Senin, Maret 16

MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN YANG KREATIF DAN INOVATIF



Nama: Febe Putrianne (41819010057)

      Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam arti tingkat hidup yang lebih baik lagi. Kewirausahaan sangat besar peranannya dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. menumbuhkan sikap kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan, yaitu selain menumbuh kembangkan jiwa wirausaha dan kompetensi kewirausahaan, wirausahawan juga perlu memiliki keterampilan khusus yakni managerial skill, conceptual skill, human skill, decision making skill, dan time managerial skill.

      Dalam menjalankan usaha, wirausahawan  harus memiliki skill (kemampuan) sebagai modal utama wirausawan dalam menjalankan usahanya, Tekad (kemauan) juga harus dimiliki oleh wirausahawan, karena jika tidak ada tekad maka usaha tidak akan berjalan dengan baik, Selain itu, modal juga harus dimiliki oleh wirausahawan sebagai aspek penunjang usaha dalam memulai suatu usaha. Target dan tujuan pemasaran juga sangat diperlukan seorang wirausaha dalam memulai dan menjala nka n suatu usaha. Serta tempat berwiraus a ha merupakan aspek yang juga harus dimiliki dan menunjang dalam berwirausaha dan menjadi bahan pertimbangan yang penting.

        Wirausaha yang sukses pada umumnya yang memiliki kompetensi yaitu seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan kualitas individu, yang meliputi sikap, motivasi, nilai serta tingkah laku untuk melaksanakaan pekerjaan/ kegiatan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah managerial skill, conceptual skill, human skill, decision making skill, dan time managerial skill.

       Managerial skill (keterampilan manajerial) merupakan kemampuan menjalankan fungsi- fungsi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan agar usaha yang dijalankan dapat mencapai tujuan. Secara garis besar ada dua cara untuk menumbuhkan kemampuan manajerial, yaitu melalui jalur formal dan informal. Conceptual skill merupakan kemampuan untuk merumuskan tujuan, kebijakan dan strategi usaha merupakan landasan utama menuju wirausaha sukses. Human skill merupakan keterampilan memahami, mengerti,berkomunikasi dan berelasi. Supel, mudah bergaul, simpati dan empati kepada orang lain adalah modal keterampilan yang sangat mendukung wirausaha menuju keberhasilan usaha. Decision making skill merupakan keterampilan merumuskan masalah dan mengambil keputusan. Wirausaha dituntut untuk mampu menganalisis situasi dan merumuskan berbagai masalah untuk dicarikan berbagai alternatif pemecahannya. Time managerial skill merupakan keterampilan mengatur dan menggunakan waktu. Pakar-pakar psikologi mengatakan bahwa salah satu penyebab atau sumber stress adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengatur
waktu dan pekerjaan. Seorang wirausaha harus terus belajar mengelola waktu. Keterampilan mengelola waktu dapat memperlancar pelaksanaan pekerjaan dan rencana-rencana yang telah digariskan.

KESIMPULAN
Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu, Orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan yakni mereka yang percaya diri, inisiatif, motif berprestasi, jiwa kepemimpinan, dan suka tantangan. Selain menumbuh kembangkan dan memiliki jiwa serta kompetensi kewirausahaan, wirausaha juga perlu memiliki keterampilan khusus, yakni managerial skill, conceptual skill, human skill, decision making skill, dan time managerial skill.

DAFTAR PUSTAKA
Ernani, H. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil (Creativity and Innovatio n Affects Small Enterprise Entrepreneurship). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 13, 8–16.  http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/download/316/276/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar