Senin, November 1

BISNIS MODEL CANVAS PADA USAHA TOKO BUNGA ROFE FLORIST

Direview Oleh :

Rohmah Fitriani @S14-ROHMAH

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Rangkaian bunga atau yang biasa disebut buket adalah kumpulan beberapa jenis bunga dan dedaunan yang disusun dalam bentuk yang kreatif. Karangan bunga dapat di rangkai untuk kebutuhan dekorasi rumah ataupun umum.

Karangan bunga diberikan sebagai bentuk ungkapan dan sebagai bentuk perhatian kepada orang yang dituju. Dari semua bahan yang digunakan dibentuk dan desain atau dikreasikan sehingga dapat menghasilkan rangkaian bunga yang indah.

Bunga selalu memiliki daya tarik untuk banyak orang. Sering kali kita merayakan momen tertentu dengan memberikan bunga untuk orang yang kita sayangi. Bunga memiliki simbol dan makna tertentu, sehingga bisa dijadikan pembawa pesan atau kesan tertentu. Memberikan bunga bisa dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang dan perhatian kita, seolah-olah bunga mampu mengekspresikan apa yang ada di hati.

1.2 Rumusan Masalah

a. Apa yang dimaksud dengan bisnis model canva?

b. Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan bisnis model canva?

c. Bagaimana cara membuat bisnis model canva?

1.3 Tujuan

a. Mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis model canva.

b. Mengetahui keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari mengguakan bisnis model canva.

c. Mengetahui dan mengimplementasikan bisnis canva pada usaha toko bunga

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Bisnis Model Canva

Bisnis model canva merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Konsep bisnis model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya.


 

a. Value Proposition
value proposition merupakan nilai jual produk/jasa sehingga konsumen memilih perusahaan Anda daripada kompetitor.

b. Customer Segment
Value proposition saling berkaitan erat dengan segmentasi konsumen. Target konsumen bisa dibagi menjadi berbagai segmen sesuai kebutuhan, contohnya, berdasarkan usia, gender, hobi maupun tingkat konsumerisme.

c. Customer Relationship
Di dalam customer relationship, dapat mengetahui cara apa yang paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen.

d. Channels
channel merupakan tempat pertemuan Anda dengan konsumen.

e. Key Activities
Key activities merupakan aktivitas bisnis Anda yang dijalankan sehari-hari agar dapat mencapai value proposition.

f. Key Resources
Agar tetap kompetitif di dalam industri bisnis yang Anda geluti, Anda membutuhkan sumber daya yang tepat karena ini adalah asset yang Anda miliki untuk mendukung aktivitas perusahaan. Beberapa contoh sederhana key resource adalah computer, ruang kerja, karyawan, kendaraan, listrik, dan lain sebagainya.

g. Key Partners
Dalam sebuah bisnis, membutuhkan partner kerja yang mendukung perusahaan Anda. Anda membutuhkan partner kerja yang dapat membantu Anda mencapai value proposition.

h. Cost Structurs
Cost structure merupakan skema finansial yang membiayai operasional perusahaan Anda. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan aktivitas perusahaan per harinya? Berapa biaya untuk sumber daya yang dipakai? Berapa harga pemasaran produknya?

i. Revenue Streams
Revenue stream merupakan sumber pendapatan perusahaan dari berbagai sumber, seperti hasil penjualan, dividen dan sebagainya.

2.2  Keuntungan Menggunakan Bisnis Model Canva

Mengingat ini adalah cara kerja yang cukup maju dan penuh inovasi yang relevan serta praktis, berikut beberapa fungsi adanya penerapan Business Model Canva (BMC) :

· BMC membantu memberikan gambaran singkat tentang model bisnis dan tidak memiliki detail yang tidak perlu dibandingkan dengan rencana bisnis tradisional.

· Sifat visual dari Business Model Canvas membuatnya lebih mudah untuk dirujuk dan dipahami oleh siapa pun.

· Lebih mudah untuk mengedit dan dapat dengan mudah dibagikan dengan karyawan dan pemangku kepentingan.

· Business Model Canvas dapat digunakan oleh perusahaan besar maupun perusahaan rintisan hanya dengan beberapa karyawan.

· Ini menjelaskan bagaimana berbagai aspek bisnis terkait satu sama lain.

· Anda dapat menggunakan template BMC untuk memandu sesi berbagi dan diskusi pendapat tentang mendefinisikan model bisnis Anda secara efektif.

2.3  Penggunaan Bisnis Model Canva (BMC)
Bagaimana cara Membuat Bisnis Model Canva? Ada sembilan blok bangunan dalam kanvas model bisnis dan itu adalah proposisi nilai pelanggan, segmen pelanggan, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, mitra utama, aktivitas utama, dan struktur biaya. Saat mengisi BMC, Anda akan bertukar pikiran dan melakukan penelitian pada masing-masing elemen ini. Data yang Anda kumpulkan dapat ditempatkan di setiap bagian kanvas yang relevan karenanya siapkan BMC saat Anda memulai membuatnya. Berikut ini adalah BMC yang diterapkan pada usaha Bunga Rofe Florist:


 

 


Mindmapping

 


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Bisnis model canvas merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan di dalam perusahaan karena dapat membantu memetakan bisnis secara terstruktur. Pelaku usaha dapat menggunakan bisnis model ini untuk mewujudkan ide-ide bisnis menjadi hal yang konkret. Dengan menggunakan model bisnis canva dapat memberikan manfaat berupa mempersingkat penulisan perencanaan bisnis, meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting perencanaan bisnis, mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis. Tujuan pembuatan BMC adalah membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti: umber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSAKA

Business, Markting. 2021. Business Model Canvas (BMC): Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya. Dalam: https://idcloudhost.com/business-model-canvas-bmc-pengertian-fungsi-keunggulan-dan-cara-kerjanya/ (Diakses 25 Oktober 2021)

Expert, Your Growth. 2021. Apa Itu Business Model Canvas Dan Mengapa Wajib Digunakan Setiap Pemilik Bisnis. Dalam: https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/  (Diakses 25 Oktober 2021)

LinovHR, Admin. 2020. Business Model Canvas : Pengertian dan Manfaat Bagi Perusahaan. Dalam: https://www.linovhr.com/business-model-canvas/ (Diakses 25 Oktober 2021)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.