Sabtu, September 25

“Pentingnya Penerapan Etika Bisnis Dalam Era Digital”

Oleh :

Debi kurniawan ( @S07-DEBI )

Abstrak; Pengelolaan bisnis dalam era digital seperti saat ini, tidak dapat dipisahkan dengan pentingnya penerapan dan pemahaman dari bisnis tersebut. Bagi masing-masing wirausaha, Etika bisnis merupakan satu cara, tentang bagaimana seorang wirausaha dalam melakukan kegiatan bisnis yang mencakup pada seluruh aspek, baik yang berkaitan dengan individu, perusahaan serta masyarakat.

Kemudahan mencari keuntungan yang baik dan benar dalam berbisnis dalam era digital seperti saat ini, tentu menjadi tujuan bagi setiap wirausaha, dimana terdapat banyak peluang serta kemudahan dalam menjalankan proses bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, dengan memiliki etika bisnis yang baik, perusahaan atau perorangan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai. Dan Ketika anda akan menciptakan etika bisnis, anda harus memulainya dengan perencanaan yang strategis, organisasi yang baik, dan sistem prosedur yang transparan. 

Kata kunci : Era Digital, Etika Bisnis, dan Wirausaha

Pendahuluan

Dalam dunia Bisnis sekarang ini, perkembangan teknologi sangat berkaitan erat dengan banyak model usaha, hal ini tentu sangat mempengaruhi budaya usaha, bagaimana seorang wira usaha dapat mengembangkan bisnisnya agar mendapatkan lebih banyak keuntungan dan pasar yang luas. Oleh sebab itu pentingnya pengelolaan bisnis yang tepat menjadi sebuah hal yang harus dijalankan, baik dalam proses bisnis yang berjalan bahkan sampai pada etika bisnis yang ada didalamnya. Etika bisnis yang baik tentu akan membuat perekonomian menjadi lebih mudah berkembang. Etika bisnis tersebut merupakan salah satu cara dalam melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek individu, perusahaan dan masyarakat.

Dalam era digital seperti sekarang ini, semua mengandalkan teknologi internet dalam berbisnis, baik dalam berdagang, jasa, keuangan atau dalam bertransaksi lainnya, tentu hal ini menjadi sebuah nilai positif yang terjadi dalam perkembangan ekonomi. Dimana semua kemudahan dapat terimplementasi dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan.

Dalam bisnis era digital yang semakin meningkat, tentu kegiatan tersebut dapat memacu lebih banyak persaingan didalamnya, dimana setiap, individu atau badan usaha berlomba-lomba untuk mendaptkan dan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, yang tentu akan menimbulkan mafaat dalam memberi nilai terhadap perusahaan dalam memajukan perusahaan atau non badan usaha.

Sebelum kita lebih jauh tentang pentingnya penerapan etika bisnis dalam era digital tersebut, kita tentu harus lebih dahulu tahu, apa definisi yang tepat dan seberapa penting penerapannya untuk menggambarkan hal tersebut.

Pengertian Etika Bisnis


Etika Bisnis adalah cara yang digunakan dan diterapkan dalam kegiatan bisnis, mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, individu, serta masyarakat.(Saban Echdar & Maryadi, business ethics and entrepreneurship, 2019).

Kegiatan bisnis yang berlandaskan etika adalah bisnis yang dilakukan berdasarkan metoda-metoda yang baik serta cara berfikir yang sesuai dengan logika dan estetika yang berkembang di masyarakat. Dengan demikian bisnis yang berdasarkan etika akan berjalan tanpa merugikan pihak lain.

Memahami apa yang benar atau salah dan dapat diterima atau tidak dapat diterima berdasarkan harapan organisasi dan masyarakat merupakan pengertian dari Etika Bisnis ( Linda Ferrell, & O.C. Ferrell (2009:6)).

Atau dengan kata lain Etika bisnis adalah Tindakan yang dilakukan dalam kegiatan dengan tidak menyalahi aturan organisasi dan masyarakat. Didalam etika bisnis, setiap kegiatan harus dalam keadaan wajar dan sesuai dengan norma dan etika yang berlaku dan setiap Tindakan yang dilakukan atas dasar moralitas dan prinsip kebenaran yang disertai dengan tanggung jawab oleh masing-masing individu, perusahaan atau non bandan usaha.

Pengertian Era Digital.

Secara umum, Era digital adalah suatu kondisi dimana kehidupan atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Dapat dikatakan juga bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar menjadi lebih praktis dan modern.

Dengan kata lain Era digital adalah masa Ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan system komputerisasi yang terhubung dengan internet.

Manfaat Etika Bisnis Dalam Era Digital

Dalam penerapannya, etika bisnis dalam era digital ini haruslah dapat berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada seperti perilaku jujur, adil, ramah, katepatan pada realisasi janji yang dilakukan, peduli terhadap pelanggan, menhargai kompetitor/pesaing, dan mematuhi regulasi hukum yang berlaku serta berdedikasi tinggi tehadap bisnis yang di geluti.

Selain itu, para pelaku usaha juga harus dapat merancang dan menerapkan aturan yang dapat merepresentasikan  citra perusahaan kearah yang lebih baik, sehingga nilai-nilai yang muncul terhadap kepercayaan pelanggan dapat menjadi lebih bernilai positif dan daya saing terhadapa bisnis yang dilakukan dapat berjalan dengn baik pula. 

Beberapa manfaat penerapan Etika Bisnis bagi sebuah perusahaan diantaranya:

1.      Perlindungan terhadap jaminan asset yang tetap terjaga

2.      Kerjasama tim yang semakin kuat

3.      Tingkat produktivitas yang semakin meningkat

4.      Citra merek ( Brand) dan perusahaan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

5.      Lebih mudah dalam pengambilan keputusan dan menerapkannya.

6.      Perusahaan akan ebih adaptif dalam menghadapi perubahan

7.      Lingkungan kerja yang nyaman

8.      Menciptakan suasana positif dilingkungan perusahaan.

9.      Permasalahan hukun yang semakin berkurang

10.  Mampu menuju tingkat kesuksesan yang baru.


Pentingnya  Etika Bisnis dalam Era Digital

Dalam era digital ini, etika bisnis hendaknya menjadi sebuah hal yang dapat menciptakan sebuah nilai atau citra terhadap suatu perusahaan yang menerapkan etika tersebut, dengan mulai melakukan perencanaan startegis, menciptakan kultur organisasi yang baik dan system prosedur yang lebih transparan. Selain itu aturan-aturan yang dibuat dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha dalam merepresentasikan manajemen bisnis dengan menerapkan etika yang baik. Serta dapat menghindari citra buruk terhadapa perusahaan seperti kepercayaan pelanggan, cara-cara yang kotor dan tidak terpuji.

Selain itu, era digital yang selama ini sudah menjadi tren di dalam masyarakat, tentu dapat menjadi sebuah peluang bagi banyak praktik-praktik usaha yang tidak terpuji atau Tindakan yang kurang bermoral, misalnya penipuan, mencuri data atau cara-cara yang kurang terpuji lainnya hanya untuk keuntungan semata. Dari hal itu, tentu sebagai pelaku usaha harus dapat mempelajari dan memahami pentingnya ber-etika bisnis yang baik demi menciptakan persaingan usaha yang baik pula.

Kesimpulan

Etika bisnis dalam era digital menjadi hal penting dalam kemajuan perkeonomian suatu negara, dimana penerapan-penerapan proses usaha berbasis digital dapat dengan mudah dikembangkan sehingga potensi pemasaran suatu produk dapat dengan mudah pula untuk dilakukan.

Manfaat yang ditimbulkan dalam penerapan etika bisnis dalam era digital ini yaitu setiap pelaku usaha/ bisnis dapat lebih peduli dengan kondisi ekonomi yang sedang berjalan, dimana banyak menciptakan persaingan usaha yang lebih sehat sehingga dapat menciptakan peluang-peluang bagi jenis usaha lain untuk ikut memiliki andil dalam perekonomian yang sedang berjalan.

Etika bisnis menjadi begitu penting karena hal tersebut merupakan acuan tentang cara dalam melakukan kegiatan usaha secara baik dan benar, terlebih lagi didalam era digital seperti sekarang ini. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi memaksa setiap pelaku usaha untuk dapat menyesuaikan bidang usaha mereka demi manfaat dan kemajuan usaha mereka sendiri.

Referensi

https://www.kompasiana.com/ridwan60247/5d398b630d82303f3a308b72/pentingnya-etika-bisnis-bagi-pelaku-pengusaha-di-era-digital-sekarang-ini?page=2&page_images=1

https://sinta.ristekbrin.go.id/assets/img/book/978_6025082801.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/mendidik-anak-di-era-digital/

https://www.kompasiana.com/koboi81/5dc3414b097f366281516f62/etika-bisnis-di-era-digital 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.