Rabu, Maret 11

Implementasi Jiwa Wirausaha dalam Pekerjaan saya sehari-hari


Sebelum menentukan apakah dalam kehidupan sehari-hari saya sudah meng-implementasikan Jiwa WIrausaha, ada baiknya saya mulai artikel ini dengan menyertakan tulisan Tim Dosen Kewirausahaan pada modul ptt Kewirausahaan 1 tentang ciri-ciri Jiwa Wirausaha tersebut. Dalam modul dituliskan bahwa ciri-ciri Jiwa Wirausaha adalah sebagai berikut :
ü  Mempunyai keberanian dan daya kreasi yang tinggi
ü  Mempunyai semangat tinggi dan kemauan keras
ü  Mempunyai daya analisis yang benar
ü  Mempunyai jiwa pemimpin dan tidak berperilaku konsumtif
ü  Membuat keputusan dan melaksanakan keputusan
ü  Memiliki pengabdian yang besar terhadap bisnisnya
Dengan merujuk pada ciri-ciri tersebut maka dengan berani saya mengatakan bahwa saya telah meng-Implementasikan Jiwa Wirausaha saya pada pekerjaan sehari-hari saya. Karena, saat ini saya bekerja sebagai seorang pemborong/kontraktor untuk jasa Instalasi MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing) pada gedung Infinity Building 2 di Jl. Kebayoran Lama.
Dalam melaksanakan pekerjaan ini saya harus berani mengambil resiko yang akan atau mungkin terjadi selama proyek tersebut berjalan. Tentu nya dengan telah menganalisa dari mulai perencanaan, proses pengerjaan dan estemasi profit. Saya harus bersemangat dan totalitas dalam menjalankan pekerjaan ini karena jika tidak, maka kerugian besar akan menanti atau bahkan jika saya gagal dalam menjalankannya dan terdapat indikasi yang akan merugikan consumer, maka saya bisa di kenakan hukuman.
Dengan mengambil keputusan terhadap langkah – langkah pekerjaan setiap harinya, menuntuk saya untuk selalu berhemat dalam mengalokasikan anggaran dan berusaha mengingatkan diri untuk tidak konsumtif karena tidak ada yang bisa memprediksi secara pasti apa-apa kendala yang mungkin terjadi dalam proses pengerjaan. Pertimbangan – pertimbangan tersebut menjadikan saya harus pandai dalam memimpin agar semua lini berjalan sesuai rencana.
Bermacam – macam prihal saya temui dalam menjalankan pekerjaan tersebut, menjadikan saya telah mengimplementasikan Jiwa Wirausaha dalam pekerjaan saya sehari – hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar