September 26, 2021

PELUANG BISNIS BERBAHAN DASAR MELINJO

PELUANG BISNIS BERBAHAN DASAR MELINJO 

(@S16-ANGGA)
PENDAHULUAN : 
Melinjo atau belinjo (Gnetum gnemon Linn.) adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat.Melinjo dikenal pula dengan nama maninjo (bahasa Makassar), ku'lang (bahasa Selayar), belinjomlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), khalet (Bahasa Kamboja), bidau (bahasa Melayu Kapuas Hulu).Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah dan daunnya,terutama untuk dibuat panganan keripik yang disebut emping.

PEMBAHASAN : 

    Melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, ada individu jantan dan betina).Bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar.Batangnya kokoh dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga.Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis aril yang berdaging.

Tanaman melinjo dapat tumbuh mencapai 100 tahun lebih dan setiap panen raya mampu menghasilkan melinjo sebanyak 80 - 100 Kg, Bila tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian 25 m dari permukaan tanah.[

Tanaman melinjo dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) atau vegetatif (cangkokan, okulasi, penyambungan dan stek).

Tempat Hidup

Tanaman melinjo dapat tumbuh pada tanah-tanah liat/lempung, berpasir dan berkapur, tetapi tidak tahan terhadap tanah yang tergenang air atau yang berkadar asam tinggi dan dapat tumbuh dari ketinggian 0 - 1.200 m dpl. Lahan yang akan ditanami melinjo harus terbuka atau terkena sinar matahari, lubang tanam berukuran 60 X 60 X 75 cm, dengan jarak tanam 6 - 8 m.

Melinjo dapat ditemukan di daerah yang kering sampai tropis.Untuk tumbuh dan berkembang, melinjo tidak memerlukan tanah yang bernutrisi tinggi atau iklim khusus.Melinjo dapat beradaptasi dengan rentang suhu yang luas.Hal inilah yang menyebabkan melinjo sangat mudah untuk ditemukan di berbagai daerah kecuali daerah pantai karena tumbuhan ini tidak dapat tumbuh di daerah yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Di Indonesia tumbuhan melinjo tidak hanya dapat dijumpai di hutan dan perkebunan saja.Di beberapa daerah tumbuhan melinjo ditumbuhkan di pekarangan rumah atau kebun rumah dan dimanfaatkan oleh penduduk secara langsung.

Pemanfaatan

Melinjo jarang dibudidayakan secara intensif.Kayunya dapat dipakai sebagai bahan papan dan alat rumah tangga sederhana.Daun mudanya (disebut sebagai so dalam bahasa Jawa) digunakan sebagai bahan sayuran (misalnya pada sayur asem).Bunga (jantan maupun betina) dan bijinya yang masih kecil-kecil (pentil) maupun yang sudah masak dijadikan juga sebagai sayuran.Biji melinjo juga menjadi bahan baku emping.Kulitnya bisa dijadikan abon kulit melinjo.

Kandungan Nutrisi

Biji melinjo yang terbungkus aril.

Penelitian yang sudah dilakukan pada melinjo menujukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton yang amat efektif untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.

Di Jepang dilakukan penelitian dan dilaporkan bahwa melinjo termasuk tumbuhan purba yang secara evolusi dekat dengan tanaman Ginkgo biloba yang ada di Jepang.

Ginkgo adalah spesies pohon hidup tertua, yang telah tumbuh selama 150-200 juta tahun dan dipercaya sebagai tonik otak karena memperkuat daya ingat. Daun Ginkgo juga punya khasiat antioksidan kuat dan berperan penting dalam oksidasi radikal bebas penyebab penuaan dini dan pikun.

Sampai saat ini, doktor biokimia dari Osaka Prefecture University, Jepang telah mengisolasi dua jenis protein yang menunjukkan aktivitas antioksidan tinggi.Dari seluruh bagian tumbuhan melinjo yang pernah diekstraknya, mulai dari daunkulit batangakar, sampai biji, ditemukan protein paling potensial adalah dari biji.Riset menunjukkan aktivitas antioksidan dari kandungan fenolik ini setara dengan antioksidan sintetik BHT (Butylated Hydroxytolune).

Selain itu melinjo juga merupakan antimikroba alami.Itu artinya protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet alami makanan sekaligus obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri, Peptida yang diisolasi dari biji melinjo diindikasikan punya potensi aktif menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif.


    Selain disayur, buah melinjo juga nikmat dijadikan camilan. Itulah sebabnya, camilan Keripik Belinjo Gepeng berupa keripik juga laris manis di pasaran, bahkan banyak pesanan dari luar negeri. Namun produsen Keripik Belinjo Gepeng kini mengeluh soal mahalnya harga bahan baku. Siapa yang tidak kenal kudapan bernama Keripik Belinjo Gepeng. Apalagi menjelang lebaran seperti sekarang ini, Keripik Belinjo Gepeng adalah hidangan wajib yang harus tersedia di atas meja tepatnya di ruang tamu untuk sesuguhan para tamu. Menilik namanya bahan baku Keripik Belinjo Gepeng, memang dari buah melinjo atau nama lainnya adalah Gnetum gnemon linn. Buah melinjo yang bisa dibuat Keripik Belinjo Gepeng adalah buah yang sudah lama dan sudah tua. Pembuatan Keripik Belinjo Gepeng juga masih terkesan dengan pembuatannya yang sederhana, yakni satu atau dua buah melinjo digeprak hingga berubah mennjadi pipih kemudian

 dijemur hingga kering dan digoreng sebelum disajikan.


Peluang usaha bisnis Keripik Belinjo Gepeng

    Dari keseluruhan tanaman tersebut, daun dan biji melinjo menjadi dua bagian yang paling populer di tengah-tengah masyarakat kita. Daun melinjo identik dengan sayur asem yang mempunyai ciri khas yaitu kuahnya yang segar karena adanya tambahan asam, sementara biji melinjo juga sangat identik dengan Keripik Belinjo Gepeng. Namun untuk urusan tingkat kepopuleran, Keripik Belinjo Gepeng masih di atas ‘saudara kandungnya yaitu sayur asem’ tersebut. Setiap menyebut kata emping, sebagian orang langsung merujuk ke melinjo sebagai ‘kata lanjutannya’. Hal tersebut menandakan bahwa melinjo lebih identik dengan emping jika dibandingkan dengan sayuran asem.

Salah satu faktor penentu kelancaran sebuah usaha adalah lokasi penjualannya. Lokasi penjualan ini memang harus diperhatikan karena pemilihan lokasi yang tepat akan menunjang kelancaran usaha Keripik Belinjo Gepeng yang Anda jalankan. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis dan ramai, atau yang sering dikunjungi oleh masyakarat seperti di lokasi perbelanjaan seperti swaayan, supermarket, mall, pasar, dan lain sebagainya.

Proses pemasaran Keripik Belinjo Gepeng ini bisa Anda lakukan dengan memasarkan di berbagai pasar yang terletak di daerah-daerah ramai. Selain itu, untuk memasarkan Keripik Belinjo Gepeng juga bisa ditawarkan ke berbagai toko-toko dan warung makanan. Sebetulnya proses pemasaran Keripik Belinjo Gepeng itu bisa dilakukan dengan banyak cara, semua tergantung dari kreatifitas Anda, jadi bagi Anda yang ingin memasarkannya bisa memilih dengan cara yang diinginkan dan sekiranya bisa berkembang dengan mudah.

Cita rasa renyah dan gurih membuat Keripik Belinjo Gepeng menjadi salah satu camilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat Keripik Belinjo Gepeng banyak dikembangkan dengan berbagai inovasi, baik dari segi rasa, bentuk, maupun ukurannya. Untuk rasa, Keripik Belinjo Gepeng saat ini bisa diolah menjadi beragam pilihan menarik, diantaranya Keripik Belinjo Gepeng rasa manis, rasa pedas manis, rasa gurih asin, rasa pedas asin, dan rasa udang. Masing-masing memiliki cita rasa yang unik serta sensasi tersendiri bagi orang yang menikmatinya.

Meskipun proses produksinya masih sederhana, Keripik Belinjo Gepeng merupakan salah satu komoditas pertanian yang tinggi nilainya. Selain itu, potensi pasar Keripik Belinjo Gepeng ini juga luas. 

usaha emping pedas manis -Emping! Anda pernah mencicipi camilan yang nikmat ini? Emping merupakan salah satu camilan yang sangat digemari oleh masyarakat. Makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan melinjo ini disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Emping memiliki rasa sangat gurih dalam bahan utamanya. Emping dibuat dengan makanan yang menyerupai kerupuk. Saat diigigit emping akan berasa sangat renyah dan gurih. Dengan bentuk yang tipis ataupun tebal, emping memang menjadi salah satu camilan yang enak juga menjadi teman makan masakan berkuah seperti bakso ataupun mie ayam. Olahan emping memang dapat dibuat dalam berbagai olahan makanan yang salah satunya adalah emping pedas manis. Sebelum menjadi olahan emping pedas manis memang proses  pembuatan buah melinjo menjadi emping terkesan sangat unik. Dimana biji melinjo ini terlebih dahulu disangrai kemudian dikupas kulitnya lalu ditipiskan dengan dipukul menggunakan palu atau batu. Olahan emping yang dinamakan emping pedas manis ini kini sangat digemari masyarakat. Bahkan hampir setiap perayaan hari lebaran di setiap rumah-rumah seringkali menghadirkan emping pedas manis. Sajian emping pedas manis disajikan lantaran banyak yang menggemari. Selain itu emping pedas manis juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat, saudara ataupun teman. Meski harga emping pedas manis agak sedikit mahal namun penggemar emping pedas manis sangatlah tinggi. Walaupun harga emping agak sedikit mahal namun banyak orang yang ketagihan akan rasa emping pedas manis yang tak kalah lezat.

Banyaknya masyarakat yang ketagihan untuk mencoba olahan emping pedas manis. Membuat potensi usaha emping pedas manis begitu sangat bagus dan cemerlang. Tingginya peminat emping pedas manis menjadikan usaha emping pedas manis kini menjadi suatu ladang usaha yang sangat menjanjikan. Usaha emping pedas manis memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Peluang usaha dari emping pedas manis juga sangat bagus dan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin menerjuni usaha tersebut. Peminat emping pedas manis kini semakin besar sehingga potensi usaha emping pedas manis semakin sangat menjanjikan. Usaha emping pedas manis merupakan salah satu usaha camilan lezat yang menguntungkan yang dapat dipilih sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan bagi para pelakunya. Banyak orang yang menggemari olahan emping pedas manis, sehingga kedatangan emping pedas manis ini kini banyak dicari. Pangsa pasar olahan emping pedas manis menjadikan peluang untuk usaha emping pedas manis kini semakin berpotensi lebih menjanjikan. Usaha emping pedas manis menjadi salah satu usaha kuliner unik berbahan melinjo yang patut untuk diperhitungkan. Usaha emping pedas manis dapat dijalankan secara langkah yang mudah juga untung yang didapatkan terbilang sangat menggelegar. Jumlah penggemar emping pedas manis yang terbilang besar dengan tidak pula menurun menjadikan usaha emping pedas manis mendatangkan potensi yang besar dalam menggapai kesuksesan. Meski usaha emping pedas manis ini mulai banyak bermunculan di masyarakat namun penggemar emping pedas manis kini tak pula surut bahkan terus bertambah. Tingginya penggemar emping pedas manis, membuat usaha emping pedas manis ini berkembang pesat hingga sekarang.

Usaha emping pedas manis kini menjadi salah satu trend bisnis camilan menggoda yang menguntungkan. Banyak orang yang tertarik untuk menggeluti usaha emping pedas manis. Usaha emping pedas manis terbilang laku keras di pasaran sehingga hal wajar apabila usaha emping pedas manis kini tengah diburu masyarakat. Usaha emping pedas manis menjadi salah satu usaha camilan yang menjanjikan dengan laba yang patut diperhitungkan. Tak jarang pula banyak orang yang mencari peluang dari usaha emping pedas manis dan analisa usahanya untuk mengenal lebih dalam dengan usaha tersebut. Melalui artikel peluang usaha untuk emping pedas manis dan analisa usahanya, disini kami akan membahas tajam mengenai seluk beluk, prospek, dan juga analisa usaha emping pedas manis. Berbicara mengenai emping pedas manis tentu masih jarang usaha ini yang kini beterbaran di masyarakat. Hal ini tentu akan dapat membuka peluang dari usaha emping pedas manis akan semakin cerah dan sangat menguntungkan. Camilan dari melinjo yang terbilang laku keras dan sangat disukai oleh pasar begitupun dengan emping pedas manis dimana hadirnya makanan tersebut dalam usaha camilan akan lebih diterima masyarakat dengaan sambutan yang sangat positif. Peluang untuk usaha emping pedas manis menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan dapat dijadikan pilihan usaha menjanjikan. Hadirnya emping pedas manis kini semakin diminati masyarakat indonesia, rasa emping pedas manis yang lezat membuat makanan ini digandrungi oleh masyarakat. Tak hanya itu saja emping pedas manis juga menawarkan makanan yang sehat dari buah melinjo yang bagus bagi tubuh. Hadirnya emping pedas manis kini disambut sangat baik dengan prospek usaha yang cukup laris manis diserbu pasar.

Peluang dari usaha emping pedas manis

Peluang untuk usaha emping pedas manis terbilang sangat propektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha emping pedas manis menjadi suatu pilihan usaha olahan melinjo yang menguntungkan hingga banyak orang yang terpincut untuk menerjuni usaha tersebut. Usaha emping pedas manis menjadi suatu usaha camilan lezat yang menyajikan cita rasa nikmat, gurih dan menggoda juga peminatnya sangat tinggi, jumlah peminatnya yang melonjak menjadikan usaha emping pedas manis sebagai salah satu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang. Usaha emping pedas manis juga tidak mengenal waktu dan juga musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan diwaktu kapanpun. Usaha emping pedas manis juga menjadi salah satu usaha yang mudah dilakukan dengan keuntungan terbilang sangat fantatis. Peluang dari usaha emping pedas manis ini memang cukup mencenangkan juga sangat cocok menjadi pilihan bisnis yang cemerlang. Emping pedas manis saat ini mulai banyak dicari orang sebagai kudapan lezat juga sangat menarik sehingga usaha emping pedas manis kini laris manis di pasaran. Perkembangan usaha emping pedas manis yang dari waktu ke waktu menunjukan pertumbuhan yang cukup pesat dan bagus membuat usaha emping pedas manis patut untuk diperhitungkan. Apakah Anda berminat untuk menjalankan usaha emping pedas manis ini?

Prospek dalam menjalankan usaha emping pedas manis

Prospek saat menjalankan usaha emping pedas manis dapat dikatakan sangat bagus juga nampak cemerlang. Usaha yang menjual camilan emping pedas manis unik dan baru dengan rasa yang menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia memang beprospek cukup bagus apabila dijalankan di berbagai daerah Indonesia. Dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi membuat olahan emping pedas manis semakin menguntungkan juga akan disukai banyak orang. Meski bisnis emping pedas manis masih terbilang baru namun antusias masyarakat akan usaha emping pedas manis ini sangat besar. Hal ini dapat dilihat saat berjualan emping pedas manis banyak sekali konsumen yang berdatangan. Sehingga prospek usaha emping pedas manis sangat bagus dan cukup cemerlang. Pilihan usaha emping pedas manis tentu dapat diambil sebagai salah satu bisnis berprospek yang bagus.

Memulai usaha emping pedas manis

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai usaha emping pedas manis memang tidak begitu sulit. Dalam menjalankan usaha emping pedas manis dapat dijalankan dengan kebutuhan modal kecil, dimana usaha emping pedas manis dapat dijalankan dengan menjajajannya di rumah langsung dengan cara memanfaatkan perabot rumah tangga yang sudah ada sebagai keperluan produksi. Jika Anda menjadi yakin dan telah optimis maka usaha emping pedas manis akan dapat berpeluang besar meraih sukses. Anda tidak perlu sibuk untuk mencari modal tinggi untuk bisa tercimpung di dalam usaha emping pedas manis ini sehingga usaha emping pedas manis dapat dimulai dengan langkah usaha secara mudah.

Pelaku usaha emping pedas manis?

Peluang untuk usaha emping pedas manis ini bisa untuk dijalankan bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis camilan nikmat sukses juga cemerlang. Proses pengolahan emping pedas manis yang cukup mudah dan juga cara pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha emping pedas manis ini bisa dilakukan oleh siapapun. Usaha emping pedas manis bisa juga dijalankan bagi Anda semua yang ingin memiliki penghasilan yang menguntungkan dengan usaha tersebut.

Konsumen usaha emping pedas manis

Untuk mencari konsumen emping pedas manis memang tidaklah sulit, suguhan sensasi lezat dan rasa nikmat juga tampilan cantik emping pedas manis dapat memikat bagi banyak orang. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua akan banyak yang menyukai kelezatan yang ditawarkan di dalam sajian emping pedas manis. Jadi konsumen usaha emping pedas manis tidak terbatas sehingga makanan ini akan laris manis di pasaran.

Tempat strategis dalam berjualan emping pedas manis

Untuk menjual emping pedas manis, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai banyak orang. Usaha emping pedas manis dapat dijajakan dengan memilih tempat yang berlokasi ramai dengan banyak orang berlalu lalang juga kawasan padat penduduk. Anda bisa menjalankan usaha emping pedas manis ini di daerah pemukiman, kawasan atau tempat perbelanjaan atau mall, lingkungan kampus,  kawasan pabrik, area sekolah, dekat pasar, tempat hiburan dan wisata juga di pusat kota.

Bahan baku emping pedas manis

Dalam menjalanakan usaha emping pedas manis memang membutuhkan bahan baku untuk produksi. Pemilihan bahan baku emping pedas manis memang dapat dipilih dari bahan baku buah melinjo berkulitas bagus dan baik.

Harga jual emping pedas manis

Patokan harga untuk emping pedas manis dapat Anda buat dalam hitungan per kemasan dimana emping pedas manis yang enak dan menggoda dapat dibanderol dalam kisaran harga mulai Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

Strategi promosi usaha emping pedas manis

Untuk dapat menjalankan pemasaran usaha emping pedas manis memang bisa ditempuh dengan berbagai upaya yakni lewat promosi. Promosi emping pedas manis dapat dikeluarkan lewat mulut ke mulut, dimana olahan emping pedas manis harus diolah dengan enak sehingga disukai oleh banyak orang sehingga promosi bisa berjalan dengan sendirinya sehingga menjadi efektif dan juga banyak diperbincangkan banyak orang. Selain itu usaha emping pedas manis dapat dipromosikan dengan memanfaatkan adanya media social seperti penggunaan faceboook, email, whats upp, twitter, instagram, we chat,path, bbm, dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran emping pedas manis dengan membuat poster atau menyebarkan brosur. Selain gencar melakukan promosi Anda juga dapat meningkatkan pelayanan demi kenyamanan pelangan atau konsumen emping pedas manis dengan sering menghadirkan diskon atau produk baru.

Keuntungan dalam menjalankan usaha emping pedas manis

Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang dalam usaha emping pedas manis ini yakni merupakan olahan melinjo paling banyak dicari dan diburu oleh masyarakat, dengan kisaran harga yang murah serta mudah untuk dijangkau semua orang. Rasa emping pedas manis yang disukai banyak orang dengan rasa gurih, pedas, manis, enak dan lezat menjadikan peluang dari usaha emping pedas manis sangat cocok sebagai pilihan usaha makanan yang menjanjikan laba yang menggiurkan.

Kekurangan usaha emping pedas manis

Ketika Anda memilih menjalankan usaha emping pedas manis juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan. Diantaranya ialah produk emping pedas manis kurang begitu diminati masyarakat lantaran banyak masyarakat yang todak menyukai makanan ini lanataran dapat membuat asam urat dan linu menjadi kambuh. Namun hal ini dapat disiasati dengan Anda gencar melakukan promosi dan pemberitahuan mengapa produk emping pedas manis Anda layak untuk dikonsumsi.

emping pedas manis-tokomesinMantap memilih usaha emping pedas manis untuk menambah penghasilan Anda? Apabila Anda telah memutuskan untuk menjalankan usaha emping pedas manis memang menjadi pilihan yang tepat sebagai peluang olahan melinjo yang sangat menguntungkan. Rasa dari emping pedas manis sangat popular di tengah masyarakat tentu apabila Anda terjun dalam usaha emping pedas manis ini akan mampu memberikan profit mencenangkan. Peluang untuk usaha emping pedas manis memang masih sangat terbuka sangat lebar kepada siapa saja yang ingin menjalankan usaha tersebut. Peluang dari usaha emping pedas manis patut diambil bagi Anda yang butuh referensi peluang usaha dengan menjanjikan. Usaha emping pedas manis memang memiliki prospek usaha yang cemerlang untuk dijalankan sebagai suatu pilihan usaha potenisal saat jangka kedepannya. Dalam menjalankan usaha emping pedas manis memang diperlukan pula yakni modal supaya usaha bisa lebih maksimal. Pilihan usaha emping pedas manis ini memang tergolong membutuhkan modal yang tidak sangat besar.  Saat Anda hendak akan menjalankan usaha emping pedas manis, modal diperlukan untuk membeli peralatan mesin yang hendak akan dipakai juga membeli keperluan bahan baku emping pedas manis itu sendiri. Dengan mengandalkan modal terbatas, anda sudah dapat menjalankan usaha emping pedas manis dengan skala kecil. Namun bila anda lebih giat dan juga optimis untuk menjalankan usaha emping pedas manis ini maka usaha akan bisa meraih sukses dengan laba yang besar. Pangsa pasar untuk menjalankan usaha emping pedas manis memang cukup bagus serta sangat mudah diterima oleh masyarakat. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan bahan baku emping pedas manis ini memang dapat ditemukan secara mudah juga harganya sangat terjangkau. Jika anda berminat dalam menjalankan usaha emping pedas manis, maka sangat tepat jika anda bisa membaca artikel peluang dari usaha emping pedas manis dan analisanya yang kami ulas ini. Lewat artikel ini kami dapat mengulas peluang dalam usaha emping pedas manis dan analisanya secara rinci untuk memberikan anda menganai gambaran bagaimana jika anda menjadi pengusaha emping pedas manis yang sebenarnya.

Selain kami mengulas mengenai peluang bisnis emping pedas manis dan analisanya, kami juga akan membahas untuk analisa usahanya. Sebelum anda akan mengetahui detail dari peluang usaha lewat emping pedas manis dan analisanya ini, kami juga akan membahas tentang sedikit resep membuat emping pedas manis. Resep emping pedas manis sangat penting supaya untuk nantinya Anda bisa dengan mudah dalam menjalankan proses produksi emping pedas manis tersebut. Resep dalam membuat emping pedas manis begitu amat penting diperhatikan sebab daya beli dari masyarakat sangat bergantung terhadap rasa emping pedas manis yang hendak akan dihasilkan. Jika Anda mengolah emping pedas manis dengan langkah tepat tentu rasanya dapat enak dan banyak disukai masyarakat luas. Lantas Anda ingin tahu cara membuat emping pedas manis yang lezat ini? Silahkan anda dapat melihatnya melalui resep membuat emping pedas manis yang tersajikan di bawah ini:

Resep Membuat Emping Pedas Manis

Bahan Emping Pedas Manis :

  • 350 gr buah melinjo yang sudah bersih ( siap pakai )
  • 8 butir bawang merah ( haluskan )
  • 3 sendok makan gula merah
  • 1 batang serai ( memarkan )
  • 3 cm lengkuas/laos ( memarkan )
  • 5 siung bawang putih ( haluskan )
  • 3 lembar daun jeruk purut ( dicuci bersih )
  • 3 lembar daun salam ( dicuci bersih )
  • 5 buah cabe merah kering ( haluskan )
  • 2 sendok teh gula pasir
  • minyak untuk menumis secukupnya
  • air putih bersih secukupnya
  • garam secukupnya

Langkah Membuat Emping Melinjo Pedas Manis :

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk memuat emping pedas manis.
  2. Berikutnya dapat menghaluskan bumbu-bumbu kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga mengeluarkan aroma harum di atas api sedang.
  3. Selanjutnya masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan juga batang serai yang telah dimemarkan, lalu aduk hingga layu.
  4. Kemudian tambahkan air dalam tumisan dan biarkan agar bumbu menjadi mengental.
  5. Selanjutnya dapat memasukan biji melinjo yang telah digeprek lalu diaduk hingga melinjo terbalut rata dengan bumbunya, lalu dapat didiamkan hingga dingin.
  6. Jika telah dingin maka dapat memasukan emping melinjo pedas manis dalam toples.

Nah itu tadi mengenai resep emping pedas manis dengan cara pengolahannya yang memang terbilang tidak sulit dan ribet. Dalam pengolahan emping pedas manis, Anda dapat mengkreasikan olahan emping pedas manis dengan tambahan bahan lainnya agar memiliki ciri khas secara tersendiri. Adanya resep emping pedas manis maka Anda akan lebih mudah untuk mempraktekannya. Ingin segera dalam menjajal resep emping pedas manis tersebut di rumah! Bilamana Anda jago untuk membuat olahan emping pedas manis tersebut dan hasilnya sudah pas, maka Anda secara langsung dapat untuk menjalankan usaha emping pedas manis ini saat ini juga. Tidak hanya berbekal adanya pengetahuan mengenai cara membuat emping pedas manis saja jika Anda terjun langsung ke dalam usaha emping pedas manis. Namun Anda juga harus perlu ketahui analisa usaha emping pedas manis supaya lebih mengenal dan juga tahu berapakah anggaran biaya yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut. Analisa usaha emping pedas manis begitu sangat penting dibutuhkan sebagai suatu gambaran bilamana Anda nantinya ketika menjalankan usaha emping pedas manis tidak akan menemui kendala. Berapakah keperluan modal biaya yang diperlukan dan juga hasil laba yang didapatkan lewat usaha emping pedas manis tersebut. Dengan cara mengetahui analisa usaha emping pedas manis ini maka usaha yang hendak jalankan dapat berjalan lebih maksimal. Lantas bagaimana untuk analisa usaha emping pedas manis tersebut? Langsung saja silahkan Anda membaca analisa emping pedas manis yang kami muat lewat analisa usaha emping pedas manis yang terdapat di bawah ini :

Analisa Usaha Emping Pedas Manis

Asumsi

  • Masa penggunaan etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan kompor dan gas LPG selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin sangrai selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin hand sealer selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan wajan penggoreng selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin blender selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan spatula dan pengangkat gorengan selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan nampan dan serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan timba selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan meja selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan kursi selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pisau selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan timbangan selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan palu selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

PeralatanHarga  
etalase/gerobakRp.      2,381,250
kompor dan gasRp.         331,230
mesin sangraiRp.     4,303,200
mesin hand sealerRp.         381,480
wajan penggorengRp.        315,100
mesin blenderRp.        285,600
wadahRp.           81,300
spatula dan pengangkat gorenganRp.           92,450
nampan dan serbetRp.           43,500
timbaRp.           56,260
mejaRp.      1,017,350
kursiRp.         917,850
pisauRp.           49,580
timbanganRp.         198,310
paluRp.         170,120
Peralatan tambahan yang lainnyaRp.          56,750
Jumlah InvestasiRp. 10,681,330

 

Biaya TetapNilai
Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp. 2.381250Rp.          38,407
Penyusutan kompor dan gas 1/62 x Rp. 331.230Rp.            5,342
Penyusutan mesin sangrai 1/62 x Rp. 4.303.200Rp.          69,406
Penyusutan mesin hand sealer 1/62 x Rp. 381.480Rp.             6,153
Penyusutan wajan penggoreng 1/62 x Rp. 315.100Rp.            5,082
Penyusutan mesin blender 1/62 x Rp. 285.600Rp.            4,606
Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 81.300Rp.             1,848
Penyusutan spatula dan pengangkat gorengan 1/44 x Rp. 92.450Rp.              2,101
Penyusutan nampan dan serbet 1/44 x Rp.43.500Rp.                989
Penyusutan timba 1/44 x Rp. 56.260Rp.             1,279
Penyusutan meja 1/62 x Rp. 1.017.350Rp.           16,409
Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 917.850Rp.           14,804
Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 49.580Rp.              1,127
Penyusutan timbangan 1/62 x Rp. 198.310Rp.             3,199
Penyusutan palu 1/62 x Rp. 170.120Rp.             2,744
Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 56.750Rp.             1,290
gaji karyawanRp.       820,000
Total Biaya TetapRp.      994,786

 

Biaya Variabel
melinjoRp.  155,000x30=Rp.    4,650,000
bawang merahRp.   43,000x30=Rp.     1,290,000
gula merahRp.    40,500x30=Rp.     1,215,000
seraiRp.      5,500x30=Rp.       165,000
lengkuasRp.      6,300x30=Rp.       189,000
bawang putihRp.   38,000x30=Rp.     1,140,000
daun jeruk purutRp.      4,000x30=Rp.       120,000
daun salamRp.      3,800x30=Rp.       114,000
cabe merah keringRp.    31,000x30=Rp.       930,000
gula pasirRp.    23,500x30=Rp.       705,000
garamRp.      5,800x30=Rp.       174,000
minyak gorengRp.    32,500x30=Rp.       975,000
merekRp.    21,000x30=Rp.       630,000
pengemasRp.    13,500x30=Rp.       405,000
gas LPGRp.     17,500x30=Rp.       525,000
sewa tempatRp.    15,000x30=Rp.       450,000
air dan listrikRp.    14,500x30=Rp.       435,000
Total Biaya VariabelRp. 14,112,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel =Rp. 15,106,786

 

Pendapatan per Bulan
    49kemasanxRp. 12,500=Rp.      612,500
Rp.    612,500x  30hr=Rp. 18,375,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.    18,375,000 15,106,786=Rp. 3,268,214

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =Rp. 10,681,330:  3,268,214=           3bln

Berdasarkan atas deskripsi untuk perhitungan analisa usaha emping pedas manis yang tertera di atas, dengan menganalisa asumsi tersebut maka Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya yang bernilai Rp 10,681,330 yang dialokasikan untuk biaya investasi, serta anggaran alokasi pemakaian biaya tetap senilai Rp 994,786 untuk kebutuhan biaya variabel sejumlah Rp 14,112,000 serta anggaran Rp 15,106,786 untuk total biaya operasional. Lewat analisa usaha emping pedas manis ini dapat diasumsikan untuk waktu satu bulan totalnya penerimaan yang di dapatkan melalui penjualan emping pedas manis sebanyak 49 kemasan dalam sehari dengan dibanderol Rp 12,500 per kemasan akan memperoleh rata-rata penjualan emping pedas manis perhari dengan mengantongi nilai berjumlah Rp 612,500. Namun jika dihitung dalam waktu satu bulannya maka usaha emping pedas manis akan mendapatkan hasil Rp 3,268,214. Sehingga bisa dideskripsikan apabila usaha emping pedas manis sangat menguntungkan dengan harga nilai jual yang terjangkau. Supaya kembali modal berjualan dari emping pedas manis ini membutuhkan waktu selama 3 bulan.

mesin sangrai kopi kacangUsaha emping pedas manis ini tidak akan bisa berjalan maksimal dan lancar apabila tidak menggunakan mesin sangrai melinjo dalam membantu kinerjanya. Saat Anda menjalankan usaha emping pedas manis ini maka Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari mesin sangrai melinjo untuk memudahkan serta mempercepat produksinya. Untuk menjalankan usaha emping pedas manis, mesin sangrai melinjo ini memiliki kegunaan yang besar dalam membantu proses pengolahan emping pedas manis yakni memiliki fungsi dalam menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya untuk pengolahan emping pedas manis dengan cara yang mudah dan sangat gampang. Mesin sangrai melinjo menjadi salah satu mesin wajib untuk dipergunakan setiap pengusaha emping pedas manis, dimana hadirnya mesin sangrai melinjo ini mampu menjadikan jalannya produksi semakin tampil maksimal. Dalam proses pengolahan emping pedas manis, memang penggunaan mesin sangrai melinjo sangat penting diandalkan. Dimana proses dari menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya dengan mengaplikasikan mesin tersebut menjadi sangat cepat, praktis dan juga begitu lebih efektif. Bilamana dibandingkan proses menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya dalam kinerja manual, maka proses menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya dalam pembuatan emping pedas manis memerlukan waktu lebih lama, serta butuh tenaga yang ekstra, dimana proses menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya secara sederhana kurang efektif dan tidak efisien. Namun berbeda tidak dengan menggunakan mesin sangrai melinjo tersebut,  yang menjadikan proses dari menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya untuk pembuatan emping pedas manis menjadi lebih mudah dan dapat berjalan praktis. Dalam menjalankan usaha emping pedas manis, mesin sangrai melinjo memang sangat dibutuhkan. Mesin sangrai melinjo ini merupakan mesin yang berfungsi untuk menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya secara lebih mudah, cepat juga sangat praktis. Mesin sangrai melinjo mampu bekerja dengan hasil menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya lebih cepat matang merata, lebih higienis dan terjaga serta terlindungi secara baik. Mesin sangrai melinjo menggunakan asupan tenaga berkonsumsi listrik sehingga pengoperasiannya dapat berjalan otomatis. Sedangkan bahan bakar yang diguankan mesin sangrai melinjo ini menggunakan kebutuhan gas LPG. Bagi Anda yang mesin sangrai melinjo, maka Anda bisa menemukannya secara langsung di Toko Mesin Maksindo. Kualitas juga mutu mesin sangrai melinjo terbagus dapat Anda miliki bagi yang mendambakan kinerja proses dari menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya dapat bekinerja secara lebih lancar dan juga lebih menguntungkan. Mesin sangrai melinjo dari produk maksindo mengandalkan kualitas terbaik, hal ini bisa dibuktikan lewat penggunaan mesin untuk menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya yang menjadi pilihan semua orang. Toko Mesin Maksindo yang menyediakan mesin sangrai melinjo terbaiknya, selalu menghadirkan kualitas untuk kepuasan konsumen.

Demikian dari ulasan peluang usaha emping pedas manis dan analisa usahanya yang bisa dijadikan bahan referensi saat memulai serta menjalankan usaha tersebut. Tertarik untuk mencoba menjalankan emping pedas manis dengan peluang usaha yang cukup cemerlang? Usaha emping pedas manis tentu menjadi suatu pilihan usaha menggiurkan dan cukup menjanjikan. Dengan mengetahui tentang detail usaha juga gambaran usaha emping pedas manis maka Anda jadi mengerti dan paham seluk beluk dari usaha emping pedas manis tersebut. Hal ini begitu penting dibutuhkan agar saat menjalankan usaha emping pedas manis, Anda tak salah arah juga menjalankan bisnis dengan lancar. Dan jangan lupa supaya tetap menggunakan mesin sangrai melinjo hanya dari produk maksindo, jika Anda menginginkan usaha emping pedas manis dapat berjalan semakin lancar dengan proses produksi proses pembuatan emping pedas manis dengan menyangrai biji melinjo dan bahan lainnya lebih cepat matang merata dalam cara praktis, higienis juga sangat menguntungkan. Semoga untuk peluang usaha untuk emping pedas manis dan analisa usaha yang sudah dikupas diatas dapat menjadi bermanfaat. Usaha emping pedas manis tentu menjadi salah satu usaha yang menguntungkan juga sangat menjanjikan. Semoga informasi mengenai peluang usaha dari emping pedas manis dan analisa usahanya tersebut mampu bermanfaat serta berguna untuk memberikan kemudahan bagi usaha Anda semua.

KESIMPULAN : 

melinjo memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat.  Mlinjo ini ternyata kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat ketahanan tubuh dari radkal bebas.  Biji mlinjo ini pada umumnya oleh masyarakat sering dijadikan untuk bahan pembuatan emping. Biji melinjo selain dapat digunakan untuk bahan emping ternyata juga bisa diolh dengan cara direbus. aktivitas antioksidan dalam biji melinjo setara dengan vitamin C. Aktivitas antioksidan melinjo ini diperoleh dari konsentrasi proteinnya yang tinggi, yaitu 90-10 persen untuk setiap biji melinjo. Protein utama pada biji melinjo inilah yang dipercaya sangat efektif untuk menanggulangi radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, serta penuaan dini.
Sudah bukan hal

 yang asing lagi bahwa emping mlinjo ini memiliki rasa yang sangat kas yaitu memiliki rasa pahit. Namun dibalik cita rasanya yang pahit Anda jangan memandang sebelah mata sebab emping mlinjo ini jika diolah menjadi kerupuk cita rasanya enak dan juga gurih. Bagi masyarakat yang memiliki masalah kesehatan terutama asam urat memang sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi emping mlinjo. Mengkonsumsi emping mlinjo secara seimbang juga sangat bagus untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari emping melinjo ini adalah bisa meningkatkan stamina pada tubuh karena pada emping melinjo ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Olahan kerupuk emping mlinjo ini merupakan salah satu camilan yang banyak diminati oleh masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.


REFERENSI : 

https://www.tokomesin.com/peluang-usaha-emping-pedas-manis-dan-analisa-usahanya.html

http://www.camilannusantara.co.id/2017/05/peluang-usaha-bisnis-emping-melinjo.html

http://www.camilannusantara.com/

http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-emping-mlinjo-dan-analisa-usahanya.htm

https://bisnisukm.com/peluang-berbisnis-kerupuk-limbah-melinjo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.