Rabu, Maret 27

Menggali Kreatif dan Inovatif


Oleh : @M10-ERLANGGA, @Proyek-M03, @STARTUP-M03






Abstrak

Menjadi pengusaha merupakan pilihan dalam hidup seseorang. Setiap manusia memiliki jalannya masing-masing untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam hidupnya. Banyak cara untuk menggapai kesuksesan dalam hidup. Mungkin masih banyak yang berfikir menggapai kesuksesan hanya dengan cara bekerja diperusahaan ternama. Mereka bekerja hingga hamper sepajang hidupnya. Namun jika seseorang memiliki kedua hal ini maka mereka tidak akan menjadi seseorang yang menghabiskan waktu hidupnya hanya untuk bekerja diperusahaan orang lain. Seseorang yang mampu berfikir kreatif dan inovatif akan menciptakan perusahaannya sendiri atau berwirausaha hingga mampu mempekerjakan orang banyak. Bukan menjadi pesuruh namun menjadi seorang pemimpin perusahaan yang dia bangun dengan kerja keras.

Kata Kunci : Pilihan,Pekerjaan, Pengusaha, Pemimpin, Kreatif dan Inovatif, Wirausaha.


Setiap manusia memiliki kemampuan untuk berfikir. Namun tidak semua orang dapat memaksimalkan kemampuannya dalam berfikir. Yang membedakan dalam kasus ini adalah kemauan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya pada Blog saya yang berjudul “Kekuatan Pikiran Menuju Kesuksesan” saya menjelaskan bahwa manusia merupakan hewan yang berfikir, maka jika manusia tidak mau berfikir maka ia sama saja seperti hewan.

Dalam menghadapi dunia pekerjaan yang semakin ketat, maka dengan hanya berfikir tidaklah cukup untuk. Kita sebagai penerus bangsa haruslah memiliki kemampuan untuk befikir kreatif dan inovatif. Kedua hal ini menjadi sangat vital untuk menjalani kehidupan ditengan kerasnya arus globalisasi.

Apa itu Kreatif dan Inovatif? Apa saja keuntungan yang didapat jika kita memiliki dan mampu untuk memanfaatkan kemampuan befikir secara kreatif dan inovatif? Sedikit penjelasannya ada dibawah ini.

Menurut Wahyudi (2013), Kreatifitas adalah suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat. Sedangkan Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Dalam dunia wirausaha befikir kreatif dan inovatif mutlak dimiliki, karena jika tidak maka akan kalah bersaing dengan yang lainnya. Jadi bagaimana caranya kita menggali kreatif dan inovatif kita, menurut Momuat (2013) :

            Tahukan kamu, apa yang dimaksud kreatif dan inovatif ???  Kreatif adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan. Kemampuan untuk menciptakan tersebut dinamakan kreatifitas. Sedangkan inovatif adalah bersifat memperkenalkan atau mengembangkan hal-hal baru dinamakan inovasi.

            Antara kreatif dan inovatif biasanya memiliki keterkaitan dan biasanya pula dimiliki oleh orang yangmemiliki jiwa kewirausahaan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan dan pengendalian kreatifitas dan inovasi yang ada dalam diri kita sendiri, ada sedikit tips untuk menggali kreatif dan inovatif kita, yaitu :

  • Ubahlah cara berpikir Anda dari negatif ke positif. Semakin positif cara berpikir Anda, membuat Anda semakin percaya diri dan optimis dalam mengembangkan sisi kreatifitas.
  • Jangan Takut untuk mencoba hal baru. Sebaiknya kita memiliki rasa yang ingin tahu, karena dengan rasa ingin tahu yang kita miliki maka rasa untuk mencoba hal yang baru akan lebih mudah, Hal-hal yang baru membuat kita akan lebih bisa meningkatkan kreatifitas, bahkan menggali kreatifitas kita,.
  • Percaya Diri. Syarat ini merupakan syarat wajibnya, apabila kita ingin menggali kreatifitas kita kita sebaiknya memiliki jiwa yang selalu confident (PD), dengan rasa PD, maka kita nantinya dapat melalukan hal-hal baru dengan mudah tanpa adanya rasa takut salah atau takut jelek, dll.
  • Berdoa. Dengan usaha yang kita lakukan, tanpa diiringi dengan doa kita tidak dapat melakukannya, kesuksesan yang besar di nilai dari usaha dan doa yang kita lakukan.
  • Hadapi ketakutan gagal. Orang-orang kreatif adalah mereka yg gagal ratusan kali. Tapi mereka mengambil pelajaran dari kegagalan itu sebagai peluang untuk mencoba lagi dengan cara yg berbeda dan mungkin lebih baik. Kegagalanlah yg secara langsung menyebabkan kreatifitas.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Eko, Wahyudi. 2013. Pengertian Kreatif dan Inovatif. Dalam https://www.kompasiana.com/ekogenshter/552feef86ea834b36b8b45ac/pengertian-kreatif-dan-inovatif , diakses pada (28 Maret 19).
  2. Momuat, Jesse Ray. 2013. Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan. Dalam https://www.kompasiana.com/jesseray/55297dadf17e6185788b45a3/kreatif-dan-inovatif-dalam-kewirausahaan , diakses pada (28 Maret 2019).



2 komentar:

  1. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    Artikel di atas sangat baik .
    Kita perlu menggali kreatif dan inovatif tersebut dari wawasan kita , seperti kita belajar untuk membaca buku, atau bertanya kepada ahli nya dan inti nya kita jangan pernah takut untuk mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya, jangan lupa baca artikel saya yang lain , ga kalah informatif.

      Hapus