Selasa, April 7

Define terhadap ide bisnis

Untuk melakukan define rencana bisnis yaitu dengan mengetahui apa yang akan saya dan kelompok saya bisniskan dan apa keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis. Apakah saya mampu untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan dan untuk jangka panjang? Apakah saya sanggup dengan resiko-resiko yang akan terjadi pada saat bisnis itu berjalan?
Dan berikut merupakan pendapat saya tentang bagaimana melakukan dedine rencana bisnis , yaitu :
Pertama saya akan melakukan ,
1)      Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan. Saya membuat sebuah usaha yaitu menjual topi polos selain itu tidak hanya topi polosan saja , selain itu saya menjual topi dengan  dibordir atau disablon dengan design free . Jadi saya membuat usaha topi ini karena topi merupakan barang kegunaan yang dipakai sehari hari jika berada diluar rumah.  
Selain itu Jika saya dan kelompok pembisnis saya dalam mencari sponsor dana, ini bisa menjadi satu-satunya bagian yang mungkin dibaca oleh kreditor atau investor potensial. Jika bagian ini meyakinkan mereka bahwa perusahaan saya memiliki potensi, maka mereka akan membaca lebih banyak.
Sebelumnya, saya mendaftar Ringkasan Eksekutif terlebih dahulu karena muncul di awal dokumen, namun saya saat ingin menuliskannya setelah menyelesaikan keseluruhan rencana, atau setidaknya kembali ke situ dan  untuk memodifikasinya.
2)      Analisis Pasar dan Pemasaran
 Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kelompok pembisnis saya untuk  melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Dipasaran sendiri banyak orang yang suka sekali memkaia topi mulai dari kalangan para Mahasiswa atau masyarakat lainnya serta para perusaahaan yang menggunakan topi untuk para karyawannya sebagai identitas logo perusahaan. Tak lupa juga kami selalu mewarkan produk kami keruang lingkup para mahasiwa dan ruang lingkup organisasi perusahaan.
3)      Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing. Karena orang yang ahli dalam bidang marketing biasanya cepat dapat  menarik konsumen.
4)       Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
No
Barang
Jumlah
Harga
Harga jual
Keuntungan
Waktu/hari
1
kopi amorfo
1
Rp.12.000
Rp.17.000
Rp.5.000
1
5)      Rencana Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar .
Rencananya kita akan menjual lewat online, karena dengan jaman sekarang yang sudah maju dan canggih tak mungkin para semua kalangan tidak mnegetahui cara beli di online. Tentunya dengan harga yang beda saya dan para kelompok pembisnis saya juga akan menawarkan ke suatu perusahaan.
6)      Risiko Usaha
Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misalnya terdiri dari  risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya
.
Resikonya yag terdapat dari usaha bisnis saya yaitu mungkin ada kesalahan saat proses bordir topi atau salah warna topi saat proses pemesanan berlangsung .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar