Juni 20, 2019

Manajemen Bisnis


Oleh: Syaiful Nur Cahyo (@M11-SYAIFUL, @proyekM07, @STARTUP-M03)

Manajemen Bisnis adalah suatu kegiatan dalam merancang, mengelola, dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis yang mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan, pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan.
Dalam manajemen bisnis kita harus mempunyai rencananya poin tersebut sangat penting perannya. Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga. Selain itu, ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. Strategi dalam berbisnis pun harus bisa disusun untuk bisa mengetahui trend di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.
Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, maka semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya. Perencanaan bisnis secara keseluruhan dengan detail yang matang akan membuat gambaran dari usaha, bisa lebih tampak nyata dan membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.
Komponen penting dalam menyusun manajemen bisnis, yaitu:
·         Deskripsi Jelas: pastikan untuk memiliki deskripsi bisnis secara jelas dan mampu dipahami secara mudah oleh semua orang. Deskripsi bisnis harus mencakup bentuk dan produk yang nantinya akan dijual atau ditawarkan, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok, hingga sistem kerja sebuah bisnis. Sertakan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Jangan lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti seperti lokasi bisnis, konsep dari manajemen, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.
·         Melakukan Analisis Pesaing: Hal ini ditujukan agar Anda dapat menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis. Lakukan analisa serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing.
·         Memiliki Strategi Pemasaran: Dengan strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran bisa didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis Anda dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi, hingga media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda bisa menghitung segala kemungkinan yang ada.
·         Laporan Keuangan: Laporan keuangan tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda bisa membuatnya secara sederhana, asalkan mampu mencakup semuanya. Pengelolaan anggaran juga menjadi faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik. Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda bisa mudah membuat laporan keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
·         Menjaga kualitas dan produk layanan: Produk dan layanan yang Anda berikan menjadi poin penting dalam perjalanan manajemen bisnis. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan layanan yang membuat banyak konsumen puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia. Namun jangan sampai karena loyalitas konsumen tersebut membuat Anda menjadi puas diri sehingga kualitas produk yang dijual menjadi semakin berkurang. Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.
Daftar Pustaka
1.      Novia Widya Utami. 2018. Manajemen Bisnis. https://www.jurnal.id/id/blog/2018-manajemen-bisnis-pengertian-perencanaan-dan-komponen-nya/. Diakses Tanggal 20 Juni 2019
2.      Anonim. 2017. Manajemen Bisnis dan Strategi Terbaik untuk Bisnis. https://uangteman.com/blog/blog/strategi-manajemen-bisnis/. Diakses Tanggal 20 Juni 2019
3.      Sri Warni. 2015. 5 Kompone yang harus dimiliki Manajemen Bisnis. https://zahiraccounting.com/id/blog/5-komponen-yang-harus-dimiliki-manajemen-bisnis/. Diakses Tanggal 20 Juni 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar