Senin, Maret 30

Emphaty Ide Bisnis


oleh: iqro maulana hadi


emphaty adalah kemampuan untuk melihat dunia dari sisi apa yang orang lain lihat,yang dapat kita dapatkan dari cara melihat:orang lain lihat,orang lain rasakan,pengalaman yang sama dari orang lain cara yang digunakan adalah mendekatkan diri dengan subyek. Dalam usaha kelompok kewirausahaan ini ide tentang pembuatan kerajinan tangan berawal dari melihat banyaknya sekelompok masyarakat atau individu yang memainkan sebuah permainan dari sebuah game online atau dari beberapa game yang sedang asik atau banyak dimainkan oleh beberpa masyarakat baik dari anak kecil sampai orang dewasa. Pada dasarnya game hanyalah sebuh permainan yang bertujuan untuk menhilangkan kejenuhan,mencari kesenangan dan hiburan tapi lama kelamaan menjadi suatu hal yang bernilai lebih seperti adanya turnamen game,cosplay game dan lain sebagainya. Melihat hal itu banyak wirausaha memanfaatkannya mulai dari membuat produk dengan tampilan yang berbeda sepeti tas sekolah bergambar mobile legends dan lain-lain. Hal ini disebut dengan kreatif dimana mampu melihat peluang bisnis dari memanfaatkan situasi yang ada disekitar,memahaminya tentang kemauan dari konsumen tersebut yang memiliki hobi dalam bermain sebuah game lalu menciptakan sebuah terobosan baru dengan memodifikasi produk sebelunya. Dengan ini terciotanya pasar saing yang sama tapi dengan strategi yang berbeda, dalam pasar saing yang ketat atau bisa disebut dengan red ocean wirausaha harus bisa melihat dan memahami situasi apa yang konsumen inginkan,konsumen rasakan dan bagaimana reaksi dari konsumen hal ini lah yang disebut dengan emphaty.

Ide bisnis pembuatan kerajinan dengan dengan melihat dan memahami situasi yang sedang terjadi dari sudut pandang konsumen. Produk kerajianan tangan ini sebagai aksesoris atau mempercantik yang berbeda hanya dari strategi khususnya dari segi penampilan agar mampu bersaing kami memanfaatkan peluang yang ada. Empathy yang kami lakukan :
  1. Melihat dan memahami situasi dari pandang konsumen dimana konsumen yang menjadi target adalah anak-anak sampai orang dewasa yang menyukai game tersebut tapi tidak hanya game saja tapi serial anime seperti Naruto,penguin dan lain-lain menjadi tema kali ini.
  2. Terjun langsung dengan memainkan beberapa game dengan itu kami merasakan permainan tersebut dari beberapa individu atau kelompok masyarakat seperti anak sekolah,mahasiswa bahkan para pekerja atau buruh.
  3. Mewawancarai beberapa player atau pemain game tentang game yang sedang popular,paling diminati dan banyak pemainnya serta hero atau karakter yang popular. Hal itu bertujuan agar pemilihan tema ini sesuai yang diharapkan dan sesuai dengan masyarakat inginkan. Jika tidak dilakukan wawancara yang terjadi produk yang dijual tidak tepat sasaran karena melenceng atau tidak sesuai dengan masyarakat inginkan.
  4. Merencanakan ide bisnis aksesoris dengan tampilan dari beberapa game dan kartun ataupun anime dengan dilakukan inovasi tersebut menjadi daya saing baru dalam pasar bisnis.

Setelah mendapat gambaran apa yang akan dibuat selanjutnya menentukan bahan yang akan digunakan dalam pembuatannya agar terciptanya ke efisiensi dan kualitas yang bagus. Dalam hal pemasaran kami merencanakan menggunakan media social sebagai pemasarannya,dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. Media social yang dimaksud seperti Instagram,facebook,whatsapp dan juga bisa menggunakan imooji yang kemarin sudah dipelajari sebelumnya. Jika menggunakan selebaran kertas sudah sangat ketinggalan zaman dan juga kurang efisiensi karena akan memakan waktu untuk mempromosikan produk yang dibuat dan juga biaya yang dikeluarkan cukup besar. Dengan memanfaatkan media social diharapkan akan memudahkan bagi masyarakat untuk melihat dan membaca deskripsi produk yang dibuat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar