan berjualan berbasis online, dan ada juga usaha yang saya lakukan secara bersamaan tapi untung bisa banyak usaha tersebut yaitu usaha 3 in 1 . Tiga usaha dalam satu tempat. Usaha tersebut meliputi ternak ayam, ternak lele dan restaurand bahkan katering.

    BalasHapus
  94. @J20-gina
    1. Saya berjualan sejak saya masih kecil, dari dulu saya sangat hobi berjualan. Setiap ada baazar disekilah saya selalu mendaftarkan diri untuk menjadi peserta jualan didalam bazar tersebut. Listan yang pernah saya jual yaitu saya pernah jualan coklat, aksesoris wanita, makanan, minuman, makeup, dll. Setelah saya merasa cukup belajar dibidang tersebut lalu saya sekarang fokus berjualan busana muslim&muslimah.
    2. Ya saya mempunyai keinginan untuk mengembangkan usaha saya dengan cara mengupgrade dan mengupdate pengetahuan seputar bisnis, dan selalu membuat hal yang baru dalam bisnis

    BalasHapus
  95. @J18-Sacharissa

    1. Untuk sekarang ini saya membantu orang tua saya usaha caffe dan saya mempromosikanya kpd teman2 saya, sayapun juga ikut menuangkan ide2 supaya caffe orang tua saya lebih menarik.
    2. Ya,saya sangat ingin buka usaha coffe shop dan usaha dalam bidang jasa EO(Event Organizer)

    BalasHapus
  96. J-33 Bian

    1. Saya belum memiliki pengalaman berbisnis/usaha.
    2. Saya belum memiliki keinginan/rencana untuk memulai bisnis. Tetapi saya pernah memiliki cita2 untuk menjadi pengimpor otomotif premium. Baik mobil dan terurama motor dan aksesoris pendukungnya. Tetapi modalnya sangat besar jadi masih saya cita-citakan.

    BalasHapus
  97. @J21-Raynaldi
    1. Untuk pengalaman berwirausaha, beberapa tahun lalu saya pernah membantu teman saya untuk berbisnis masker homemade. Role saya dalam bidang usaha ini ialah sebagai social media admin yang tugasnya mempromosikan produk tersebut dan membuat konten promosi di social media. Memang terlihat mudah, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor. Tetapi tugas saya dalam bidang ini terbilang cukup sulit, dikarenakan banyaknya kostumer yang minat dan bertanya – tanya. Dalam satu hari saya bisa membalas 100 pertanyaan dari kostumer. Kesannya ialah sebagai penjual kita harus tetap ramah dan cepat respon jika ada kostumer yang bertanya dan ingin order. Pesannya dalam berwirausaha dibutuhkan kesabaran agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar.
    2. Kelak jika mempunyai modal dan waktu untuk mengembangkan usaha, saya ingin membuat rumah makan sehat yang menyajikan menu makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Dikarenakan saya suka dengan kuliner, saya senang jika menjalankan usaha sesuai dengan minat. Rencana diatas akan direalisasikan menjadi usaha berbasis social media sehingga memudahkan kostumer untuk mendapatkan info serta untuk pemesanan serta mengurangi biaya pembuatan restoran.

    BalasHapus
  98. J37-achmad

    1. Saya memupunyai pengalaman berwira usaha yaitu pada bulan rhamadan atau puasa saya menjual minuman es sirsak untuk orang orang berbuka puasa .

    2. Saya mempunyai rencana untuk mengembangkan usaha ini dengan cara mengirim minuman ini ke restoran restoran yang ada di jakarta untuk masuk ke dalam menu restoran tersebut dan saya ingin membuka stand tetap bukan hanya bulan puasa saja.

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Alvilia Nida Hastika4 Maret 2018 18.39

    @J27-Alvilia
    1. Tidak pernah
    2. Kedepannya saya punya rencana untuk membuka sebuah restoran dengan makanan indonesia cita rasa khas nusantara di beberapa negara Asia seperti Korea, China, Jepang dan negara2 asia lainnya

    BalasHapus
  102. @J40-Azrulzjie
    1. Dulu saya pernah berjualan kue dan risol untuk membantu dana acara sekolah sma saya, dan disitu saya sangat semangat karna ternyata berdagang itu menyenangkan

    2. Saya ingin mempunyai usaha berdagang makanan , dengan teknologi jaman sekarang, saya ingin berdagang dengan memanfaatkan instagram, karna saya pikir itu adalah cara berdagang yg mudah dan efektif dari waktu dan tenaga dengan sayaa yg seorang mahasiswa.

    BalasHapus
  103. Amelia Darwisah Lubis5 Maret 2018 12.46

    @J24-Ameliadarwisahl
    1. Saya belum pernah berwirausaha
    2. Saya ingin membuka usaha merchandise

    BalasHapus
  104. J23-Armeta
    1) saya pernah berjualan bakpau,nasi goreng, berjualan makan makanan kecil
    2) saya tidak pernah terpikirkan untuk berjualan, tetapi saya ingin mencoba berjualan tiket travel

    BalasHapus
  105. J10-Nabila
    1) saya belum pernah berwirausaha
    2) saya ingin mencoba membuka usaha online shopping

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. @J22-Denis

    1. saya pernah mencoba dulu jualan landak mini bersama saudara saya.
    2. saya pernah memikirkan untuk mencoba membuka usaha sendiri dan ingin sekali mengembnagkannya dan inign fokus ke produk

    BalasHapus
  108. @J19-Dhifa Ramadhan
    1. Saya belum mempunyai pengalaman berbisnis.
    2. Saya mempunyai rencana untuk membuka toko sepatu hasil dari karya anak bangsa, serta saya juga ingin membuat sepatu hasil dari karya sendiri.

    BalasHapus
  109. @J17-Ferdinan

    1. saya sudah pernah berjualan jersey bola grade ori, kesan saya pertama kali jualan banyak pembeli yang suka dengan jersey yang saya jual, pesannya tidak akan ada pembeli yang selalu datang ke kita jika kita tidak suka promosi jualan kita ke orang lain.

    2. saya ingin membuka usaha kuliner, karena menurut saya usaha kuliner tidak akan ada matinya kalau di setiap menu kita mengalami inovasi yang akan banyak menarik konsumen kita

    BalasHapus
  110. @J13-Shovi

    1. Saya pernah berjualan celana jeans dan jaket levis semasa saya SMA, dan saya juga menjual jasa desain gambar. Kesan saya mencari konsumen itu memang agak susah, tetapi dengan kualitas produk yg saya miliki konsumen menjadi percaya bahawa barang kualitas saya bagus.

    2. Saya ingin punya usaha membuka jasa desain ataupun gambar manual

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. @J06-Dwi
    1. dulu saya pernah membuat usaha bersama teman yg berawal dari hobi cosplay lalu setelah bertanya2 dan memplajari sesama kumunitas keluh kesah kesah yg dihadapi teman komunitas ternyata tidak semua orang handal membuat kostum dengan kerumitan tinggi dengan detail ex digimon,tigerbunny,dll sehinga membuat peluang bisnis bagi saya membuat jasa pembuatan costum cosplay, yang sering disebut sebangai costume maker. saya membuat tim yang terdiri beberapa orang, tehnik pemasaran yang kami lakukan kami selalu mengugah hasil buatan tangan kami di post via fb, dan mengugah hasil prestasi tiap prestasi yang kita punya , sehingga orang lebih mempercayai hasil buatan tangan kami, dan beberapa thn kemudian beberapa tim kerja kami, memiliki pangilan kekerjan luar negri sehingga ditutup sementara usaha kami

    2. untuk saat ini sy mulai membangkitkan kembali usaha yang dulu pernah saya jalani, sekarang yang saya jalanin berwirausaha yaitu jasa pembuatan kostum cosplay , dengan membuat props cosplay dan costum cosplay , walau patner kerja tidak sebanyak dulu, rencana kedepan kami akan membuat kostum lebih high quality/official sehingga bisa dijual pasca internasional

    BalasHapus
  114. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  115. @J04-BonggoAji
    1.Saya belum pernah memiliki pengalaman berbisnis.
    2. Saya memiliki keinginan untuk berbisnis. yang berhubungan dengan desain inteior.

    BalasHapus
  116. @J02-Endra
    1.Tidak punya.
    2.saya memiliki keinginan untuk memulai wirausaha pada bidang kuliner.

    BalasHapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. @J07-Dahlan

    1. Punya, Usaha jasa desain baik kaos, pamflet, banner, dll. kesannya menyenangkan karena usaha sesuai hobi
    2. saya berkeinginan membuka bisnis dibidang exibition

    BalasHapus
  119. @J36-Dela
    1. Pernah
    2. saya berkeinginan untuk membuat bisnis dalam bidang kuliner karena saya suka sekali memasak dan saya ingin membuka inovasi baru dalam bidang kuliner

    BalasHapus
  120. @J34-Shintadevi
    1. Saya pernah berbisnis saat smp menjual roti goreng dan pernah juga berjualan baju bekas serta kopi saat sma untuk membantu dana acara. Kesan pesannya saya senang berjualan karena mendapat uang tapi saya tau mencari uang itu sulit.

    2. Saya berencana untuk membuka bisnis makanan karena saya suka makan dan nanti apabila saya mau makan/jajan jadi saya tidak usah membayar karena resto itu punya saya

    BalasHapus
  121. @J05-Ahmad

    1. Belum Pernah
    2. Ingin membuat usaha clothing line

    BalasHapus
  122. @j01_YuliShara
    1. saya pernah menjalankan usaha sebuah gorengan di waktu saya, SMP dan SMA dengan usaha usaha tersebut ssya merasa senang mempunyai pengalaman yang menarik dan mengesankan dalam hiduop karena bisa membuat saya berpikir menjadi lebih dewasa ke depan nya .

    2.saya ingin sekali mempunyai usaha "Roti Keenakaan" di indonesia. karena saya suka sekali dengan semua roti yang ada di indonesia dengan catatan saya membuat roti tersebut sendir dan saya membagi-bagikan kepada orang yang tidak mamou agar mereka bisa merasakan roti buat saya sendiri.

    BalasHapus