Senin, Maret 16

Implementasi Jiwa Kewirausahaan

oleh:iqro maulana hadi

Kewirausahaan  adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.
Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berfikir kreatif dan inovatif. Suryana (2003) mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda melalui :
a.      Pengembangan teknologi baru
b.      Penemuan pengetahuan ilmiah baru
c.      Perbaikan produk barang dan jasa yang ada
d.     Penemuan cara-cara baru untuk menghasilkan barang lebih banyak dengan sumber daya lebih efisien
gambar.www.kompasiana.com/idrisapandi/58cc9dd5f67e6181038b4567/membangun-jiwa-wirausaha-melalui-gerakan-literasi

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang.
McClelland (1961: 54) mengatakan bahwa individu-individu yang memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan penyumbang utama bagi keberhasilan ekonomi suatu negara. Mereka, para wirausahawan tersebut adalah achieving societies. Sejarah telah membuktikan bahwa individu yang memiliki jiwa kewirausahaan seperti Thomas Alva Edison,Henry Ford, Ray Kroc, John D. Rockefeller, Michael Eisner, dan wirausahawan lainnya membuat Amerika Serikat menjadi pengusaha kebutuhan hajat hidup orang banyak dan mengendalikan ekonomi dan politik di dunia.

Dalam hal ini pengimplementasikan jiwa kewirausahaan dalam pekerjaan sehari-hari adalah dengan sebagai berikut :
  • Displin waktu
Waktu bagi seorang wirausaha adalah sangat penting dimana setiap waktu yang terbuang bisa membuat sesuatu yang bermanfaat ataupun bernilai nominal
  • Kreatif dan inovatif
Menciptakan ide baru untuk dijadikan peluang atau sebuah kemajuan untuk bersaing dalam pasar (blue ocean), Inovasi menurut Goman (1991) merupakan penerapan secara praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang tinggi. Kreativitas adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam kehidupan.
  • Kerja keras
Kerja keras tidak akan menghianati hasil,suatu pekerjaan jika dikerjakan sungguh-sungguh pastinya akan mencapai titik dimana kita akan merasakan puas pada hasil yang diperoleh karena segala upaya yang dilakukan akan membuahkan hasil
  • Mampu  membuat  keputusan,
dalam  bisnis  keputusan  dilakukan  dalam  rangka memastikan benar arah  dan tujuan  dibuat, keputusan  dijadikan dasar  berpijak. Namun dalam membuat  keputusan butuh  ilmu yang  mendasari keputusan  tersebut. Keputusan selalu  didasari  oleh  informasi  yang  tepat,  informasi  yang  tepat  menjadi  dasar  dalam mengambil keputusan yang tepat.

Dengan memiliki jiwa kewirausahaan seorang pekerja memiliki keuntungan-keuntungan seperti meningkatnya karier,mementingkan prestasi dalam pekerjaannya dan memahami kebijakan-kebijakan perusahaan. Menurut Zimmerer (1996) dalam Suryana (2003), “creativity ideas often arise when entrepreuneurs look at something old and think something new or different”. Ide ide kreativitas sering muncul ketika wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu baru dan berbeda. Oleh karena itu kreativitas adalah nenciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada (generating something from nothing). Rahasia kewirausahaan adalah dalam menciptakan nilai tambah barang dan jasa terletak pada penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan meraih peluang yang dihadapi tiap hari (applying creativity and inovation to solve the problems and to exploit opportunities that people face every day). Berinisiatif ialah mengerjakan sesuatu tanpa menunggu perintah.

Kesimpulan
Pengimplementasian jiwa kewirausahaan dalam pekerjaan sehari-hari akan membutuhkan waktu dalam adapatasi atau pemahaman dengan lingkungan diperusahaan agar sesuai dan sejalan dengan misi dan visi perusahaan serta kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan perusahaan karena pengimplementasian ini adalah perilaku-perilaku yang mencerminkan seorang wirausaha.

Daftar pustaka

Suryana. 2003. Entrepreneurship And The New Venture Formation. http://viewcomputer.wordpress.com/ kewirausahaan/. diakses 22 Mei 2011

Mc. Clelland, David C. (1961). The Achieving Society. New York: D. Van Nostrand Company, Inc.

Suryana, 2006, Kewirausahaan : Pedoman Praktis Kiat dan Sukses Menuju Sukses. Salemba
Empat. Jakarta.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar