Jumat, Maret 16

UBAHLAH POLA PIKIR

Kenapa penting Pola pikir positif? Sebab sebagai kunci bagi kehidupan untuk mencapai kesuksesan
Saya pernah mengalami yang namanya sial ? karena waktu itu saya berfikir negatif saya menganggap itu adalah hal yang buruk dalam hidup saya.
Ternyata otak kita bekerja sesuai dengan apa yg kita pikirkan dan secara tidak langsung kita sdh memerintahkan sesuatu yangg buruk pada otak kita.Dan pada saat itu saya suka marah marah dan menyesali kehidupan saya,sampai pada akhirnya saya bisa berubah dan bisa merubah mind set saya dengan sering bertukar pikiran dengan org yg sudah sukses dan banyak mengikuti training ttg motivasi diri dan training lainnya yg berkaitan dengan cara merubah mindset.
Apa pentingnya bagi saya dan teman2 untuk menghindari pemikiran yang negatif???? Jawabnya simple,karena pemikiran negatif tidak akan membawa saya dan temen2 kemana-mana, melainkan hanya diam ditempat. Berbeda dengan orang yang memiliki pola pikir positif, biasanya mereka hidup dalam kebahagiaan dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Mengubah pola pikir yang negatif menjadi pola pikir positif
Mari kita sama sama belajar dan berbagi pengetahuan ttg beberapa hal untuk mengubah pola pikir yang negatif menjadi pola pikir positif.
1.    Memandang sesuatu dari semua sisi bukan dari satu sisi
Bila bertemu sesuatu yg kurang baik atau kita tdk suka jangan lsg menvonis dan menyimpulkan negatif tapi carilah cara pandang yg lain dimana kita bisa mendapatkan hal baik dan hal buruk dari satu peristiwa Sehingga kitatidak langsung memiliki opini bahwa hal itu buruk, melainkan kitabisa berpikir bahwa hal tersebut baik namun masih memiliki kekurangan. Dan prinsip ini sgt penting untuk acuan jika kita bertemu dengan ornag yang baru kita kenal,karena apa Allah sdh mengatur segala sesuatunya atas kita dan hasilnya kita ambil hikmahnya.
2. Bijak dalam mengatasi sebuah masalah
Jangan menanngapi masalah dengan rasa emosi,tapi hrs berjiwa besar shg masalah bisa selesai dengan baik,waupun kadang hasilnya tdk sesuai dengan yg kita harapkan
3. Tenang dan memiliki pola pikir positif
Yang penting juga adalah tenang dan memiliki pikiran yang positif sehingga akan membawa saya dan temen temen menjadi orang yang dipenuhi dengan energi positif., sehingga InsyaAllah hidup kita akan bahagia dunia dan akhirat
Beberapa cara mendapatkan pola pikir baru
Bagaimana Anda mendapatkan pola pikir yang baru? Bagaimana Anda memilih pikiran baru untuk menggantikan pikiran lama Anda yang membatasi? Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk menciptakan pola pikir Anda yang baru:
1. Buatlah pola pikir Anda senyata, sekonkret, dan sekomprehensif mungkin.

Itu berarti menuliskannya dengan tepat sebagaimana yang Anda inginkan. Keyakinan baru apa yang ingin Anda jalani? Sikap atau pendapat baru apa yang ingin Anda terapkan? Kebiasaan mental dan pola baru apa yang akan bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam hidup Anda? Apa nilai-nilai Anda yang sesungguhnya? Harapan-harapan apa yang akan membawa Anda kepada keberhasilan? Ingin menjadi siapakah Anda? Ketika Anda membaca pola pikir Anda yang baru dan gambar kehidupan yang Anda inginkan, bagaimana rupa gambar itu? Di mana diri Anda? Bagaimana perasaan Anda? Apa yang Anda lihat? Siapa yang ada di dekat Anda? Akan seperti apakah suatu hari yang Anda jalani jika Anda menjalani hidup dengan sikap, keyakinan, dan pikiran baru itu?
Mulailah dengan menulis, “Aku sangat gembira, dan bersyukur sekarang karena…” Kemudian lanjutkan untuk menggambarkan keyakinan, sikap, pendapat, kebiasaan mental, nilai-nilai, dan harapan-harapan Anda tepat seperti yang Anda inginkan.
2. Berpikirlah secara tidak terbatas.

Biarkan diri Anda membayangkan masa depan dan sikap Anda terhadap diri sendiri, orang lain, dan bagaimana dunia bekerja tepat seperti yang Anda inginkan. Jangan sekadar berusaha mendapatkan apa yang Anda pikir dapat Anda peroleh. Wujudkan kehidupan yang benar-benar Anda inginkan!
3. Pastikan untuk menuliskannya dalam kalimat seolah-olah Anda sudah memilikinya.

Anda tidak boleh berpikir dalam bentuk “suatu hari,” atau menulis “Aku akan.” Tulislah dan alamilah, seolah-olah hal itu terjadi saat ini, sekalipun hasilnya belum terwujud. Tulislah, misalnya, “Aku suka menghasilkan uang dan menjalankan bisnis yang berhasil, karena hal itu memungkinkan aku bermurah hati kepada orang lain.” Berikan pikiran bawah sadar Anda pesan bahwa realitas ini sudah nyata dalam hidup Anda.
Ingatlah, pikiran bawah sadar menerima segala sesuatu yang diberikan kepadanya, tanpa menyunting, menyensor, atau menilai. Jika Anda menuliskan bahwa itu akan terjadi nanti, hal itu memberitahukan pikiran bawah sadar Anda bahwa Anda tidak memiliki apa yang Anda inginkan, dan Anda belum menjadi orang yang Anda inginkan. Ketika Anda mengatakan, “Aku akan,” Anda sedang mengatakan kepada pikiran bawah sadar Anda bahwa Anda tidak demikian. Saya pernah membaca pernyataan misi sebuah organisasi yang mengatakan mereka “berjuang untuk menjadi nomor satu.” Terkalah apa yang selalu mereka lakukan. Berjuang! Dengan pernyataan misi itu, mereka selalu berjuang, tetapi tidak pernah menjadi nomor satu! Jika Anda mendapatkan diri Anda tergelincir dan menuliskan dalam bentuk masa mendatang, kembalilah dan bawa gambaran pola pikir Anda ke dalam bentuk saat ini.
4. Buatlah pola pikir Anda bersifat emosional.

Selain menuliskan dalam bentuk sekarang, sertakan kata-kata emosional dan terlibatlah secara emosional dengan apa yang sedang Anda tulis. Ingatlah, perasaan adalah pintu gerbang menuju pikiran bawah sadar, dan pikiran bawah sadar Anda adalah kekuatan yang sesungguhnya di balik keberhasilan Anda. Emosi menciptakan motivasi. Anda harus menjadi bersemangat. Jika Anda tidak bersemangat dengan pola pikir Anda yang baru, jika Anda tidak benar-benar jatuh cinta dengan pola pikir yang baru itu, pola pikir yang baru itu tidak akan terbentuk dalam bentuk fisik. Semangat manusia tidak akan menginvestasikan upayanya untuk sesuatu yang biasa-biasa saja! Jika Anda tidak merasa penuh semangat setelah menuliskan pola pikir Anda yang baru, kembalilah dan kerjakan ulang apa yang telah Anda tuliskan. Ketika hal itu benar-benar menggerakkan Anda, Anda siap membuatnya menjadi kenyataan.
5. Berhati-hatilah agar Anda menyatakan apa yang benar-benar Anda inginkan, bukan apa yang tidak Anda inginkan.
Pikiran kita tidak dapat memproses kata tidak. Jika saya mengatakan pada Anda untuk tidak berpikir tentang es krim, apa yang Anda pikirkan? Terlebih dahulu Anda pasti berpikir tentang apa yang saya katakan untuk tidak Anda pikirkan, sebelum Anda dapat mengatakan pada pikiran Anda untuk tidak berpikir tentang hal itu! Semua pemikiran ini akan membuat Anda menarik hal yang benar-benar tidak Anda inginkan. Jadi ingatlah untuk menyatakan apa yang benar-benar Anda inginkan.
6. Ciptakan sebuah gambar tentang pola pikir Anda dan beradalah dalam gambar itu, bukan sekadar menjadi pengamat yang melihat ke gambar itu.

Rata-rata orang yang melakukan latihan ini, mereka hampir selalu mendapati bahwa mereka melihat diri mereka dalam gambar itu. Itu tidak akan berhasil. Anda harus berada dalam gambar pola pikir Anda yang baru itu. Jika Anda melihat ke diri sendiri dalam gambar itu, Anda mengatakan pada pikiran bawah sadar Anda bahwa itu bukan benar-benar diri Anda, Anda belum benar-benar berada di sana. Ketika Anda benar- benar berada dalam gambar itu, Anda sedang merasakan emosi dan hasil yang telah Anda peroleh dalam hidup baru Anda. Anda mengatakan pada pikiran bawah sadar Anda, “Ini nyata!” Pikiran bawah sadar Anda segera mulai menciptakan realitas itu. Lihatlah apa yang Anda lihat jika Anda berada dalam gambar itu, bukan melihat ke diri Anda sendiri dalam gambar itu.
Jadi mindset atau cara berpikir seperti apa sih yang dibutuhkan untuk sukses di bidang apapun?
1.    Think Positive
erpikir positif disini artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada diri Anda. Harus kita akui, dalam hidup, kita pasti kadang mengalami tantangan dan masalah. Semua orang saya rasa akan mengalami. Tetapi bedanya, dari pengamatan saya terhadap banyak orang, mereka yang sukses dan mendapat ‘nasib’ baik adalah orang yang memiliki pengharapan positif terhadap segala sesuatu.

2.    Berani gagal
Anda mungkin merasa mindset berani gagal itu aneh, kok orang disuruh berani gagal? Hal ini karena saya melihat  kebanyakan orang tidak sukses, seringkali karena mereka kurang banyak mengalami kegagalan he..he..Mereka begitu takut mengalami kegagalan sehingga mereka takut dalam mencoba segala sesuatu. Mereka trauma dengan yang namanya kegagalan. Padahal yang sebenarnya adalah…
“SETIAP ORANG SUKSES , PASTI PERNAH MENGALAMI KEGAGALAN”
Hanya dengan memiliki keberanian untuk gagal, maka Anda berarti berani untuk sukses karena artinya Anda berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru. Dan saat Anda berani untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda jadi punya peluang untuk sukses.
3.    Focus
Saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar lagi. Yang harus Anda ingat adalah pikiran Anda SANGAT POWERFUL saat kita sedang FOKUS. Ingat tidak saat Anda kepepet dengan deadline sebuah project, pikiran Anda hanya memikirkan bagaimana menyelesaikannya tepat waktu. Anda begitu fokus sehingga kurang tidur pun tidak jadi masalah, dan akhirnya Anda bisa selesai tepat waktu. Ya itulah kekuatan dari sebuah FOKUS.
4.    Siap kerja keras
Saya yakin Anda sudah tahu hal ini. Untuk sukses, Anda perlu siap kerja keras. Siap lembur, siap doing extra untuk meraih goal yang ingin Anda capai. Tentu tidak selamanya kita harus kerja keras sebagai entrepreneur. Saat apa yang Anda tanam sudah mulai panen, bisnis Anda sudah ada sistem, bisnis Anda sudah ada tim yang membantu, maka Anda bisa lebih santai.
5.    Konsisten dan sabar
Semua orang sukses yang saya kenal dan para alumni BBI yang sukses, mereka melakukan kerjanya dengan konsisten dan sabar. Walaupun awalnya mungkin belum ada hasil, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan diri Anda untuk melakukan rutinitas yang harus dilakukan.
6.    Komitmen
Saat Anda sudah memutuskan  untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan Anda akan melakukan hal tersebut, tidak peduli Anda sedang ingin/mood atau tidak untuk mengerjakannya. Saya mendapat contoh nyata tentang hal ini dari orangtua saya sendiri. Toko orangtua saya buka dari jam 7 pagi s/d jam 1 siang, tutup 1 jam, buka lagi jam 2 siang s/d 9.30 malam. 7  hari seminggu, bahkan di banyak hari besar pun tetap buka. Very long long hours! Sejak kecil saya melihat mereka buka toko, tidak peduli lagi capek, tidak peduli lagi gak enak badan, tidak peduli lagi ingin buka atau tidak, mereka pastikan tokonya akan buka pada jamnya. Pokoknya dicari jalannya agar toko tetap buka! Itulah komitmen! Dan itulah mindset dari orang sukses, mereka akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan. Ambil komitmen dan konsisten!
7.    Pantang menyerah
Saat Anda sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah. Memang mudah untuk menasehati orang lain untuk pantang menyerah, tetapi menjalaninya sendiri tidaklah gampang.Itulah yang saya alami saat saya terpuruk, lalu mencoba berbagai hal tetapi belum berhasil. Hati penuh keraguan, apa betul ya saya itu bisa jadi sukses? Tidak mudah untuk pantang menyerah saat Anda tidak percaya dengan diri Anda sendiri. Satu-satunya yang bisa saya lakukan untuk menghibur diri saya adalah membaca dan mengingat profile orang sukses seperti Thomas Alfa Edison (penemu lampu), Kolonel Sanders (KFC) dan lain-lain yang sering dibahas di buku-buku motivasi. Ya, kalau saya berhenti, hidup saya cuma akan jadi kisah gagal. Tapi kalau saya terus bangkit, berusaha dan jadi sukses, maka kisah hidup saya akan jadi kisah sukses. Cuma itu saja yang membuat saya terus berjalan, terus berjuang dan bangkit kembali

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar