Jumat, Maret 16

Mengubah Mindset Seorang Wirausaha

@Startup-L09, @Proyek-L02, @L29-Elvi, @L28-Selvy, @L24-Tasya
Disusun Oleh : Elvi Khairina       
Selvy Darmayudi 
Maytasya Fadhila





ABSTRAK
                Pola pikir menggerakkan perilaku dimana pola pikir memberitahu bagaimana hidup harus dimainkan yang akhirnya akan menentukan apakah berhasil atau tidak.
Pada dasarnya pola pikir merupakan keyakinan yang kita miliki baik berupa harapan, criteria, sikap, nilai – nilai yang kita anut, kebiasaan. Pola pikir itu sendiri sebenarnya terdiri dari 2 jenis yaitu pola pikir tetap dan pola pikir berkembang. Sebagai seorang wirausahaan terdapat berbagai cara untuk membentuk pola pikir dengan tetap memerhatikan norma dan etika yang berlaku. Jika pola pikir wirausaha tersebut telah terbentuk maka akan melibatkan sepuluh kualitas.



Kata Kunci : Pola Pikir (Mindset), Jenis-Jenis Pola Pikir, Cara Membentuk Pola Pikir, 10 Kualitas                
A.      Pendahuluan
Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses itu bukan bakat dan juga tidak harus keturunan tapi sukses itu mimpi atau visi yaitu mimpi yang menjadi kenyataan. Menjadi seorang pengusaha sukses memang butuh proses, bisa jadi waktunya cukup panjang. Banyak hal – hal baru yang bisa jadi tidak diduga sebelumnya, yang muncul ketika terjun langsung kedalam dunia bisnis. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi wirausahaan yang sukses maka harus pandai – pandai merealisasikan mimpi. Disaat mimpi menjadi kenyataan maka akan muncul mimpi – mimpi baru. Tetapi masalah yang ada adalah belum tentu semua orang memiliki keberanian bermimpi.
Merubah mindset dari pencari kerja ke pengusaha tidaklah mudah. Dibutuhkan sebuah perjuangan nyata dari dalam diri untuk berani mencoba dan berani menemui kegagalan. Karena kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Membiasakan diri untuk tidak membatasi pola pikir dengan cita – cita kecil sebagai karyawan saja, namun ubah mindset untuk memiliki mimpi besar dengan menjadi pengusaha.Dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset entrepreneur. Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangalah penting dalam menjalankan bisnis. Karena dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi – inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.
B.      Rumusan Masalah
1.       Apa yang dimaksud dengan pola pikir?
2.       Apa saja jenis-jenis pola pikir tersebut?
3.       Bagaimana cara membentuk pola pikir seorang wirausaha?
4.       Sebutkan apa saja 10 kualitas yang terlibat dalam pola pikir wirausaha?
5.       Apa yang dimaksud dengan motif berprestasi?
C.      Pembahasan

1.       Pola Pikir (Mindset)

Mindset merupakan ide yang  sederhana ditemukan oleh psikolog  terkenal di dunia psikolog Universitas Stanford “ Carol Dweck “, dalam beberapa dekade penelitian tentang prestasi dan kesuksesan dimana ide sederhana tersebut yang membuat semua perbedaan (Wahyudi, Agung).
Mindset adalah cara memandang terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan nasib, dengan kata lain dapat diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang dilihat dan dialami (Nugroho, 2013).
Pola pikir seorang wirausaha adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif dengan menjalankan etika dan norma yang berlaku.


2.       Jenis Mindset menurut Dweck (2016) :

a.   Mindset tetap (Fixed Mindset) : percaya bahwa kualitas seseorang sudah ditetapkan
b.  Mindset berkembang (Growth Mindset) : didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas dasar diri dapat diolah melalui upaya – upaya tertentu


3.       Cara membentuk pola pikir seorang wirausaha :
1)      Mindset positive (Admin Ukm 2016, 2016)

               Mindset positive merupakan modal untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Membangun mindset positive merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal. Mindset positif merupakan cara cerdas untuk focus meraih kesuksesan. Orang yang selalu memiliki pikiran negatif didalam dirinya, maka akan sangat sulit untuk maju. Karena terhalang oleh berbagai dugaan buruk dalam dirinya sendiri. Berpikiran negatif juga akan membuat energi habis untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya mungkin tidak penting atau bisa diatasi.

Alasan mengapa harus membangun Mindset positif :
a.   Mindset positif merupakan bentuk rasa percaya diri pada kualitas diri yang dimiliki.
b.    Mindset positif akan membuat seseorang lebih focus dalam mencapai tujuan tanpa mendengarkan dan memikirkan ucapan-ucapan negatif dari orang lain yang dapat melemahkan semangat untuk sukses.
c.   Mindset positif adalah kunci sukses karena keyakinan untuk bisa menjadi baik sesuai dengan apa yang ada dalam konsep pemikiran yang akan mendorong diri melakukan usaha yang lenih maksimal untuk meraih sukses. Konsep pemikiran jadi penggerak langkah dalam hidup.
2)      Beberapa tahapan untuk membentuk mindset entrepreneur (Iskandar, 2013) :

a.  Lihatlah potensi diri Anda. Buat daftar potensi yang Anda punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru.
b.   Belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis.
c.   Ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha. Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap “Action!”, karena tanpa action, maka mimpi kita tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan.

4.       Pola pikir wirausaha melibatkan 10 kualitas:
                  Menurut Neal Thornberry (2006) dalam Wibowo (2011), pola pikir wirausaha melibatkan 10 kualitas  yaitu :
1)      Memiliki Locus of Control Internal
2)      Memiliki toleransi untuk ambiguitas
3)      Kesediaan untuk mengkaji orang yang lebih cerdas dari dirinya
4)      Konsistensi untuk selalu berkreativitas, membangun dan mengubah berbagai hal
5)      Dorongan yang kuat untuk peluang dan kesempatan
6)      Rasa urgenitas yang tinggi
7)      Perseverance
8)      Resilience
9)      Optimis
10)   Rasa humor tentang diri sendiri
5.       Motif berprestasi

Motif berprestasi adalah mendorong individu berprestasi dengan patokan prestasi dirinya sendiri atau orang lain. Satu motif untuk berwirausaha yang penting yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Dengan berprestasi seseorang akan merasa bangga dengan apa yang akan dicapainya dikemudian hari. Jika prestasi yang dihasilkannya baik atau bisa dikatakan istimewa maka dia akan mendapatkan kepuasaan dari apa yang telah ia kerjakan.




DAFTAR PUSTAKA :
 Admin Ukm produktif. 2016. Pola Pikir Wirausaha. Wordpress.com. Dalam https://ukm2016.wordpress.com/2016/09/07/pola-pikir-wirausaha/ (Diakses pada hari Kamis, 15 Maret 2018 ).
    Dweck, Carol S. 2016. MINDSET : Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda. BACA.
      Iskandar. 2013 . Mengubah Pola Pikir Pegawai Menjadi Pengusaha. Entrepreneur Motivation.  Dalam http://www.iskandarst.com/mengubah-pola-pikir-pegawai-menjadi -pengusaha/  (Diakses pada hari Kamis, 15 Maret 2018 ).
   Nugroho, Daru Setyo. 2013 . Pola Pikir (Mindset) Wirausaha. Kompasina.com. Dalam https://www.kompasiana.com/darusetyonugroho/pola-pikir-mindset-wirausaha_552e61596ea834c65a8b4567  (Diakses pada hari Kamis, 15 Maret 2018 )
      Wahyudi, Agung. Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi. Modul Perkuliahan Kewirausahaan I Fakultas Teknik.
     Wibowo, Herry. 2011. Pola Pikir Wirausaha. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran. Dalam http://kesos.unpad.ac.id/2011/09/27/pola-pikir-wirausaha/. (Diakses pada hari Kamis, 15 Maret 2018 )

19 komentar:

  1. Nana Supriyatna_41115120005_KwuSenin

    Ya setuju sekali dengan artikel ini,
    bahwasanya pola fikir merupakan sutu keyakinan untuk membentuk atau membuat segalanya menjadi hal nyata.

    BalasHapus
  2. Bella Ika Cahyani/43217110065/KWU SENIN

    Artikel ini sangat bagus karna dengan memiliki pola fikir atau meindset yg sangat kuat dalam berusahawan itu bisa membuahkan hasil yg baik.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Maftuh Rizki / 41117110101 / KWU Kamis
    Artikel yang menarik untuk diulas dan diterapkan,karena pola pikir positif sangatlah penting dalam berwirausaha,salah satunya kita akan fokus terhadap tujuan dan menghiraukan omongan negatif.:)

    BalasHapus
  5. Dengan adanya mindset positif , itu bertujuan membangun optimisme dalam usaha dan masa depan yang lebih baik. Jika tidak tertanam mindset positif tersebut, hal negatif dari lingkungan pun akan membuat kita menjadi pesimis dalam membangun usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lina agustina/kewirausahaan kamis/NIM : 44314110124

      Hapus
  6. Ariski N 41615120036 KWU kamis
    Merubah mindset dari pencari kerja ke pengusaha tidaklah mudah. Dibutuhkan sebuah perjuangan nyata dari dalam diri untuk berani mencoba dan berani menemui kegagalan. Karena kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Saya sangat setuju dengan kutipan diatas

    BalasHapus
  7. Ade Ika 46116120043 KWU SENIN
    Artikel yang sangat menarik dan bagus untuk dibaca karena membuat seseorang tau bahwa memulai sesuatu usaha bukan hanya diawali dengan niat tetapi dengan mengubah juga cara dan pola pikir kita. Merubah pola pikir menjadi positif sangat penting dan menjadikan kita bertujuan membentuk rasa percaya diri dan lebih fokus pada tujuan usaha.

    BalasHapus
  8. Arief Dharma / 43216110230/ KWU Senin

    Saya sangat setuju sekali dengan artikel diatas, ga semua usaha bisa sukses hanya bergantungan dengan bakat semata, karna bakat hanya sebuah titik awal untuk memulai/ potensinya lebih besar lah tapi jika orang tidak berbakat dan selalu berusaha, lama kelamaan akan melebihi orang yg memiliki bakat.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  9. Reni Noviana/41117110110/KWU Kamis

    Artikel tersebut sangat lah benar adanya. Mindset positive merupakan modal untuk meraih kesuksesan, kebahagiaan hidup dan untuk berwirausaha.

    BalasHapus
  10. Saya sangat setuju dengan apa yang di sampaikan di artikel diatas. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses kita memang harus mengubah mindset atau pola pikir kita. Pola pikir seorang wirausaha adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif dengan menjalankan etika dan norma yang berlaku.

    BalasHapus
  11. Saya setuju dengan artikel ini bahwa Mindset positif adalah kunci sukses karena keyakinan untuk bisa menjadi baik sesuai dengan apa yang ada dalam konsep pemikiran yang akan mendorong diri melakukan usaha yang lenih maksimal untuk meraih sukses. Konsep pemikiran jadi penggerak langkah dalam hidup.

    Tanpa adanya mindset yang positif akan menghambat diri kita untuk mencapai kesuksesan.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Ardian Adi Saputro / 41216110055 / KWU kamis

    Hal yang menarik adalah tentang Mindset positive yang dijadikan modal utama yang murah tanpa biaya apapun dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Membangun mindset positive merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal.

    BalasHapus
  14. Angela Merici R 41117110127 KWU Kamis
    Saya setuju dengan artikel diatas, mmerubah mindset itu perlu untuk membangun pemikiran kedepan dan selalu positive .

    BalasHapus
  15. Hening Arrum H 43116120250 KWU Kamis

    dari artikel diatas dapat diambil makna bahwa mindset itu sangat menentukan hasil yang akan kita dapat, maka dari itu mindset kita haruslah selalu positif agar motivasi diri dapat terbangun dengan baik,kuat dan kokoh dan menghasilkan output yang baik untuk kita

    BalasHapus
  16. May Suci Kusuma ND/41117110057/KWU-Kamis

    saya setuju dengan artikel diatas, merubah mindset sangat perlu untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal. Mindset positif merupakan cara cerdas untuk focus meraih kesuksesan. tetap focus tanpa mementingkan omongan negative orang terhadap kita

    BalasHapus
  17. Agung Purwantoro / 4121512017 / KWU-kamis

    Menurut saya artikel di atas sangat bagus untuk merubah mindset menjadi lebih positif,

    BalasHapus
  18. Wahyu Widianingsih/41117110170
    Saya setuju dengan artikel di atas, Mindset positif merupakan cara cerdas untuk focus meraih kesuksesan. Orang yang selalu memiliki pikiran negatif didalam dirinya, maka akan sangat sulit untuk maju. Karena terhalang oleh berbagai dugaan buruk dalam dirinya sendiri.

    BalasHapus