Maret 22, 2022

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

 

Oleh : Hildan Dwi Prasetyo (@U26-HILDAN)

 

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Abstrak

Artikel ini menjelaskan tentang Kreatvitas dan Inovasi yang berpengaruh dalam berwirausaha. Wirausahawan dituntut kreatif dan inovatif agar usahanya dapat berkembang dan bertahan di pasaran. Banyak manfaat yang kita dapat dari kreativitas dan inovasi yang kita ciptakan.

Kata kunci : Kreativitas, Inovasi, Berwirausaha.

 

Abstract

This article describes Creativity and Innovation that have an impact on entrepreneurship. Creative and innovative entrepreneurs so that businesses can develop and survive in the market. There are many benefits that we can get from the creativity and innovation that we create.

Keywords: Creativity, Innovation, Entrepreneurship.

  

I.               Pendahuluan

 

Salah satu kemampuan wirausahawan harus kreatif dan inovatif. Karena, Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting.

Berkembangnya suatu usaha juga karena adanya kreativitas dan inovasi pada sang wirausahawan. Menciptakan ide – ide lalu mengimplementasikannya pada produk atau jasa yang akan dijual dan akhirnya laku di pasaran merupakan kebahagiaan bagi para wirausahawan. Menjadi wirausahawan juga harus bisa menerima kritik dan saran dari konsumen, karena kritik dan saran dari mereka inilah kita dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang akan dijual selanjutnya. 

  

II.           Pembahasan

A.   Kreativitas dalam berwirausaha

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita. 

Enterpreneur merupakan sesorang yang memiliki kreativitas suatu bisnis baru dengan berani mengambil resiko dan ketidakpastian yang bertujuan untuk mencari laba dan pertumbuhan usaha berdasarkan identifikasi peluang dan mampu mendayagunakan sumber – sumber serta memodali peluang ini. Ada beberapa peran kreativitas dalam wirausaha yaitu :

§  Dalam hidup ini tidak selalu mulus, kita terkadang berbenturan dengan masalah, namun kita harus cepat tanggap seberapa besar kemampuan kita untuk memacahkan masalah tersebut, dengan cara berfikir kreatif untuk mencari ide atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut.

§  Kreativitas dalam mencari solusi, menghasil  ide – ide terobosan, dan dalam menjalankan tugas.

§  Dalam dunia bisnis persaingan adalah tantangan utama yang harus dihadapi, untuk menghadapi persaingan dibutuhkan kreatifitas untuk menghasilkan ide – ide dan produk yang unggul dibandingkan pesaing kita.

Kreativitas tidak dapat dipisahkan dari konsep perubahan (change). Kreativitas dibangun bagi perubahan. Kreativitas diperlukan untuk dan hanya untuk mengubah sesuatu. Dan perubahan itu saat ini sangat terlihat jelas dengan kemajuan teknologi dan informasi yang memacu tumbuhnya inovasi – inovasi yang kemudian muncul era ekonomi kreatif.

Ada beberapa modal kreatifitas yaitu :

-       Modal Insani (Human Capital) : modal intelektual berupa kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan motivasi untuk menghasilkan kekayaan intelektual seperti paten, merk dagang, royalty dan desain.

-       Modal Sosial ( Social Capital) : Modal kepercayaan dan kejujuran serta etika dalam menjalankan usaha.

-       Modal Budaya (Cultural Capital) : Modal yang dimiliki oleh seluruh bangsa bahkan perusahaan berupa: nilai – nilai , orientasi, kebiasaan, adat – istiadat dan bentuk lain dari budaya.

-       Modal Struktur Kelembagaan (Structural Institusional Capital) : Modal yang diperlukan yang berasal dari pemerintah dalam bentuk kebijakan.

Proses Kreatif :

Dalam berfikir kratif ada proses – proses yang harus di lalui, supaya dapat menciptakan ide dan mengimplentasikannya. Proses – Proses itu sebagai berikut :

1.     Persiapan

Langkah ini mencangkup mempersiapkan akal untuk siap berfikir kreatif, Pelatihan formal, pelatihan saat kerja, pengalaman bekerja dan mengambil peluang belajar lainnya. Pelatihan ini memberikan dasar cara membangun kreatifitas dan inovasi.

2.     Penyelidikan (Investigasi)

Melakukan penyelidikan atas hal yang akan dikembangkan.

3.     Transformasi

Dapat melihat dan memahami persamaan dan perbedaan yang ada pada informasi yang dikumpulkan.

4.     Inkubasi

Alam bawah sadar memerlukan waktu untuk merefleksi informasi yang dikumpulkan.

5.     Ilmunasi

Fase dalam proses kreatif ini terjadi selama fase inkubasi ketika terobosan spontan menyebabkan “bola lampu menyala”. 

6.     Verifikasi

Bagi wirausahawan, memvalidasi ide memastikan akurasi dan manfaatnya,  dijalankan dengan melakukan percobaan, menjalankan simulasi, menguji pemasaran produk atau jasa, menetapkan program pemandu dalam skala kecil, membuat prototype dan banyak kegiatan lainnya yang dirancang untuk memverifikasi bahwa ide baru tersebut bisa diterapkan dengan berhasil dan praktis.

7.     Implemestasi

Focus dari langkah ini adalah untuk mengubah ide menjadi kenyataan.

 

B.   Inovasi dalam Berwirausaha

Inovasi ialah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya. Inovasi sangat berguna di segala bidang kehidupan, oleh karena itu, memahami beberapa hal terkait inovasi memang diperlukan. 

Jenis – Jenis Inovasi  :

1.     Jenis Inovasi Terobosan

Dasar inovasi lebih lanjut dalam suatu bidang, inovasi tersebut harus sedapat mungkin dilindungi oleh paten yang kuat,rahasia perdagangan dan hak cipta. Inovasi terobosan meliputi berbagai seperti penisilin, mesin uap, computer, pesawat terbang, mobil, internet, dan nanotektologi.

2.     Jenis Inovasi Teknologi

Munculnya lebih sering bila dibandingkan dengan inovasi terobosan dan pada umumnya tidak berada tingkat yang sama dengan penemuan ilmiah dan kemajuan. Meski demikian, inovasi-inovasi yang sangat berati, karena inovasi tersebut benar-benar menawarkan kemajuan di area produk atau pasar.

3.     Jenis Inovasi Biasa

Merupakan inovasi yang paling sering muncul. Inovasi yang jumlahnya lebih banyak ini biasanya mengembangkan inovasi teknologi menjadi produk atau jasa yang lebih baik atau inovasi yang memiliki daya tarik pasar yang berbeda biasanya lebih baik. Inovasi ini berasal dari analisis dan daya tarik pasar, bukannya dorongan teknologi. Dengan perkataan lain, pasar memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap inovasi ( daya tarik pasar ) bila dibandingkan dengan teknologi ( dorongan teknologi ).

Cara Meningkatkan Inovasi

Untuk menghadapi dinamika perubahan dan kompetisi yang sangat tajam dan ketat dan demi keberangsungan hidup , maka setiap orang dituntut untuk dapat berfikir dan bertindak secara inovatif. Paul Sloane dalam sebuah tulisannya mengetengahkan 10 cara untuk meningkatkan inovasi, yakni:

1.     Memiliki Visi untuk Berubah

Jangan berharap suatu tim akan menjadi inovatif apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya.

Para pemimpin besar banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang . Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai visi dan tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.

2.     Memerangi Ketakutan Akan Perubahan

Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Mereka berusaha menggantikan kepuasan atas kemapanan yang ada dengan kehausan akan ambisi. Mereka akan berkata, ” Saat ini kita memang sedang melakukan hal yang baik, tetapi kita tidak boleh berhenti dan berpuas diri dengan kemenangan yang ada, kita harus melakukan hal-hal yang lebih baik lagi”.

Mereka menyampaikan pula bahwa saat ini kita sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika kita tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Mereka memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.

3.     Berfikir Seperti Pemodal yang Berani Mengambil Resiko

Seorang pemodal yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan portofolio, berusaha mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.

4.     Memiliki Suatu Rencana Usulan yang Dinamis

Anda harus memfokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat, setiap rencana mudah dilaksanakan, sumber tersedia dengan baik, responsif dan terbuka untuk semuanya. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada karyawan serta para senior harus memliki komitmen agar karyawan tetap dapat menjaga kesegarannya dalam melaksanakan setiap pekerjaan.

5.     Mematahkan Aturan

Untuk mencapai inovasi yang radikal, Anda harus memiliki keberanian manantang berbagai asumsi aturan yang ada di sekitar lingkungan. Bisnis bukan seperti permainan olah raga yang selalu terikat dengan aturan dan keputusan wasit, tetapi bisnis tak ubahnya seperti seni, yang di dalamnya memiliki banyak kesempatan untuk berfikir secara lateral, sehingga mampu menciptakan cara-cara baru tentang aneka benda dan jasa yang diinginkan para pelanggan.

6.     Beri Setiap Orang Dua Pekerjaan

Berikan setiap orang dua pekerjaan pokok. Mintalah kepada mereka untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari mereka secara efektif dan pada saat yang bersamaan kepada mereka diminta pula untuk menemukan cara-cara baru dalam melaksanakan pekerjaannya.

Doronglah mereka untuk bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya tujuan esensial dari peran saya? Hasil dan nilai riil apa yang bisa saya berikan kepada klien saya, baik internal maupun eksternal? Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan dan mencapai nilai atau tujuan tersebut? Dan jawabannya selalu mengatakan “YA”. Tetapi, kebanyakan orang tidak pernah atau jarang menanyakan hal-hal seperti itu.

7.     Kolaborasi

Beberapa eksekutif perusahaan memandang kolaborasi sebagai kunci sukses dalam inovasi. Mereka menyadari bahwa tidak semua dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pada sumber-sumber internal. Oleh karena itu, mereka melihat dunia luar dan mengajak organisasi lain sebagai mitra, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan keterampilan dalam team.

8.     Menerima kegagalan

Pemimpin inovatif mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Setiap orang harus dibelajarkan bahwa setiap kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan jauh menunju kesuksesan. Untuk menjadi orang benar-benar cerdas dan tangkas, setiap orang harus diberi kebebasan berinovasi, bereksperimen dan memperoleh kesuksesan dalam melakukan pekerjaannya, termasuk didalamnya mereka juga harus diberi kebebasan akan kemungkinan terjadinya kegagalan.

9.     Membangun prototype

Anda harus berani mencobakan suatu ide baru yang biaya dan resikonya relatif rendah ke dalam pasar (dunia nyata), kemudian lihat apa reaksi dari pelanggan dan orang-orang. Di sana sesungguhnya Anda akan lebih banyak belajar tentang dunia nyata, dibandingkan jika Anda hanya melakukan uji coba dalam laboratorium atau terfokus pada sekelompok orang saja.

10.  Bersemangat

Anda harus fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang Anda miliki akan menular dan mengilhami setiap orang. Tak ada gunanya jika Anda mengisi bus dengan penumpang yang selalu merasa asyik dengan dirinya sendiri. Anda membutuhkan dan menghendaki orang-orang dan para pendukung Anda dengan semangat yang berkobar-kobar. Anda mengharapkan setiap orang dapat meyakini bahwa upaya mencapai tujuan merupakan sesuatu yang amat penting dan bermanfaat.

 

C.   Manfaat Kreativitas dan Inovasi

Beberapa Manfaat Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Berikut ini, merupakan manfaat kreativitas dan inovasi dalam dunia bisnis, yaitu:

1. Memiliki Unique Selling Point (USP)

Sebuah bisnis yang dijalankan dengan kreatif dan inovatif maka akan membantu Anda dalam menemukan Unique Selling Point (USP) atau keunggulan yang dimiliki dari produk atau jasa yang ditawarkan. USP dapat menjadi alasan mengapa konsumen harus membeli produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan.

Untuk dapat menemukan USP ini, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa mencari tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. Dari data yang valid dari hasil riset pasar, nantinya Anda bisa menggunakan data tersebut untuk mengembangkan sebuah inovasi dan ide baru ke dalam bentuk bisnis yang dapat memenuhi permintaan pasar.

2. Mampu Bersaing dengan Bisnis Kompetitor

Persaingan bisnis sangatlah ketat dan hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan-perusahaan kecil seperti kegiatan wirausaha juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, setiap pebisnis dituntut untuk dapat berpikir kreatif dalam menemukan ide baru agar mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat. Selain itu, inovasi juga diperlukan agar Anda mampu mencari solusi baru yang mungkin saja belum pernah ditawarkan oleh kompetitor manapun.

3. Meningkatkan Penjualan

Di saat seorang pebisnis memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha yang dimilikinya, maka hasil akhir yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan penjualan. Bagaimana bisa terjadi peningkatan penjualan?

Sebagai contoh, ada pebisnis yang membuka sebuah warung dan hanya dapat diakses oleh warga sekitar. Namun setelah bekerja sama dengan berbagai mitra yang menyediakan layanan antar jarak jauh, pelanggan yang tinggal di wilayah yang berbeda juga dapat membeli dari warung tersebut sehingga penjualan dapat semakin meningkat.

4. Menciptakan Terobosan Baru

Inovasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam bisnis yaitu untuk dapat menciptakan terobosan baru sesuai dengan apa yang menjadi permintaan masyarakat. Anda dapat mencari hal baru yang mungkin belum ditawarkan oleh pebisnis manapun dan tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh orang atau setidaknya sebagian besar masyarakat.

5. Menarik Minat Konsumen

Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha adalah daya minat konsumen akan menjadi lebih tinggi. Konsumen pasti akan menuntut adanya suatu hal yang unik atau baru dari suatu bisnis agar mereka tertarik untuk selalu membeli produk atau jasa dari Anda.

Salah satu cara kreatif yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan melakukan kegiatan promosi seperti memberikan hadiah tertentu. Meskipun kegiatan promosi merupakan cara yang sering dilakukan oleh pebisnis, namun Anda dapat berkreasi dengan jenis hadiah yang diberikan kepada konsumen.


III.        Kesimpulan

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru.

Inovasi ialah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Salah satu kemampuan wirausahawan harus kreatif dan inovatif. Karena, Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting.

 

IV.         Referensi 

Modul 3 Kewirausahaan

https://www.sodexo.co.id/kreativitas-dan-inovasi-dalam-kewirausahaan/

https://www.gurupendidikan.co.id/kreativitas-dan-inovasi/

https://www.kompasiana.com/yupiter/5ceded27297d6877df44ed32/kenali-10-gagasan-agar-menjadi-pribadi-yang-kreatif-dan-inovatif

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar