Sabtu, Oktober 30

MENGOPTIMALKAN PENJUALAN DENGAN STRATEGI PEMASARAN

 

STRATEGI PEMASARAN

Oleh murdiono deli 41315120018 (@S03-MURDIONO)

 

 

 

PENDAHULUAN

Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsur penting dalam pengertian strategi,yaitu: kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Empat unsur tersebut, sedemikian rupa disatukan secara rasional dan indah sehingga muncul beberapa alternatif pilihan yang kemudian dievaluasi dan diambil yang terbaik. Rumusan strategi tidak selalu memberikan informasi apa yang akan dilakukan, mengapa dilakukan demikian, siapa yang bertanggung jawab dan mengoperasionalkan, berapa besar biaya dan lama waktu pelaksanaan, hasil apa yang akan diperoleh.

1. PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Ada beberapa definisi mengenai pemasaran dari beberapa ahli diantaranya adalah :

  1. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  2. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  3. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

2. PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran adalah suatu pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.Dan pengertian strategi pemasaran yang lainnya ialah suatu pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. Selain itu dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

2.2       Tujuan strategi pemasaran

Adapun strategi pemasaran memiliki tujuan diantaranya:

  • Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
  • Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
  • Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
  • Mampu meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika da perubahan-perubahan dalam pemasaran.

Dan pengertian strategi pemasaran yang lainnya ialah suatu pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. Selain itu dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

3. Fungsi Strategi Pemasaran

Dengan demikian adapun fungsi umum strategi pemasaran adalah

  • Dapat meningkatkan motivasi pengembangan serta manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan akan termotivasi untuk selalu memperbaiki pola pandang dan ukur masa depan dan mampu melihat pasar dimasa yang akan datang.
  • Untuk menghasilkan pemasaran agar lebih efektif. Biasanya dalam perusahaan memiliki tim tim khusus yang kinerja menjadi lebih efektif karena adanya target yang akan dicapai sehingga pekerjaan akan lebih tepat sasaran.
  • Berfungsi untuk merumuskan tujuan perusahaan. Dengan adanya ketentuan target yang jelas atau strategi yang jelas maka tujuan perusahaan akan lebih menemukan arah yang lebih baik
  • Dan dapat berfungsi sebagai pengawas dan pengendali kegiatan perusahaan. Strategi dapat dijadikan suatu sistem untuk mengukur tingkat kualitas pekerjaan dalam tiap-tiap anggota di perusahaan tersebut.

strategi pemasaran juga memiliki fungsi dan peranan dalam perusahaan antara lain

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antara individu ke dalam tim pemasaran.
  • Dapat berperan sebagai alat ukur hasil pemasaran produk dalam standart tertentu.
  • Juga dapat berfungsi sebagai dasar keputusan kebijakan dalam pemasaran produk.
  • Sebagai alat deteksi untuk tingkat beradaptasi terhadap suatu perubahan kondisi dalam setiap pemasaran

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat dijelaskan dan disampaikan dalam makalah ini  adalah sebagai berikut bahwa strategi pemasaran adalah sebuah teknik yang melahirkan sebuah perilaku atau kebijakan berdasarkan pertimbangan situasi secara makro dan mikro sebuah perusahaan. Segala perilaku di luar perusahaan juga menjadi pertimbangan strategi pemasaran.

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan siap bersaing dan memasarkan produk di pasaran dengan hasil yang maksimal. Dengan adanya strategi maka target pasar penjualan produk akan mudah dicapai.

Referensi

https://riverspace.org/-strategi-pemasaran/

https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran

https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.