Selasa, April 17

Mari Meniti Bisnis







ABSTRAK
Entrepreneur secara umum adalah keinginan dan kemampuan seseorang untuk melakukan perombakan sistem, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses.
Entrepreneurship (kewirausahaan) adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Kewirausahaan merupakan proses seorang wirausaha (Entrepreneur) mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

KATA KUNCI : Entrepreuneur, Meniti Bisnis, Tahap Berbisnis

LATAR BELAKANG
Entrepreneur saat ini telah menjadi trend di kalangan muda, hal ini terbukti dengan lahirnya para pengusaha-pengusaha muda muda terus bermunculan dari tahun ke tahun, mereka hadir dengan mengusung berbagai kreativitas, ide dan semangat baru di berbagai segmentasi bisnis yang mereka tekuni.

Kemampuan dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya telah menjadi pelengkap dalam mengokohkan dan mengembangkan usaha mereka.

Seorang entrepreneur akan selalu memacu semangatnya, selalu memotivasi diri, dan tidak ada kata gagal bagi entrepreneur, yang ada hanyalah sukses atau belajar. Seorang entrepreneur akan melihat sebuah masalah sebagai suatu tantangan. 

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa saja tahapan dalam meniti bisnis ?
2.      Bagaimana cara mengembangkan bisnis ?

PEMBAHASAN
1. Apa saja tahapan dalam meniti bisnis ?
·         Tahapan Mencari Ide atau Konsep Bisnis
Pada tahapan ini seorang entrepreneur akan mempelajari secara mmendalam tentang konsep bisnis yang akan ia jalankan, biasanya seorang entrepreneur akan mencari ide dan inspirasi melalui berbagai cara, misalnya dengan membaca buku, majalah bisnis, internet, mengikuti seminar, meminta saran dar pebisnis senior, atau melaukan survey ke lapangan.

·         Tahapan Memulai Bisnis
Pada tahapan ini entrepreneur akan berfokus pada strategi penjualan dan promosi. Dalam tahapan ini diperlukan semangat juang dan tekad yang kuat, karena merupakan spirit yang akan membuat entrepreneur bangkit saat ditempa kegagalan.


·         Tahapan Peningkatan Profit Usaha
Pada tahapan ini entrepreneur akan fokus pada peningkatan keuntungan bisnis atau memperbesar margin keuntungan, memikirkan cara agar konsumen menjadi senang atau puas, sehingga akan terus membeli atau menjadi pelanggan setia dan lain sebagainya.


·         Tahapan Membangun Sistem Kerja atau Sistem dalam Bisnisnya
Pada tahapan ini seorang entrepreneur akan membuat berbagai sistem yang menunjang berbagai aktivitas bisnisnya, seperti membuat Standard Operating Procedure (SOP), sistem proses order, sistem penjualan, sistem penggajian karyawan dan lain sebagainya.


·         Tahapan Pengembangan Bisnis
Tahapan ini adalah tahapan terakhir dimana usaha atau bisnis yang telah dirintis dari awal telah membuahkan hasil, seorang entrepreneur tentu akan terus mengembangkan bisnis atau usahanya dengan cara membuka cabang baru, membuka sistem kemitraan, membuka sistem waralaba, mencari berbagai ide bisnis baru dan lain sebagainya.

2. Bagaimana cara mengembangkan bisnis ?
·         Pengorganisasian yang baik
Pengorganisasian yang terencana dengan baik dapat menolong Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas, sehingga Anda bisa memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan membuat daftar kerja atau jadwal kerja. Dengan demikian maka Anda dapat mengevaluasi dan memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan.

·          Berpikir kreatif
Kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat memenangkan kompetisi pasar. Berpikir kreatif dengan bersedia menampung ide-ide baru, terus menambah wawasan dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

·         Mencatat berbagai hal secara menyeluruh
Sebuah bisnis hendaknya memiliki mencatat seluruh proses yang ada dalam bisnisnya. Data yang menyeluruh ini akan sangat menolong Anda untuk mengamati perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengambil langkah strategi baru.

·         Menganalisa kompetitor bisnis
Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini, maka akan mendorong pengusaha untuk berinovasi dan membuat hal yang baru. Jangan takut untuk belajar dari kompetitor Anda. Bisa jadi kompetitor memiliki strategi atau langkah yang bisa menginspirasi Anda.

·         Konsisten
Saat Anda melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam perusahaan secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan Anda pada kesuksesan di masa datang. Konsisten dalam berperilaku baik akan membentuk kebiasaan yang positif pula. Selain itu Anda juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

·         Pahami risiko
Membuat penghitungan risiko yang tepat membuat Anda dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan memahami risiko yang mungkin terjadi, maka akan membuat Anda lebih siap menghadapinya, tentunya Anda juga sudah memiliki berbagai strategi yang siap untuk diterapkan.

·         Fokus
Saat Anda membangun bisnis, tidak serta merta Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar. Ada banyak hal yang harus Anda kerjakan agar bisnis Anda terus tumbuh. Tetap fokus pada tujuan Anda akan membuat Anda dapat mengelola usaha dengan baik.

·         Pelayanan yang baik
Ada hal penting lainnya yang penting diperhatikan adalah pelayanan kepada pelanggan. Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun mereka juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda.


CONTOH KASUS :  
Kirman Sindhunata, pemilik Bimbel One Learning Center. Kirman merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung, jurusan Teknik Mesin. Bimbel One adalah pusat bimbingan belajar yang dikelola secara professional oleh para tenaga ahli dan kompeten di bidang pendidikan. Bimbel One bermula dari passion para pendiri untuk membantu sebanyak mungkin anak sekolah yang memiliki kesulitan belajar agar mereka dapat memahami pelajaran yang diajarkan di sekolah dengan baik.
Sejak berdiri di tahun 2008, Bimbel One dengan 8 Keunggulannya telah menghasilkan 185+ juara umum, ranking 1, ranking 2 dan ranking 3 dari berbagai sekolah dengan tingkat kesulitan tinggi baik kurikulum nasional, nasional plus dan internasional.

KESIMPULAN
Kesuksesan sebuah bisnis tidak bisa didapatkan secara instan. Diperlukan kerja keras dan mental tangguh untuk mewujudkannya. Untuk membangun sebuah bisnis, meskipun dalam skala kecil menengah, hal yang paling mendasar adalah memahami dahulu bagaimana tahapan bisnis, mulai dari awal hingga bisnis tersebut berkembang.


DAFTAR PUSTAKA 
Maulidi, Achmad. “Pengertian Entrepreuneur dan Entrepreneurship”. 17 Juni 2017. Diambil dari https://www.kanalinfo.web.id/2017/06/entrepreneur-dan-entrepreneurship.html.
Waringin, Tung Desem. “8 Cara Mengembangkan Bisnis Agar Sukses”. Diambil dari https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3378823/8-cara-mengembangkan-bisnis-agar-sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.