Jumat, April 3

Define Rencana Bisnis

Dibuat oleh : Kresna Wijaya Kesuma (43118010252) @Q28-KRESNA

Pertama-tama yang saya lakukan untuk melakukan define rencana bisnis yaitu dengan mengetahui apa yang akan saya dan kelompok saya bisniskan dan apa keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis. Apakah saya mampu untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan dan untuk jangka panjangApakah saya sanggup dengan resiko-resiko yang akan terjadi pada saat bisnis itu berjalan?
Dan berikut merupakan pendapat saya tentang bagaimana melakukan dedine rencana bisnis , yaitu :
Pertama saya akan melakukan,


1)      Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan. Saya membuat sebuah usaha yaitu menjual makanan khas jepang yang Namanya mentai rice. Dan Salmon Mentai Rice sendiri adalah makanan sederhana yang biasanya bisa anda temui di restoran jepang. Salmon Mentai Rice kini menjamur di kalangan industri makanan jaman sekarang. Berbahan dasar ikan salmon yang merupakan jenis ikan yang banyak disukai semua kalangan, serta telur ikan dan mayonaise. Selain salmon mentai rice, banyak olahan makanan berdasar ikan salmon seperti salmon skin fried, salmon teriyaki tetapi karena makanan olahan ikan salmon biasanya hanya tersedia di restoran jepang membuat anda tidak bisa menikmati terus-terusan apalagi buat teman-teman yang tidak ingin keluar rumah atau hanya ingin makan siang di kampus atau kantor.

2)      Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kelompok pembisnis saya untuk  melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Dan yang kami terapkan dalam hal ini adalah yang pertama kami akan mencoba ide pemasaran yaitu tidak hanya melakukan pemasaran melalui dunia nyata saja, kami juga melakukan pemasaran di dunia online, misalnya melalui situs pertemanan (jejaring sosial) : facebook, instagram. Sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh para konsumen dan lebih menghemat waktu, tenaga dalam melakukan pembelian, dan untuk jarak yang jauh juga lebih hemat biaya menggunakan jaringan internet dibanding harus membeli ke tempatnya langsung

3)      Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing, karena saya baru memulai bisinis ini dan saya juga membutuhkan  orang yang ahli dalam bidang marketing biasanya cepat dapat  menarik konsumen.

4)       Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
Contoh :

No
Barang
Jumlah
Harga
Harga jual
Keuntungan
Waktu/hari
1
Mentai Rice (Salmon)
1
Rp.35.000
Rp.40.000
Rp.5.000
1

5)      Rencana Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar .
Rencananya kita akan menjual lewat online, karena dengan jaman sekarang yang sudah maju dan canggih tak mungkin para semua kalangan tidak mengetahui cara beli di online, seperti ig,fb dll.

6)      Resiko Usaha
Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait resiko atas bisnis kita, misalnya Persaingan juga merupakan sebuah risiko yang harus dihadapi. Ada banyak bisnis yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis milik Anda, sehingga risiko yang ada adalah persaingan. Bersainglah secara sehat agar kedua belah pihak tidak dirugikan. Maka dari saya dan kelompok membuat usaha usaha Mentai Wijayy ini agar tetap eksis dalam persaingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar