Rabu, Maret 7

MOTIVASI KEPADA MAHASISWA UNTUK MENJADI SEORANG ENTERPRENEUR SUKSES



MOTIVASI KEPADA MAHASISWA UNTUK MENJADI  SEORANG ENTERPRENEUR SUKSES



Abstract
An educational institution such as a university is very important role to motivate the fresh graduate to be successful young enterpreneurs. The unemployment will be decrease by young enterpreneurs from the fresh graduate and there’s more job vacancies will be available. What the important role that University did to produce young enterpreneurs from the fresh graduate.  The expert of enterpreneurship explain about the important role of University. One of them is explained by Thomas Zimmerer “ one factor that triggers the growh of enterpreneurship is educational entrepreneurship.” Mr. Douglas A.Gray suggested to start their own business as soon as possible. The empirical data is very needed to know the most dominant factor to motivate the fresh graduate to be young enterpreneurs by research. The roles of the university can be determine the success of young enterpreneurs.

Keywords: motivation, entrepreneur, success and role of university

Abstrak
Sebuah lembaga pendidikan seperti universitas sangat berperan penting dalam memotivasi sarjana menjadi pengusaha muda yang sukses. Jumlah pengangguran akan berkurang dengan adanya wirausahawan yang berasal dari kalangan sarjana dan semakin luasnya jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Pertanyaannya adalah peran penting apakah yang dilakukan pihak universitas dalam menciptakan wirausahawan muda dari kalangan sarjana. Para ahli bidang kewirausahaan menjelaskan tentang peranan universitas. Salah satunya dijelaskan oleh Thomas Zimmerer “salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan adalah pendidika kewirausahaan.” Douglas A.Gray menyatakan bahwa memulai usaha harus dilakukan sedini mungkin. Data secara empirical sangat diperlukan untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam memotivasi menjadi wirausahawan muda dengan memalui penelitian. Peranan universitas sangat menentukan kesuksesan wirausahawan muda.

Kata kunci : motivasi, wirausahawan, sukses dan peranan universitas

PENDAHULUAN
Mencari lapangan pekerjaan di zaman sekarang sangatlah sulit. Hal ini dialami oleh banyak orang dari berbagai bidang pekerjaan. Apalagi di era MEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini, mahasiswa lebih dituntut untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri agar dapat memanfaatkan  SDM dan SDA negara kita yang berlimpah. 
Mahasiswa saat ini sudah banyak yang mencoba menjadi Enterpreneur di berbagai  bidang.  Ada beberapa usaha yang mereka jalani berhasil dan sukses, namun  banyak pula yang mengalami kegagalan dalam usaha yang mereka jalani. Dari hal ini, kita dapat melihat bahwa  seorang Enterpreneur dituntut harus memiliki ide-ide yang bagus dan kreatif serta  memiliki tekad yang kuat supaya tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.
Kita perlu menumbuhkan motivasi berwirausaha agar dapat mengubah pola piker Mahasiswa dari yang sebelumnya pencari kerja menjadi penyedia lapangan kerja. Maka dari itu, kami akan membahas tentang pentingnya motivasi dan langkah-langkah lainnya untuk menjadikan Mahasiswa sebagai seorang Entrepreneur muda.




  MASALAH
Banyak permasalahan yang dihadapi Mahasiswa ketika ingin menjadi seorang pengusaha di usia muda, antara lain kurang nya motivasi dalam diri seseorang untuk melakukannya secara nyata. Keinginan seseorang untuk mejadi seorang Enterpreneur pastinya sudah ada, tetapi rata-rata dari mereka binggung bagaimana cara melakukannya. Nah maka dari itu, disini kita akan membahas serta memberikan informasi bagaimana cara membangun kegiatan Enterpreneur di usia muda. Serta apa saja kiat-kiat usaha dari lembaga pendidikan yang dapat membantu Mahasiswa dalam membangun diri menjadi seorang Enterpreneur.

   PEMBAHASAN
Menjadi pengusaha sukses diusia muda adalah keinginan semua orang. Sukses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berhasil;beruntung. Hendaknya dari pengertian SUKSES ini dapat menimbulkan MOTIVASI bagi seseorang yang ingin menjadi seorang pengusaha di usia muda. Dimana pengertian MOTIVASI menurut seorang pengusaha restorant ialah Mc. Donald bahwa MOTIVASI adalah  sebuah perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan didahului dengan respon adanya sebuah tujuan. Dengan kata lain MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA SUKSES DI USIA MUDA adalah adanya feeling terhadap diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan yaitu sebagai Enterpreneur yang berhasil ketika di usia muda.
Lalu apa sajakah cara untuk mencapai kata SUKSES didalam Enterpreneur yang ingin kita bangun saat diusia muda? Terdapat beberapa langkah motivasi yang bisa kita terapkan. Diantaranya yaitu :
1.    Memulai dari Hal yang Paling Disukai
2.    Bertekad Kuat
3.    Tetapkan Target
4.    Belajar dari Pengalaman Orang Lain
5.    Bijaksana Mengatur Keuangan
6.    Manajemen Waktu yang Baik
7.    Strategi Pemasaran yang Baik
8.    Mengalahkan Mitos

Lalu apa sajakah kiat-kiat kampus untuk menjadikan Mahasiswanya menjadi seorang Enterpreneur yang sukses? Berikut beberapa contoh kiat kampus untuk menjadikan Mahasiswanya menjadi seorang Enterpreneur.
1.    Pendirian Pusat Kewirausahaan di setiap kampus
Contohnya saja di Universitas Mercu Buana kita memiliki kelembagaan Pusat Kewirausahaan yang terletak diruangan A-104.
2.    Entrepreneurship Priority
Dengan artian harus mengubah kurikulum dengan mengadakan mata kuliah wajib untuk Kewirausahaan disetiap kampus. Contohnya saja di Universitas Mercu Buana mengadakan mata kuliah wajib mulai dari Kewirausahaan 1 s/d 3, dan memiliki 3 SKS untuk setiap mata kulaih kewirausahaan tersebut.  
3.    Pengembangan Program Mahasiswa Wirausaha
Program Kewiraushaan ini dirancang oleh Pendidikan Tinggi (Dikti). Dimana emplementasi yang diharapkan disini adalah Dikti memberikan bantuan modal untuk setiap mahasiswa. Dengan keterbatasan modal yang dimiliki oleh Dikti, maka dengan itu dibiautlah perlombaan dengan bentuk proposal yang akan dilombakan dan nantinya dikirimkan ke Dikti.
4.    Program Wirausaha Mandiri Untuk Mahasiswa
Biasanya dilakukan oleh Bank Mandiri untuk menciptakan Mahasiswa yang memiliki ide kreatif untuk berwirausaha. Dimana Bank Mandiri memperlombakan setiap ide-ide kreatif dari Mahasiswanya. Dan setiap tahunnya di adakan di salah satu universitas untuk mengumumkan siapa pemenangnya dalam perlombaan yang diadakan oleh bank Mandiri tersebut.
5.    Program Pemberian Modal  Usaha Untuk Mahasiswa
Pemberian modal ini dilakukan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Sjarifuddin Hasan, beliau membantu mahasiswa untuk menyiapkan modal  untuk membuka usaha yang ingin dijalani oleh setiap Mahasiswa. Dengan cara mengagunan ijazah yang mereka miliki.

 KESIMPULAN
Motivasi adalah sesuatu yang mengarahkan seseorang untuk melakukan suatu tindakan baik secara negatif maupun positif. Namun terdapat definisi lain dari motivasi, yaitu sejumlah proses psikologikal yang membuat seseorang memiliki tujuan tertentu, baik tujuan yang bersifat internal maupun eksternal bagi seseorang yang dapat menimbulkan sikap antusias.
Seharusnya seorang mahasiswa tidak akan mudah menyerah untuk berusaha jika memiliki semangat yang tinggi dalam hidupnya. Dengan pola pikir yang optimis dan berfikir positif seseorang mahasiswa tidak akan pernah merasa takut untuk mencoba, berkarya dan berusaha untuk mencapai kesuksesan dengan percaya diri.

  CONTOH KASUS
IQBAL AZHARI 
Pemuda satu ini bernama Iqbal Azhari yang lahir pada tanggal 11 Juli 1994 di kota Surabaya atau biasa kita sebut kota pahlawan, kota metropolitan yang identik dengan makanan khas rujak cingur dan lontong balap. Dia merupakan mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada jurusan Statistik.
Walaupun sebagai seorang mahasiswa, ia rela membagi waktunya untuk mengejar impian menjadi enterpreneur sukses. Dan itu membuahkan hasil, kini ia berhasil memiliki beberapa usaha di usia yang masih 21 tahun. Ia juga merupakan founder & CEO PT. Kampung Properti Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agency properti (jual-beli-sewa-investasi) dan digital advertising.
Hampir dengan modal nol saja, ia mampu mendirikan perusahaan di bidang properti. Ia telah menumbuhkan system baru, cara berpikir kreatif, dan keyakinan yang kuat pada setiap agen. Keberaniannya dalam memulai bisnis dan mengambil resiko membuatnya kini paling unggul di antara teman sebayanya.

SUMBER




Tidak ada komentar:

Posting Komentar