Minggu, September 5

BISNIS USAHA MEMBUAT ANEKA SAUS DAN SAMBAL KEMASAN

 

Oleh : DIRAN

@S06-DIRAN

Email: chefdiran@gmail.com

Abstrak

Pada artikel ini  ini saya ingin menganalisa tentang bisnis usaha aneka saus/sambal botol, ada beberapa jenis sambal yang akan saya produk dan analisa diantaranya adalah: Sambal Ikan Roa, Sambal Ikan Peda, Saus Lada Hitam, Saus Cabe Dalam Minyak (Chilli Oil). Bahan dasar untuk membuat sambal itu adalah cabe dengan kualitas yang terbaik.

Kelebihan dari sambal dan saus yang akan saya buat adalah praktis, bisa di makan langsung dengan nasi dan bisa di untuk bumbu masak.

Kata Kunci: Sambal, Bumbu Masak, Saus

Pendahuluan

Pada saat ini banyak masyarakat yang sibuk dengan bisnis dan karirnya sehingga banyak yang tidak sempat memasak di dapur apalagi mengulek sambel dan pada akhirnya banyak yang memilih beli yang sudah jadi karena di nilai praktis. Sambal botol merupakan produk olahan dari agribisnis yang dari tahun ketahun makin berkembang.  Banyak orang mengkomsi sambal dan saus dengan cara membelinya dari toko-toko online maupun offline. Dengan maraknya trend ini saya akan berinovasi membuat beberapa jenis sambal yang akan di jual menggunakan botol kaca dan di harapkan bisa tembus pasar. 

Permasalahan

Masalah yang di hadapi terdapat pada proses yang harus berinvestasi alat-alat yang cukup mahal harganya, selain itu juga masalah tingkat ketahanan sambal itu sendiri, jadi harus di coba menggunakan campuran pengawet dan analisa agar aman di komsumsi. Selain itu juga harus di pikirkan strategi pemasaran yang kompetetif berdasarkan peluang pasar yangb ada bagi pemula seperti saya.

Pembahasan

Masyarakat Indonesia mayoritas menyukai makanan yang bercitara pedas, Seperti halnya dengan sambal. Banyak jenis sambal yang ada di Indonesia dan masing-masing daerah mempunyai cirri khas masing-masing, bahkan di tempat-tempat tertentu banyak toko yang menjual special sambal dan di jadikan buah tangan oleh masyarakat ketika hendak bepergian. Sambal sangat  di sukai lantaran rasa yang pedas dan mampu menggetarkan lidah. Selain itu sambal kemasan juga di nilai praktis dan mudah di komsumsi tidak pakai ribet, kapan dan di manapun berada sangat mudah untuk di dapatkan dan di nikmati. Maka dari itu peluang bisnis sambal / saus kemasan saat ini sangat bagus dan menjanjikan asalkan kualitas dan rasanya terjamin apalagi mempunyai rasa cirri khas.

Peluang bisnis  sambal kemasan

Di era globalisasi ini saya melihat peluang untuk bisnis sambal kemasan terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis sambal kemasan menjadi suatu pilihan bisnis produk sambal dalam bentuk kemasan yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut. Peluang untuk bisnis produk sambal dalam bentuk kemasan sambal kemasan masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja 

Prospek dalam menjalankan bisnis sambal kemasan

Prospek dalam bisnis sambal kemasan dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis sambal kemasan dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan olahan sambal kemasan memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis sambal kemasan yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Memulai bisnis sambal kemasan

Dalam memulai sambal kemasan bisa di mulai dengan skala kecil dan tidak memerlukan biaya investasi yang terlalu besar, yang penting adalah kualitas dan tampilannya bisa memikat pelanggan.

Pelaku bisnis sambal kemasan

Pelaku bisnis usaha sambal kemasan ini harus berpengalaman dalam mengolah dan membuat komposisi, jika tidak terlalu ahli maka harus mencari karyawan yang ahli agar bisa menjalankan usaha ini.  Bisnis ini di jalankan dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan.

Konsumen bisnis sambal kemasan

Di era globalisasi ini mencari konsumen sambal kemasan harusnya mudah, sambal yang  di suguhkan harus bersensasi nikmat yang disajikan sambal kemasan mampu memikat banyak orang. Konsumen sambal kemasan cukup besar dan tak terbatas dari semua golongan dan semua usia.

Bahan baku bisnis sambal kemasan

Bahan baku yang di gunakan adalah bahan baku yang di pilih dan di standarkan agar kualitas produk terjamin kualitasnya sebagai contoh, cabe harus yang tua dan merah, kualitas ikan harus rasa asinnya harus di jaga, tektur daging serta besar kecilnya di perhatikan, Begitu juga dengan bahan lain seperti Bawang merah dan Bawang putih. Untuk mencari bahan baku harus kerjasama dengan supplier atau pedagang dengan perjanjian kualiatas dan mutu yang di tentukan’

Peralatan bisnis sambal kemasan

Pada proses pembuatan sementara menggunakan perlenkapan sederhana di antaranya, mesin blender, mesin pedal sealer, wajan, kompor gas,Mixing Bowl, serbet, sendok, spatula, serta peralatan lainnya. Jika sudah partai besar bisa beli mesin seperti cooking mixer, Filling Mechine.

Lokasi strategis dalam berjualan sambal kemasan

Tahap awal produk bisa di titipkan di toko-toko, warung, minimarket, reseller dan juga bisa di jual melalui toko online, marketplace dan bisa jug adi pasarkan ke rumah makan.

Karyawan bisnis sambal kemasan

Karyawan dalam menjalankan bisnis sambal kemasan bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan. Nanti bisa di review perkembangannya jika jumlah permintaan bisa menambah karyawan lagi.

Strategi promosi bisnis sambal kemasan

Pemasaran bisnis sambal kemasan bisa dilakukan dengan membuat sample untuk testing yang di berikan kepada orang-orang sekitar kemudian bisa di buatkan kuesiner. Selain itu dapat memanfaatkan promosi melalui media sosial seperti faceboook, Instagram, Tiktok,  whats App, path, Twitter, dan lainnya. Sebaiknya juga mencetak brosur untuk di sebarkan.

Beberapa jenis sambal dan saus yang akan saya buat yaitu:

1.    1.  Sambal Ikan Roa

   

Sambal Roa ini merupakan ciri khas asal Manado, Namun sambal yang akan saya buat ini akan saya modifikasi cita rasa yang khas sesui konsep yang akan saya jalankan. Di buat dari bahan dasar cabe merah besar, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih dan pilihan ikan roa yang berkualitas tinggi serta bumbu special yang tentunya akan menambah kelezatan bagi konsumen yang mengkomsusinya. Alasan membuat sambal ikan roa adalah:

  • Untuk di komsumsi langsung untuk sebagai lauk sehingga bisa langsung di makan dengan nasi putih.
  • Bisa untuk tambahan masakan seperti tumis-tumisan, nasi goreng, mie goreng, kwetiaw goreng, Nasi Bakar dan lain-lain.

       2.    Sambal Ikan Peda

      

Sama halnya dengan sambal ikan roa, namun sambal ikan peda ini mempunyai ciri khas yang sangat berbeda di mana saya  menggunakan bahan tambahan kulit melinjo yang di olah secara baik sehingga menambah cita rasa yang unik pada sambal ini. Sambal yang satu ini juga bakalan menjadi favorit ubagi pecinta makanan pedas sedangkan aplikasinya sama seperti dengan sambal roa yaitu:

  • Untuk di komsumsi langsung untuk sebagai lauk sehingga bisa langsung di makan dengan nasi putih
  • Bisa untuk tambahan masakan seperti tumis-tumisan, nasi goreng, mie goreng, kwetiaw goreng, Nasi Bakar dan lain-lain.

     3.    Saus Cabe dalam Minyak (Chilli Oil)

         

Saus cabe dalam minyak (Chilli Oil) adalah sambal atau bumbu yang terbuat dari minyak kedelai, cabe merah kering , cabe rawit merah dan rempah-rempah pilihan. Sambal jenis ini biasa digunakan dalam masakan Cina, Timur, Asia Tenggara, dan di tempat lain. Ini sangat populer di masakan Cina barat seperti masakan Sichuan, masakan Hunan, masakan Guizhou, dan masakan Shaanxi di mana ia digunakan sebagai bahan dalam masakan yang dimasak serta bumbu. Kalau di Indonesia banyak di temukan di rumah makan Chinese food , Thailad, Korean, Japan, dan beberapa restaurant western. Dan saat ini sudah banyak di gemari masyarakat Indonesia dari semua suku dan golongan.

4. Saus Lada Hitam

Saus lada hitam ini terbuat dari lada hitam pilihan yang di campur dengan saus tomat, saus tiram, kecap manis, dan bumbu-bumbu rempah pilhan,yang di olah dengan komposisi yang di tentukan sehingga menghasilkan citrasa yang tinggi,  Kegunaan saus ini adalah buat campuran bumbu masak seperti masak daging, sayur, Pasta, Mie dan lain-lain agar menghasilkan masakan yang pedas dengan citarasa tinggi. Alasan membuat saus ini adalah untuk memudahkan konsumen memasak tanpa ribet.

MIND MAPPING


Kemasan

        Kemasan yang di gunakan adalah jenis glass jar 230 mm, kemasan ini dipilih karena isi tidak terlalu banyak sehingga memudahkan untuk penyimpanan dan mudah cara komsumsinya. Botol ini akan di tempel sticker merk dan intruksi penyajian serta komposisi. Pada bagian tutup akan di beri segel dengan menggunakan plastic shrink yang di panaskan agar aman dan terlihat rapi dan premium. Kemasan seperti ini umumnya muat sekitar 180 gr isi. Untuk proses pengisiannya sementara masih manual dengan cara mengisi dengan sendok sedikit demi sedikit.

Kesimpulan

Pada era globalisasi ini setiap tahun banyak perubahan, dengan demikian kebutuhan masyarakat serba praktis dan serba bisa, salah satunya adalah sambal kemasan, produk makanan dari produk agribisnis ini semakin berkembang, Dari tahun ke tahun makin meningkat sesuai pertumbuhan penduduk. Sambal kemasan banyak di cari karena praktis, dan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi sambal kemasan ini merupakan ajang peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Standarisasi, mutu dan kualitas merupakan suatu bentuk pelayanan pelanggan.

Terimakasih

Sukses selalu untuk kita semua

@S06-DIRAN

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.