Senin, Oktober 11

Miliki Tujuan yang Jelas Dalam Berwirausaha


Miliki Tujuan yang Jelas Dalam Berwirausaha

Oleh : Agustinus Kukuh M W (@S15_AGUSTINUS)

Email: august17.kukuh@gmail.com

Abstrak

Wirausaha bukan hanya tentang mendapatkan keuntungan lebih dari usaha yang sudah dibangun daripada nominal gaji kerja sebagai pegawai biasa. Faktanya dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat untuk menjadi seorang wirausaha. Di samping itu juga modal yang tidak sedikit termasuk risiko yang harus dihadapi oleh usahanya tersebut. Pastinya dengan pertaruhan yang tidak bisa dikatakan mudah tersebut tujuan orang berwirausaha bukan hanya sekedar untuk mendapatkan keuntungan atau uang lebih saja. Keberanian mengambil resiko sudah menjadi milik seorang wirausahawan. Karena ia dituntut untuk berani dan siap jika usaha yang dilakukannya tersebut belum memiliki nilai perhatian di pasar. Dan hal ini harus dilihat sebagai bentuk proses menuju kewirausahaan sejati. Salah satu tujuan kewirausahaan adalah inovasi. Inovator sendiri tak berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Melainkan bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Kata kunci: Tekad, modal, tujuan, inovasi.

Definisi Tujuan Kewirausahaan.

Menurut Tommy Suprapto, pengertian tujuan adalah pencapaian misi tertentu dan dapat dicapai dalam waktu singkat. Tujuan adalah pernyataan tentang keadaan di mana suatu organisasi atau perusahaan ingin mencapai ini dan pernyataan tentang keadaan organisasi di masa depan sebagai upaya bersama untuk itu.

Business Dictionary (Kamus Bisnis)

Berdasarkan dari definisi Kamus Bisnis, tujuan merupakan sebuah hasil akhir yang bisa untuk diamati dan juga diukur mempunyai satu atau lebih dari tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu yang dianggap lebih atau juga kurang tetap.

Sedangkan sasaran adalah penjabaran dari sebuah tujuan, mengenai tentang apa yang akan menjadi hal yang dicapai atau akan dihasilkan oleh sebuah organisasi atau suatu perusahaan di dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sasaran usaha ini harus spesifik dan sistematis, juga terukur,  dan mempunyai kriteria yang jelas, mempunyai indikator yang dengan rinci sehingga dapat tercapai dengan cara efektif dan juga efisien.

Tujuan Wirausaha yang Umum

Dalam memainkan usaha, ketika seorang wirausahawan membuat perencanaan, pasti memiliki tujuan. Besar ataupun kecil, kegiatan kewirausahaan adalah berdampak pada kehidupan. Tujuan kewirausahaan adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Munculnya Usaha-usaha Kecil

Saat ini, yang dibutuhkan adalah sebuah kegiatan kewirausahaan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Jika kegiatan ekonomi kerakyatan ini didukung penuh, maka lapangan pekerjaan baru akan terbuka, dan perekonomian masyarakat juga terbantu.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Lesunya perekonomian akibat pandemi, berakibat pada meningkatnya angka kemiskinan dalam masyarakat. Namun masih adanya beberapa kegiatan ekonomi yang berjalan, diharapkan mampu memberikan sokongan bagi perekonomian nasional.

3. Menumbuhkan Semangat Berinovasi
Salah satu tujuan kewirausahaan yaitu semangat inovasi. Ketika seseorang dalam kondisi suatu tekanan tertentu, kadangkala akan memicu semangat berpikir yang berbeda dengan sebelumnya. Tidak jarang, inovasi-inovasi baru akan muncul dari kondisi yang semacam ini.

4. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Seorang wirausaha tentunya memiliki jiwa yang kreatif, kompetitif, dan kaya akan ide, inovasi ataupun terobosan. Tujuan wirausaha yang satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang menginginkan sebuah pembaharuan atau terobosan dan ingin memiliki usahanya sendiri.

Tujuan Wirausaha Menurut Para Ahli

1. Josep Schumpeter

Tujuan wirausaha adalah mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

2. Kathleen

Tujuan wirausaha adalah menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

3. Stein dan John F. Burgess

Tujuan wirausaha adalah mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

4. Ahmad Sanusi

Tujuan wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

6. Richard Cantillon

Tujuan wirausaha adalah dapat meningkatkan sumber daya ekonomi dari produktivitas rendah menjadi produktivitas tinggi.

7. Soeharto Prawiro

Tujuan wirausaha adalah nilai yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.

8. Effendy

Tujuan wirausaha adalah melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

6 Strategi Bisnis Untuk Meencapai Tujuan Bisnis yang Lebih Efisien

Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar. Dengan meningkatnya persaingan, strategi dalam bisnis menjadi sangat penting untuk perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Berikut strategi bisnis yang memperhatikan efisiensi.

 


1. Identifikasi Masalah dalam Bisnis

           Jika kita sudah menemukan masalah yang membuat bisnis berjalan kurang efisien, maka telusuri penyebab dari masalah tersebut. Selanjutnya, kita dapat memutuskan untuk membuat strategi bisnis dengan melakukan perubahan pada sistem dalam bisnis. Namun, meskipun sudah membuat strategi bisnis yang efisien, tetaplah membuat rencana cadangan lain. Hal ini dikarenakan perubahan sistem atau strategi bisnis yang baru mungkin ada bagian lain yang tidak cocok dengan perubahan yang baru.

2. Libatkan Semua Pihak

           Ingat pepatah ‘dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua dan seterusnya’? Pada cara kedua ini, kita dapat mengikuti pepatah tersebut. Seperti hal tersebut, membuat strategi bisnis juga harus melibatkan semua pihak. Kita tidak mungkin mengetahui secara mendalam semua bagian di perusahaan. Tentunya ada pihak lain yang lebih profesional dalam bidangnya masing-masing. Sehingga saat akan membuat strategi bisnis yang efisien, bertanyalah kepada semua pihak yang terlibat.

3. Gunakan Integrasi Digital

         Melalui integrasi digital yang benar, harapannya akan meningkatkan efisiensi dengan berbagai macam cara. Dengan teknologi, kita akan lebih menghemat waktu. Dengan adanya teknologi, kini semua dapat diakses secara real time dan akurat. Dengan begitu, masalah akan cepat terdeteksi dan dapat diatasi dengan segera.


4. Membangun Komunitas

         Membangun komunitas yang dimaksud adalah membuat sebuah kelompok atau forum khusus konsumen dari produk atau jasa perusahaan kita. Maksud atau tujuan dari membangun komunitas ini yakni menciptakan komunikasi antara perusahaan sebagai pembuat produk atau jasa dan konsumen sebagai pemakai produk atau jasa tersebut. Mengingat kini era bisnis berfokus pada konsumen sentris, maka mendapatkan masukan dari konsumen merupakan sebuah aset. Maka pikirkanlah dengan bijak dan matang untuk membangun sebuah komunitas.

5. Berani Mengambil Risiko

            Setiap usaha pasti memiliki risiko. Risiko dalam sebuah usaha ini ada yang sifatnya bawaan dan ada yang tidak. Anda tidak mungkin menghilangkan risiko, maka hal yang dapat dilakukan yaitu tekan risiko yang mungkin terjadi dengan baik. Salah satu cara membuat strategi agar lebih efisien yaitu kita harus siap untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga. Oleh karena itu, kita harus berani untuk mengambil risiko.

6. Membagi Pekerjaan dengan Benar

             Bagi tipe pekerjaan dari besar ke kecil maupun sebaliknya. Pekerjaan besar akan membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Pekerjaan kecil membutuhkan ahli untuk diselesaikan. Dengan pembagian tersebut, tentu pekerjaan akan menjadi lebih ringan. Kita juga harus menganalisis setiap pembagian pekerjaan yang diberikan kepada karyawan. Lakukan analisis setidaknya minimal sebulan sekali kepada karyawan untuk mengetahui bagaimana proses atas pembagian kerja yang mereka dapatkan. Setelah itu, kita dapat melakukan evaluasi dan jika terdapat kekurangan, kita dapat membagi ulang beberapa pekerjaan.

Panduan wirausaha sangat dibutuhkan orang baru yang menjalankan usaha agar bisa menciptakan inovasi produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Tentu kita perlu kombinasi yang bisa menciptakan tren pasar baru ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Tugas seorang wirausaha adalah berhasil menciptakan inovasi melihat potensi pasar yang ada serta menilai kelebihan dan kekurangan produk atau jasa dari kompetitor.

 

Kesimpulan

Tujuan wirausaha, seorang yang berani mengikuti panduan wirausaha dan berhasil sukses bisa memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Manfaat wirausaha antara lain membuka lapangan pekerjaan baru, menampung dan memberikan gaji pada karyawan, bisa menjadi inspirator dalam pembangunan lingkungan dan kepribadian, bisa meningkatkan kepribadian yang unggul dan berdedikasi tinggi, dan bisa mendidik karyawan untuk bersikap jujur, kerja keras, tekun serta disiplin.

Selain itu, manfaat wirausaha bisa mendidik orang lain untuk memiliki sikap yang kritis, sanggup hidup efisien, sederhana, dan bisa mendorong kemajuan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Pembangunan ekonomi di negara Indonesia tidak akan sukses tanpa sokongan banyak pihak termasuk para wirausahawan yang mematuhi dan menerapkan panduan wirausaha.

Referensi

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bisnis-lebih-efisien/

https://quora.co.id/tujuan-adalah/

https://hot.liputan6.com/read/4631368/16-tujuan-wirausaha-menurut-para-ahli-pahami-lebih-jauh



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.