Senin, Oktober 11

Business Realization

Nama                   : Alfian Adhar

Kode Pebisnis      : @S22-ALFIAN



Realisasi Usaha

 

              Ide-ide usaha banyak terdapat dalam fikiran manusia, namun terkadang ide-ide tersebut hanya sebatas angan-angan saja, tanpa adanya wujud yang bisa dirasakan hasilnya. Hal ini dikarenakan ide-ide usaha tersebut tidak di support dengan realisasi, sehingga hanya bertahan dalam angan-angan saja.

              Sebuah usaha adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil berupa keuntungan, namun keuntungan tersebut juga tidak selalu bisa didapatkan tanpa proses dan langkah-langkah realisasi yang baik. Terdapat beberapa tips untuk mewujudkan realisasi usaha yang baik, yaitu;

1.       Analisa situasi

Sebagai manusia yang memilik jiwa usaha, kita harus mampu membuka mata dan pikiran terhadap situasi yang sedang terjadi di masyarakat. Tentang apa yang menjadi permasalahan utama masyarakat dalam aktivitas sehari, dan mencari gambaran solusi sebagai peluang usaha untuk kemudian melayani ataupun menjawab kebutuhan permasalahan masyarakat.

2.       Tentukan target pasar

Ketahuilah bahwa suatu permasalahan dalam masyarakat bukan berarti seluruh masyarakat mengalami permasalahan yang sama, maka permasalahan yang akan dibuatkan solusinya belum tentu akan menjawab permasalahan lain. Maka di perlukan penentuan target, dengan memfokuskan masyarakat yang tergolong dalam suatu permasalahan tersebut.

3.       Tujuan Usaha

Setiap hal yang kita lakukan memiliki tujuan, termasuk usaha yang kita realisasikan. Dengan bentuk umum tujuan usaha yaitu mendapatkan keuntungan.

4.       Strategi dan Taktik

Strategi merupakan hal penting dalam menjalankan usaha, karena setiap sub-aktivitas nya memerlukan strategi untuk bisa berjalan lancar dalam mencapai tujuan. Seperti strategi marketing, pengingkatan jumlah keuntungan, dll.

5.       Pencatatan anggaran

Agar keuntungan dapat dilihat dan dirasakan hasilnya, pencatatan setiap anggaran perlu dilakukan untuk membandingkan antara pemasukkan dan pengeluaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.