Maret 24, 2022

KREATIVITAS DALAM BERWIRAUSAHA

 

KREATIV DALAM BERWIRAUSAHA

 

Oleh : DJALU TRISNA ALAMSYAH @U19-DJALU



 

A. PENDAHULUAN

Kreativ adalah kata sifat yang sering banyak orang ucapkan, kreativ. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita. Dalam hal berwirausaha sifat kreativ harus dimiliki.

 

B. PEMBAHASAN

Kreativitas berarti adanya ide-ide baru yang muncul ketika melihat sebuah kesempatan dalam dunia bisnis dan inovasi berarti bagaimana seorang pebisnis mencari solusi untuk mengembangkan ide kreatif yang dimiliki. Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting.

langkah awal kita yang juga menjadikan dalam pemikiran tersebut sebagai modal dalam menjalankan sebuah usaha. Tidak perlu materi hanya dengan bermodalkan ide-ide yang kreatif, inovatif dan unik bisa menjadikan sebuah usaha. Misalnya dengan memanfaatkan barangbarang bekas seperti kain-kain bekas atau perca dapat kita ubah menjadi suatu barang yang dapat menghasilkan daya nilai. Selain itu kita juga bisa menjadikan bakat kita untuk dapat berwiwausaha dengan memanfaatkan suatu aplikasi dan menjadikan aplikasi itu dapat dijadikan sebagai jasa dalam pembuatan design-design. Jadi bagi seseorang yang sedang merintis membangun sebuah usaha tidak perlu takut tidak memiliki modal dalam materi namun dengan bakat dan kemampua yang kita miliki termasuk modal dalam memulai berwirausaha. Pemerintah juga telah berupaya untuk bisa memberikan modal bagi mereka yang sungguhsungguh dalam menjalan usaha dan bisnisnya.

 

PENYELESAIAN MASALAH

Kreatif dan produktif dalam memikirkan,merekayasa, dan mempraktikkan pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada pembangunan nasional menurut amanat Undang-Undang Dasar 1945.(Ekonomi & Jakarta, 2016). Dengan adanya pembelajaran minat berwirausaha diharapkan dapat mengembangakan pola pikir masyarakat di Indonesia untuk bisa selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam merencanakan dan mambangun ide-ide yang unik agar usaha dan bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.

 

 

 

C. KESIMPULAN

“Pentingnya Kreativitas Dalam Berwirausaha” merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha dan juga bisnis. Dengan adanya inovasi baru dapat menjadikan seorang wirausawan dituntut untuk selalu berpikir menciptakan sebuah ide-ide yang baru dan yang belum pernah ada sebelumnya dan hal ini dangat berguna untuk mengembangkan usaha ataupun bisnisnya.

 

REFERENSI

MODUL KEWIRAUSAHAN

https://www.sodexo.co.id/kreativitas-dan-inovasi-dalam-kewirausahaan/

https://majoo.id/blog/detail/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-memenuhi-kebutuhan-pasar

menggali, potensi, kreatifitas, kewirausahaan - e-Prosiding ...

http://prosiding.unirow.ac.id 

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

https://www.journal.unindra.ac.id

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.