Rabu, Maret 11

KEBIASAAN BAIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI







RAFIANSYAH BONDAN
46119110131
FAKULTAS PSIKOLOGI
KEWIRAUSAHAAN
ATEP AFIA HIDAYAT, IR, MP.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Kebiasaan Baik Yang Mengubah Pola Pikir” . Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang “Penerapan Jiwa Kewirausahaan Dalam Keseharian” bagi para pembaca dan juga bagi penulis. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Atep Afia Hidayat, Ir. MP, selaku Dosen Kewirausahaan yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.












DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
BAB II ISI
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA













BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Setiap masyarakat manusia selama hidup  pasti mengalami perubahan dari waktu ke waktu, yang dapat membawa kebiasaan dari yang tidak baik menjadi baik. Ada pula perubahan yang semakin lama menjadi lebih buruk. Pada makalah ini, akan membahas kebiasaan yang akan menumbuhkan jiwa usaha bangkit didalam individu seseorang yang mungkin banyak yang belum diketahui oleh hal layak orang, kebiasaan yang mungkin sepele tetapi sangat berdampak pada masa depan.
Diindonesia, banyak orang yang tidak menerapkan ini sejak dini, yang mungkin makin membuat negara Indonesia menjadi negara yang berkembang atau mungkin menjadi seseorang yang tidak produktif dalam melakukan segala hal.
Lihatlah orang sukses yang ada didunia ini, mereka melakukan kebiasaan yang mungkin jarang dilakukan oleh hal layak ramai, mereka melakukan kebiasaan berbeda dari yang lain. Jangan pernah untuk melakukan hal dapat merugikan banyak orang.











BAB II
ISI

Dalam kehidupan dan dalam pekerjaan sehari – hari, manusia dituntut untuk menghasilkan sesuatu dalam jangka waktu yang pendek. Hasil yang didapat bukan hanya harus menguntungkan, tetapijuga mengandung resiko kerugian walaupun kita sudah melaksanakannya dengan teori ekonomi yaitu mendapatkan keuntungan sebesar – besar nya dengan modal sekecil – kecil nya dan menekan faktor kerugian.
Untuk mendapatkan hasil tersebut, diperlukan banyak faktor pendukung, yaitu :
v  Sumber daya manusia
Yaitu : kemampuan manusia untuk mentaati dan melaksanakan semua kebijakan, program perusahaan  dengan efisien.
1.      Menerapkan prilaku tepat waktu.
·         Kita harus dapat memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk mencapai hasil perusahaan yang maksimal pula.
·         Dapat memaksimalkan modal atau materi perusahaan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
·         Dapat memaksimalkan waktu bekerja untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga waktu tidak terbuang secara percuma.
2.      Menerapkan prilaku tepat janji.
Kita harus menumbuhkan jiwa yang tepat janji agar kepercayaan publik tidak berkurang dan profesionalitas kerja perusahaan tetap terjaga, karena tepat janji akan mempengaruhi kepercayaan konsumen, masyarakat luas, dan rekan bsinis.
Adapun orang yang mempunyai cirri ciri tepat janji antara lain :
·         Mempunyai moral kebaikan yang tinggi .
·         Mempunyai mental yang tinggi.
·         Mempunyai keterampilan dalam belajar dan bekerja.
3.      Menerapkan keperdulian dalam hasil kerja, penampilan, dan kinerja.
Kita harus memperhatikan hasil kerja yang telah dilakukan karena ini akan sangat berpengaruh pada pendapat konsumen. Karena merekalah yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan kita. Penampilan diri juga harus diperhatikan karena akan mencerminkan kepribadian kita yang akan berpengaruh pada kinerja kita dalam menjalankan aktifitas pekerjaan. Penampilan yang baik dan rapi serta kinerja yang terorganisir akan mencerminkan citra yang baik bagi perusahaan.
Dari semua ini adalah :
·         Menciptakan produk yang sesuai dengan minat masyarakat
·         Melihat daya beli masyarakat
·         Sesuai dengan karakter dan budaya masyarakat
·         Dapat bermanfaat bagi masyarakat luas
4.      Komitmen
Harus mempunyai komitmen yang tinggi terhadap keberhasilan perusahaan.
Nilai – nilai yang harus dikembangkan yaitu :
a)      Ketabahan
Harus tabah dalam mengerjakan dan saat menghadapi rintangan. Karena semua hal diperoleh dengan usaha dan penyelesaian masalah yang terjadi.
b)      Keuletan
Tidak mudah putus asa, tangguh dan kuat saat menghadapi rintangan. Dapat menjadikan kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda
c)      Disiplin
Taat dan patuh pada aturan yang berlaku, melaksanakan semua program dan rencana yang telah dibuat. Dengan displin yang baik akan melahirkan sikap mental yang baik .
Dampak yang diperoleh dari sikap disiplin yang tinggi adalah :
·         Mempunyai mental baja
·         Dapat menguasai keadaan
·         Mampu menerima kegagalan
·         Berfikir positif
·         Member jalan kesuksesan
d)     Tidak merugikan orang lain.
Pada hakekatnya kehidupan kehidupan manusia adalah dapat memberikan manfaat yang baik bagi orang lain dan masyarakat. Kekuatan fisik dan mental hanya salah satu sarana untuk mencapai tujuan, tapi yang lebih penting adalah dapat bekerjasama dan saling tolong menolong sesama manusia.

BAB III
PENUTUP

Dengan kebiasaan tersebut, membawa kita untuk menumbuhkan jiwa usaha dalam kehidupan sehari hari, hal tersebut yang mungkin tidak disangka – sangka oleh siapapun. Dan jangan pernah untuk melakukan hal hal yang dapat meruugikan banyak orang.

















DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar