Jumat, Juli 16

Langkah Memulai Bisnis Kebugaran

Oleh : Suci Ratnasari(41120110075)

Kebutuhan masyarakat untuk hidup sehat semakin tinggi di tahun 2019. Beberapa memilih untuk mengonsumsi makanan sehat atau berolahraga, beberapa yang lain mungkin keduanya. Tuntutan kerja yang penuh tekanan, khususnya di perusahaan yang mengharuskan duduk dalam kurun waktu yang relatif lama, bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Kebugaran merupakan kebutuhan setiap manusia. Di tengah-tengah aktivitas sehari-hari, banyak orang pergi ke tempat fitness center terutama ketika hari libur.

Saat ini, kebugaran sudah menjadi gaya hidup. Hal ini terlihat dari munculnya klub-klub kebugaran. Beberapa tempat fitness sudah banyak bermunculan, di sekitar kampus, sekolah, permukiman penduduk, dalam hotel, apartemen, dan juga area perkantoran.

Jika Kamu ingin memulai bisnis dengan potensi yang menggiurkan, ini adalah industri yang bagus untuk dimasuki—pasar klub kesehatan dan kebugaran global diproyeksikan akan tumbuh pada tingkat 10,6% dari 2018 hingga 2023. Selanjutnya, menurut 2019 Laporan Global International Health, Racquet and Sportsclub Association (IHSRA), industri klub kesehatan Amerika Serikat menghasilkan rekor $32,3 miliar pada tahun 2018. Sebagai perbandingan, industri klub kesehatan Amerika Serikat hanya menghasilkan pendapatan $25,8 miliar pada tahun 2015.

Memulai bisnis kebugaran dalam 5 langkah

Bisnis kebugaran yang baik berpusat pada penyediaan peralatan yang sangat baik, instruktur profesional, dan pelatih pribadi. Tetapi memulai bisnis kebugaran membutuhkan lebih dari itu. Berikut adalah enam langkah yang harus Kamu ambil untuk memulai bisnis kebugaran Kamu.

Langkah 1: Tentukan jenis bisnis kebugaran yang ingin Kamu jalankan


Ada banyak jenis bisnis kebugaran di luar sana. Kamu dapat menjadi pelatih pribadi, mengajar kelas, atau mengoperasikan fasilitas Kamu sendiri. Ada pro dan kontra untuk masing-masing. Menjadi pelatih pribadi adalah usaha overhead yang rendah jika Kamu bertanya-tanya bagaimana memulai bisnis kebugaran tanpa uang, tetapi membutuhkan pengetahuan mendalam tentang teknik olahraga dan nutrisi. Mengoperasikan fasilitas, di sisi lain, membutuhkan banyak biaya, tetapi Kamu dapat mengkamulkan keahlian orang lain. Ada juga pilihan waralaba gym untuk dipertimbangkan ketika berpikir untuk memulai bisnis kebugaran. Waralaba populer termasuk Crunch Fitness, Planet Fitness, dan Pure Barre—Kamu bahkan mungkin mempertimbangkan untuk memulai kotak Crossfit.

Jika Kamu membutuhkan inspirasi untuk memulai bisnis kebugaran Kamu, berikut adalah beberapa opsi populer untuk dipertimbangkan:

  • Studio zumba
  • Terapi fisik
  • Kelas berputar
  • Gym angkat besi
  • studio yoga
  • studio pilates

Langkah 2: Dapatkan pelatihan




Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis kebugaran adalah mendapatkan beberapa pelatihan. Apakah Kamu ingin tahu cara memulai bisnis pelatihan kebugaran atau mengelola gym, Kamu harus memiliki latar belakang kebugaran agar orang-orang benar-benar berpikir Kamu tahu apa yang Kamu lakukan. Tempat yang bagus untuk mendapatkan kredensial termasuk National Strength and Conditioning Association (NSCA), American Council on Exercise, atau National Academy of Sports Medicine. Sertifikasi yang sah diakreditasi oleh NCCA (Komisi Nasional Lembaga Sertifikasi) atau DEAC (Komisi Akreditasi Pendidikan Jarak Jauh).

Tentu saja, pelatihan kebugaran bukan satu-satunya pendidikan yang Kamu perlukan. Kamu juga perlu melakukan banyak riset untuk mempelajari apa yang diperlukan untuk memulai bisnis.

Langkah 3: Tulis rencana bisnis


Langkah ini cukup mirip terlepas dari apakah Kamu memulai bisnis kebugaran atau jenis bisnis lainnya. Saat Kamu menulis rencana bisnis, ada banyak hal yang perlu Kamu sertakan. Kamu mungkin merasa terbantu menggunakan template rencana bisnis untuk memastikan Kamu mencakup semua basis Kamu.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat menulis rencana bisnis Kamu meliputi:

  • Analisis pasar
  • Siapa pesaing Kamu?
  • Rencana pemasaran dan penjualan
  • Rencana dan proyeksi keuangan

Kuncinya adalah memastikan ada kebutuhan untuk bisnis Kamu dan bahwa Kamu akan dapat menghasilkan bisnis yang cukup untuk terus beroperasi setelah Kamu berinvestasi begitu banyak untuk memulai.

Bagian penting lain dari rencana bisnis Kamu saat memulai bisnis kebugaran adalah memilih entitas bisnis Kamu. Mengingat sifat bisnis kebugaran, Kamu harus pergi dengan badan usaha yang menawarkan pemilik beberapa perlindungan dari kewajiban. Kemitraan tanggung jawab terbatas atau perseroan terbatas mungkin paling masuk akal bagi Kamu jika Kamu mencari perlindungan kewajiban.

Langkah 4: Dapatkan izin dan asuransi yang diperlukan


Mungkin ada lisensi dan izin bisnis tertentu yang diperlukan untuk mengoperasikan pusat kebugaran di negara bagian dan wilayah Kamu. Kamu harus memeriksa dengan kantor panitera kota, kota, atau kabupaten Kamu untuk memastikan Kamu mengikuti semua peraturan yang digariskan oleh berbagai lembaga pemerintahan Kamu untuk memulai bisnis kebugaran.

Satu izin yang pasti Kamu perlukan adalah sertifikat hunian. Sertifikat hunian menegaskan bahwa semua kode bangunan, undang-undang zonasi, dan peraturan pemerintah telah dipenuhi. Jika Kamu menyewa ruang olahraga Kamu, biasanya pemilik rumah bertanggung jawab untuk mendapatkan sertifikat hunian.

Mengoperasikan gym juga memiliki beberapa risiko yang mungkin tidak dimiliki oleh membuka bisnis lain. Orang-orang akan berolahraga, menggunakan peralatan, berjalan di sekitar hal-hal yang dapat membuat mereka tersandung, dan melakukan aktivitas berbahaya lainnya. Kamu pasti ingin memastikan bahwa Kamu mendapatkan asuransi bisnis kecil untuk sejumlah skenario sehingga jika terjadi sesuatu pada seseorang saat mereka berada di gym Kamu, bisnisnya ditanggung.

Kamu juga ingin dilindungi jika peralatan dicuri atau rusak. Kamu bahkan mungkin ingin mendorong instruktur yang Kamu sewa untuk mendapatkan asuransi juga.

Langkah 5: Dapatkan pendanaan



Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana memulai bisnis kebugaran tanpa uang, beberapa usaha tidak murah, tetapi Kamu memiliki opsi pendanaan yang mungkin cocok untuk Kamu. Menurut konsultan klub kesehatan Bryan O'Rourke, biaya mulai dari $30.000 tetapi dapat dengan cepat melonjak hingga $500.000. Terlebih lagi, memulai dan menjalankan bisnis kebugaran membutuhkan waktu—jadi Kamu harus memiliki sedikit uang.

Jika Kamu mencari pendanaan awal, ada beberapa opsi yang tersedia untuk Kamu, seperti pinjaman SBA , kredit lini bisnis, atau pinjaman pribadi.

Sebuah lini bisnis kredit akan memberikan Kamu akses ke uang yang Kamu bisa menarik dari jika Kamu membutuhkannya di hari-hari awal Kamu memulai bisnis kebugaran. Perbedaan antara jalur kredit dan pinjaman adalah bahwa sementara uang tersedia untuk Kamu, Kamu hanya perlu membayar bunga atas dana yang benar-benar Kamu tarik.

Ada juga pembiayaan peralatan olahraga , yang merupakan pilihan bagus lainnya jika Kamu bertanya-tanya bagaimana memulai bisnis kebugaran tanpa uang. Peralatan olahraga yang dibeli dengan hasil pembiayaan, pada gilirannya, akan menjadi jaminan atas pinjaman pembiayaan peralatan olahraga yang digunakan untuk membelinya.

Garis bawah

Memulai bisnis kebugaran membutuhkan banyak kerja keras. Tetapi jika Kamu berhasil, Kamu akan bergabung dengan industri yang sedang berkembang pesat yang membantu orang menjalani hidup mereka sepenuhnya.

Dikutip dari :

https://lifepal.co.id/media/mau-mendirikan-fitness-gym-ini-7-rahasia-biar-laris/

https://economy.okezone.com/read/2017/05/26/320/1700636/inspirasi-bisnis-buka-fitness-center-yuk-modal-tidak-lebih-dari-rp100-juta

https://www.nerdwallet.com/article/small-business/how-to-start-a-fitness-business


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.