Senin, April 6

Define Bisnis Plan (Q14- FATUR)

NAMA  : FATUR RAHMAN (Q14-FATUR)
NIM : 41319010037
Define Bisnis Plan
Assalamualaikum wr wb
Saya disini akan memberitahukan define rencana bisnis.
Untuk apa saya melalukan define rencana bisnis?
Untuk mengetahui apa yang saya bisniskan dan keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis ini. Apakah saya bisa melakukan bisnis ini sampai jenjang ke depannya dan sanggup dengan resiko yang terjadi saat bisnis berjalan?
Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut.
Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja. Setujukah Anda dengan pernyataan ini? Menurut pendapat pribadi penulis, saya sangat setuju ketika berbisnis salah satu hal yang penting adalah jalankan atau just do it. Tetapi jalan tanpa rencana adalah perbuatan yang kurang bijak.
1. Ringkasan eksekutif
Bisnis yang saya jalankan yaitu dalam jasa memproduksi almet, jaket dan baju/kaos         
Visi : menjadikan usaha saya terkenal oleh kalangan masyarakat.
Misi : saya adalah Mempermudah orang – orang yang ingin mengeluarkan Kreativitas dari dirinya lalu dikeluarkan melalu media bahan, berupa baju, jaket dan almamater.
Tujuan : Memperoleh suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha saya dan mensejahterakan saya dan anggota bisnis saya, mengajak masyarakat untuk memakai produk yang kita tawarkan, dan memperoleh kepercayaan konsumen.
2. Analisis Pasar dan Pemasaran
Di Jakarta atau bahkan diIndonesia sudah banyak brand – brand atau produk yang menjual pakaian, tapi disini saya dan teman saya akan mempromosikan dengan menarik dan memberi harga yang dibawah rata – rata tetapi produk nya tidak murahan, dan kelebihannya desain sesuka hati.
3. Analisis Sumber Daya Manusia
Dalam bisnis jasa ini, kita hanya ber tiga dengan teman saya, satu diantaranya yang bisa mendasain, dan untuk promosi semuanya terlibat.
4. Analisis Keuangan
a. baju / kaos polos
- harga beli : kita beli lusinan jadi lebih murah, sekitar 100rb 3pcs
- harga jual : jual satuan 35rb (belum dengan desain)
b. Jaket dan almamater
- harga beli : kita beli lusinan, 120rb 1pcs
- harga jual :Jaket sudah termasuk desain kita jual : 150rb
Harga diatas bisa berubah, sesuai bahan, lusinan, ataupun satuan.
5. Rencana Pengembangan Usaha.
Rencananya kita akan menjual lewat media online. karena dengan jaman sekarang yang sudah maju, Dengan harga yang ditetapkan. Kita juga akan menawarkan ke masyarakat sekitar kita yang tidak menggunakan sosial media.

6. Risiko Usaha
Risikonya mungkin seperti keadaan saat ini, karena keadaan yang sekarang, konsumen jadi berkurang, karena harusnya kan ini sudah mau menjelang ujian nasional, biasanya siswa – siswa smp dan smk membuat baju atau pun almet untuk kenang – kenangan, tetapi karena adanya wabah virus ini jadi belum ada yang membuatnya, semoga wabah ini cepat selasai dan hilang aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar