September 30, 2021

PERBEDAAN ANTARA KREATIVITAS DAN INOVASI

 PERBEDAAN ANTARA KREATIVITAS DAN INOVASI 

Oleh : Murdiono Deli  (@S03-MURDIONO)


Pendahuluan

Perubahan adalah hukum dasar, yang mengatur seluruh sifat. Di dunia yang serba cepat ini, teknologi berubah dengan cepat, yaitu tidak ada yang dapat meyakinkan Anda bahwa dunia akan sama, lima tahun kemudian, karena semuanya berubah dengan sekejap mata. Jadi, jika seseorang ingin mengikuti dunia, maka satu-satunya syarat adalah menjadi kreatif dan inovatif. Sementara Kreativitas terkait dengan 'imajinasi', tetapi inovasi terkait dengan 'implementasi' .

Perbedaan utama antara kreativitas dan inovasi adalah bahwa yang pertama mengacu pada gagasan segar atau rencana, sedangkan yang kedua menyiratkan memulai sesuatu yang baru ke pasar, yang tidak diperkenalkan sebelumnya. Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dua topik, dan perbedaannya, dengan bantuan artikel yang diberikan.

 

Definisi Kreatifitas

Kreativitas adalah karakteristik seseorang untuk menghasilkan ide-ide baru, alternatif, solusi, dan kemungkinan dengan cara yang unik dan berbeda.

Kreativitas adalah kemampuan untuk memahami sesuatu yang tidak terduga, asli dan unik. Itu harus ekspresif, mengasyikkan, dan imajinatif. Ini adalah cermin betapa indahnya seseorang dapat berpikir dalam keadaan apa pun.

Ini bukan genetik tetapi dapat dikembangkan jika seseorang terus belajar dan memahami hal-hal dengan persepsi langka dan eksklusif. Kreativitas adalah kegiatan brainstorming dan mind-blogging di mana seseorang harus berpikir di luar imajinasinya untuk membawa sesuatu yang berharga. Ini adalah kegiatan mengungkap sesuatu yang sebelumnya disembunyikan.

 

Definisi Inovasi

Inovasi adalah tindakan penerapan ide-ide baru yang menciptakan beberapa nilai bagi organisasi bisnis, pemerintah, dan masyarakat juga. Cara melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih cerdas adalah inovasi. Ini bisa menjadi pengantar dari:

  • Teknologi baru.
  • Lini produk atau segmen baru.
  • Metode produksi baru.
  • Peningkatan pada produk yang ada.

Inovasi terkait erat dengan kreativitas, yaitu menerapkan ide-ide kreatif ke dalam tindakan merupakan inovasi, yang konsekuensinya harus positif. Ini adalah proses melakukan sesuatu yang lebih baik untuk pertama kalinya, yang sebelumnya tidak dilakukan oleh entitas mana pun. Ini juga dapat disebut sebagai perubahan yang dapat membawa keunggulan baru pada kinerja dan produktivitas perusahaan. Ini adalah dua jenis yaitu evolusi dan revolusioner.

Perbedaan kunci antara kreatifitas dan inovasi

Berikut ini adalah perbedaan utama antara Kreativitas dan Inovasi:

  1. Kualitas memikirkan ide-ide baru dan mewujudkannya adalah kreativitas. Tindakan mengeksekusi ide-ide kreatif ke dalam praktik adalah inovasi.
  2. Kreativitas adalah proses imajinatif karena bertentangan dengan inovasi adalah proses yang produktif.
  3. Kreativitas tidak pernah bisa diukur, tetapi Inovasi dapat diukur.
  4. Kreativitas terkait dengan generasi ide yang baru dan unik. Sebaliknya, Inovasi terkait dengan memperkenalkan sesuatu yang lebih baik ke pasar.
  5. Kreativitas tidak membutuhkan uang. Di sisi lain, inovasi membutuhkan uang.
  6. Tidak ada risiko yang terlibat dalam kreativitas, sedangkan risiko selalu melekat pada inovasi.

 

Contoh

Penemuan sepeda motor adalah inovasi terbesar di atas skuter. Pada awal abad, orang biasa bepergian dengan skuter, di mana mereka harus melakukan banyak upaya untuk memulainya seperti mereka harus memukul tendangan dan lutut ke bawah dari kedua sisi jika tidak dimulai. Jadi, bertahun-tahun berlalu, dan tak seorang pun berpikir untuk menemukan sepeda. Penemuan sepeda motor membuat mereka menyadari bahwa mereka juga dapat mengendarai sepeda tanpa melakukan upaya ekstra, mereka hanya perlu mengklik sakelar dan mulai secara otomatis.

Dalam contoh ini, pemikiran penciptaan sepeda motor baru untuk bepergian adalah kreativitas, tetapi penemuan sebenarnya adalah inovasi.

 

Kesimpulan

Selalu ada perselisihan antara kreativitas dan inovasi karena keduanya penting bagi organisasi untuk bertahan lebih lama. Keberadaan keduanya bisa mengarah pada kesuksesan. Setelah diskusi besar, mari kita tahu bagaimana kita bisa kreatif - dengan mengajukan pertanyaan, menarik kesimpulan, bereksperimen & mengeksplorasi ide-ide baru dan memperluas bidang pemikiran. Untuk menjadi inovatif, seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengambil risiko, bereksperimen, mengajukan pertanyaan, dan mengamati berbagai hal.

 

Referensi

https://id.gadget-info.com/difference-between-creativity

https://www.linovhr.com/perbedaan-kreatif-dan-inovatif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar