Selasa, Maret 24

Nama : Muhammad Rasyid Wahyu Pratama
Nim : 41319010014
Kode Pembisnis : Q08-RASYID

Macam - macam Ide Bisnis

1.  Makanan
        Sudah tak asing lagi dengan bisnis yang satu ini. Salah satu bisnis yang terlihat banyak peminatnya. Bahkan jika kita menyadari sepenuhnya, bisnis yang satu ini sudah menjamur kemana - mana. Dengan variasi yang berbeda - beda dan unik tentunya, mampu menjadi daya tarik seseorang untuk mampir dengan penuh penasaran. Namun jika kita sebagai pemilik tidak pintar - pintar untuk selalu memutar otak, maka bisnis ini tidak akan berjalan lama. Maksud dari memutar otak disini adalah sebagai pemilik harus mampu mengimbangi perkembangan yang terjadi. Bukan tidak mungkin makanan terdahulu akan laku keras di jaman sekarang, ketika pemilik bisnis ini mempu mengikuti perkembangan jaman. Ntah pemilik memoderenisasi produknya dengan variasi - variasi yang dibuatnya atau mungkin hanya mengganti nama produk tersebut sehingga memicu penasaran yang melihat namanya. Dan tidak menutup kemungkinan pula makanan - makanan modern yang muncul saat ini akan kurang laris atau laku, jika pemilik cenderung tidak memiliki cukup inovasi maupun kreasi yang menghiasi produknya, atau bisa kita sebut monoton. Karena pada dasarnya bisnis makanan ini membutuhkan tingkat produktifitas yang cukup tinggi, juga kreatif ,dan inovatif sebagai salah satu syaratnya. Karena dari segi persaingan pun, bisnis yang satu ini memiliki pesaing yang bisa dibilang sangat banyak. Apakah bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan ? jawabannya adalah Jelas sangat menjanjikan, yang terpenting adalah seberapa mampu pemilik menerapkan syarat-syarat yang disebutkan diatas tadi. prinsipnya adalah setiap hari seseorang perlu energi untuk beraktivitas. Dan karena setiap orang perlu energi, maka setiap orang akan mencari makanan dan memakannya supaya mendapatkan energi.



2.  Dropshipper
          Yang satu ini  adalah ide bisnis yang cukup simpel. Mengapa demikian, karena kita tidak harus mempunyai suatu produk untuk kita jual. Kita hanya memanfaatkan internet, lalu membantu memasarkan atau mempromosikan produk orang lain. Tentunya atas izin dari pihak yang akan kita bantu yaa. Dan jangan lupa untuk menaikkan harga dari harga aslinya. Cukup simpel bukan ?
Untuk memasarkan atau mempromosikannnnya, biasanya seseorang harus mempunyai akun disalah satu online shop jika ingin menjual di online shop.
Namun jika tidak, kita juga bisa menjual produk dengan memanfaatkan media sosial yang kita miliki. Menurut saya, bisnis ini juga lebih efesien waktu untuk menghasilkan pendapatan sampingan, dan tidak mengganggu kita dalam bekerja ( jika memiliki pekerjaan utama ). Untuk bisnis ini salah satu syaratnya yaitu :

a.  Selalu Update
     maksudnya, kita sebagai dropshipper harus selalu memantau apa saja yang saat-saat ini sedang dibutuhkan khalayak umum. Hal ini bisa membantu kita dalam memperoleh hasil yang maksimal sebagai dropshipper.

b. Memberi harga yang pantas atau pasaran
      Sebaiknya dalam memberi harga ada baiknya kita pantau harga pasaranya atau harga umumnya terlebih dahulu. Karena jika kita asal memberi harga dengan asumsi keuntungan bagi diri sendiri, maka kemungkinan besar apa yang kita promosikan atau kita pasarkan akan sia - sia.

c. Memiliki Relasi yang luas dan baik.
      Relasi juga merupakan faktor pendorong bisnis kita untuk maju. Siapa sangka ketika kita memiliki banyak teman yang mempercayai kita, mereka akan membeli produk yang kita pasarkan. Bisnis apapun itu pasti membutuhkan relasi atau bahkan menimbulkan relasi. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperluas relasi kita yaa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar