Selasa, April 21

Design Thinking


5 Tahapan Design Thinking

Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Design thinking ini sangat berguna dalam mengatasi masalah kompleks dengan memahami kebutuhan manusia yang terlibat, dengan membingkai ulang masalah, dengan cara yang berpusat pada manusia, dengan menciptakan banyak ide dalam sesi brainstorming, dan dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan ide prototipe dan pengujian.
1. Emphatize
Tahap pertama ialah untuk mendapatkan pemahaman empatik dari masalah yang ingin dipecahkan. Pada tahap ini dilakukan pendekatan terhadap customer kita. Apa sebenarnya yang diinginkan oleh mereka. Hal ini dapat dilakukan terjun langsung ke lapangan bertemu dengan mereka melakukan wawancara dan dapat juga bertindak seolah menjadi mereka. 
2. Define
Informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize, dianalisis dan disintensis untuk menentukan masalah inti yang akan diidentifikasi. Tahap define ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah customer karena telah dilakukan penetapan masalah. 
3. Ideate
Tahap ini merupakan tahap untuk menghasilkan ide. Semua ide-ide akan ditampung guna penyelesain masalah yang telah ditetapkan pada tahap define. Penting untuk mendapatkan ide sebanyak mungkin atau solusi masalah di awal fase ide. Untuk tahap akhir ialah penyelidikan dan pengujian ide-ide tadi untuk menemukan cara terbaik untuk memecahkan masalah atau menyediakan elemen yang diperlukan untuk menghindari masalah-masalah yang nantinya terjadi.
4. Prototype
Pada tahap ini akan dihasilkan sejumlah versi produk yang murah dan diperkecil, atau fitur khusus yang ditemukan dalam produk, sehingga dapat menyelidiki solusi masalah yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Prototype ini dapat diuji dalam tim sendiri, atau ke beberapa orang lain. Ketika ada masukan maka dilakukan pebaikan lagi pada prototype ini, sehingga dihasilkan prototype yang benar-benar bagus.
OUTPUT DALAM BISNIS YANG KAMI JALANKAN
Saya selaku owner Dulce Dessert, akan menerapkan 5 tahap design thinking tersebut ke dalam bisnis saya. Untuk detail prosesnya, silahkan simak tulisan di bawah ini :

  1. Emphatize
Pada tahap ini dilakukan pendekatan terhadap customer. Apa sebenarnya yang diinginkan oleh mereka. Hal ini dapat dilakukan terjun langsung ke lapangan bertemu dengan mereka memberikan tester dan dapat juga bertindak seolah menjadi mereka. Agar permasalahan customer yang benar-benar ingin diselesaikan dapat berjalan dengan lancar.
  1. Define
Tahap define ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah customer karena telah dilakukan penetapan masalah. Artinya adalah setelah kita mengumpulkan informasi yang diberikan oleh customer melalui tahap emphatize, dianalisis dan disintensis untuk menentukan masalah yang akan diidentifikasi, layaknya kita harus menganalisis dulu informasi yang telah dikumpulkan. Dan juga pada tahap define ini seharusnya menjadi titik terang untuk menyelesaikan masalah dari customer karena sebelumnya telah dilakukan. Dan kemudian menganalisis masalah.
  1. Ideate
Dalam langkah menyelesaikan permasalahan yang telah dibahas pada tahap define, Dulce dessert memiliki beberapa solusi, yaitu memanfaatkan teknologi digital, terus berinovasi dan melakukan promo menarik, dan kami pun akan melakukan promosi melalui iklan di beberapa media sosial guna menarik perhatian dan mensugesti customer agar tertarik dengan dessert.
  1. Prototype
Dalam hal ini adalah customer Dulce Dessert , dapat memesan melalui akun instagram, Selain itu, akun Instagram ini juga digunakan dalam hal mempromosikan bisnis ini.
  1. Test
Kami sebagai pengelola akan mempromosikan Dulce Dessertmelalui akun instagram pribadi kami.
Setelah melewati 5 tahap design thinking, berikut yang dihasilkan oleh Dulce Dessert:
  1. Inovasi produk bisnis
  2. Memiliki visi misi dalam pengembangan bisnis
  3. Integritas
  4. Fokus pemasaran produk yang luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar