Selasa, Maret 24

KREATIVITAS DAN POLA PIKIR


Oleh : Syaiful Hidayat
ABSTRAK
Entrepreneur merupakan satu kelompok orang yang mengagumkan, manusia kreatif dan inovatif. Karena ia memiliki kemampuan berfikir dan bertindak produktif. Pertumbuhan wirausaha berkorelasi tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi, karena lapangan kerja akan terbuka pendapatan masyarakat meningkat, daya beli bertambah, barang dan jasa yang dihasilkan dunia industri akan laku terjual, roda ekonomi akan berputar. Hal ini diperlukan dalam ide bisnis yang sedang saya jalankan.
                                                                  


KREATIVITAS

Didalam jiwa seorang entrepreneur harus ada kreatifitas, inovasi dan jiwa kewirausahaan, dimana seorang entrepreneur harus memikirkan kreatifitas dengan memikirkan hal-hal yang baru yang belum pernah dibisniskan orang tetapi ada manfaat bagi orang lain, sehingga akan menimbulkan suatu peluang akan dibeli. Untuk itu perlu juga dilakukan inovasi, yaitu mengerjakan hal-hal yang baru tersebut yang merupakan hasil dari kreatifitas, sehingga menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan bisa menjadi konsumsi orang. Jiwa kewirausahaan harus ada dengan dapat melihat prospektif kedepan, bisnis apa yang akan menghasilkan peluang dan keuntungan dengan memikirkan strategi-strategi penjualan dan pengembangan produk serta gagasan-gagasan untuk memecahkan masalah bisnis.

POLA PIKIR ENTREPRENEUR

1. Berpikir Tantangan adalah Sebuah Peluang
Dalam berbisnis, Anda pasti akan mengalami pasang surut, termasuk adanya kemunduran, hambatan maupun rintangan. Kita semua pasti sadar bahwa ketika mengalami suatu kemunduran berbisnis pasti terasa sangat meyakitkan. Namun demikian, ada sebagian pebisnis bereaksi negatif ketika mengalami kemunduran dan hambatan.

2. Jadikan Pesaing sebagai Sumber Pelajaran
Lebih baik jadikan pesaing sebagai sumber pelajaran daripada menjadikannya sebuah ancaman. Terlalu menghabiskan energi jika Anda hanya memikirkan pesaing sebagai ancaman. Jadikan pesaing Anda untuk memperkaya dan mempelajari lebih dalam tentang industri atau bisnis yang sedang Anda geluti.
Dengan mempelajari model bisnis dari pesaing Anda, Anda bisa memikirkan hal apa yang bisa membuat beda dan unik dalam bisnis Anda. Banyak pelajaran yang bisa Anda ambil dari pesaing, misalnya dalam branding, pemasaran, bisa mengajarkan kepada Anda berbagai teknik bisnis yang lebih baik.

3. Jangan Pernah Merasa Sempurna dalam Berbisnis
Perasaan sempurna hanya akan menghabisi bisnis Anda dengan perlahan–lahan. Ketika Anda merasa sempurna dalam segala hal, dengan sendirinya akan mematahkan usaha keras Anda untuk mencapai tujuan. Adalah suatu hal yang wajar jika Anda merasa berhasil dalam mencapai suatu target bisnis Anda.
Namun, jika Anda berhasil pada sebuah titik tertentu, seyogyanya Anda segera menentukan list tujuan target bisnis Anda yang baru. Jadi, ada baiknya Anda membuat target secara reguler untuk menghindari perasaan yang sempurna terhadap apa pun. Di sisi lain, ketika Anda tidak pernah merasa sempurna maka secara otomatis ada keinginan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

4. Kesalahan adalah Suatu yang Wajar dan Manusiawi dalam Bisnis
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, ungkapan yang patut di segala situasi dan kondisi. Jika Anda terjun dalam dunia bisnis, jangan pernah takut salah untuk melangkah. Jika memang nantinya langkah yang Anda ambil tersebut memang benar–benar salah, jadikan vitamin dan pelajaran untuk masa depan bisnis Anda. Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tidak pernah melangkah, pegang ungkapan itu.

5. Wirausaha adalah Sebuah Gaya Hidup
Jika Anda meyakini wirausaha adalah sebuah gaya hidup, passion atau kesukaan maka ketika dalam masa kegagalan pasti tidak akan ada pikiran untuk menyerah. Kegagalan hanyalah sebuah rintangan kecil sebagai penantang keberhasilan Anda. Gagal tentu tidak akan bisa Anda hindari begitu saja, tetapi jangan selalu mengkambing-hitamkan kegagalan hanya untuk berhenti menjadi seorang wirausaha.
Jangan pernah takut menghadapi kegagalan karena kegagalan adalah salah satu jalan yang akan mengatarkan Anda dalam kesuksesan. Saran yang bijak adalah jangan hanya menjadikan sebuah bisnis sebagai agen fianansial penopang ekonomi belaka. Dengan mengembangkan cara berpikir pengusaha yang baik, coba nikmati dan resapi lebih dalam sehingga menjadikan bisnis sebagai gaya hidup.

IDE BISNIS KELOMPOK

saat ini kami baru menemukan aplikasi jasa yaitu jasa pengantaran gas dan gallon dan belum membicarakannya lebih lanjut masalah ini akibat COVID-19

DAFTAR PUSTAKA

Rahayu , Ning 2017 “Lima Cara Berpikir Pengusaha Yang Harus Ditanamkan Sejak Memulai Usaha”  https://www.wartaekonomi.co.id/read157843/lima-cara-berpikir-pengusaha-yang-harus-ditanamkan-sejak-memulai-usaha (Diakses Pada 23 Maret 2020)
Anonim, 2016 “Kreativitas Dan Inovasi Kewirausahaan”  http://kesusastraanjepang.blogspot.com/2016/10/kreativitas-dan-inovasi-kewirausahaan.html  (Diakses 23 Maret 2020)
Nainggolan, Parlin 2015 “Kreativitas, Inovasi dan  Jiwa Kewirausahaan” https://www.kompasiana.com/parlin_nainggolan/5519462781331142769de0d2/entrepreneurship-kreatifitas-inovasi-dan-jiwa-kewirausahaan (diakses Maret 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar