Maret 18, 2022

MENGANALISIS PERMINTAAN PASAR

 MENGANALISIS PERMINTAAN PASAR

Dibuat oleh: Wildan Adi Surya

(@U48-WILDAN)



Pasar merupakan kumpulan konsumen potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu serta bersedia untuk turut serta dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan para konsumen.

Pada dasarnya tujuan dalam memasarkan produk, yaitu bila perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran.

Agar konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah analisis pasar.

Analisis pasar bertujuan agar target suatu perusahaan bisa berjalan dengan mulus dan berjalan sesuai yang direncanakan. dengan memperdalam mengenai status pasar dan juga perlu untuk menganalisa nya. Dan pada dasarnya konsep pemasaran untuk mengungkap suatu kebenaran dari suatu permasalahan. Berikut cara analisis pasar untuk mendapatkan target pelanggan baru :

Pengertian Analisis Pasar

Pengertian analisis pasar menurut para ahli komaruddin (2001) adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Namun secara umum pengertian analisis pasar adalah suatu penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Dalam analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.

Sebab dari itu seorang pengusaha, khususnya manajer pemasaran, yang ingin memajukan usaha perusahaannya, terlebih dahulu harus mampu menganalisis pasar dengan secara seksama dan teliti. Namun Dengan kata lain, keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang diterapkannya dengan dasar memperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasar nya.

Dan didalam menganalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif, perilaku, segmen pasar dan penentuan sasaran pasar nya. Adapun masalah yang perlu dianalisis didalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, serta peluang-peluang pasar.

Mengenai besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan para konsumen. Dan sedangkan mengenai ruang lingkup pasar, biasanya mencakup luasnya pasar, misalnya luas pasar menurut geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen, tingkat umur para konsumen, dan lain sebagainya.

Variasi Produk/Jasa dan Permintaan Pasar

Pemasaran sebagai suatu proses sosial yang didalamnnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain . Dengan itu dalam menjual produk/jasa harus memiliki jenis-jenis produk/jasa agar konsumen tidak merasakan kebosanan dan selalu mendapatkan inovasi baru. Menurut Kotler dan Keller (2008) variasi produk/jasa adalah kumpulan seluruh produk dan jasa yang ditawarkan penjualan tertentu kepada konsumen. Menurut Kotler (2009) variasi produk/jasa adalah sebagai bauran produk/jasa yang disebutkan juga dengan pilihan produk adalah kumpulan semua produk/jasa yang ditawarkan dan dijual oleh penjual tertentu. Sedangkan menurut Mikell P.Groover (2010) menyatakan bahwa variasi produk dapat diartikan sebagai produk yang memiliki desain atau jenis berbeda dan diproduksi oleh perusahaan. Variasi produk merupakaan yang membedakan produk antara perusahaan dikategori produk yang sama. Dengan adanya variasi produk/jasa tentunya mendapatkan permintaan pasar dari konsumen.. Dalam teori ekonomi mikro, permintaan adalah menerangakn tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Faktor-faktor terpenting dalam penentuan permintaan antara lain :

- Harga barang itu sendiri

- Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut

- Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat

- Ciri rasa masyarakat

- Ramalahan mengenai keadaan masa yang akan datang. Dalam analisis permintaan dianggap bahwa “permintaan suatu barang terutama sangat dipengaruhi oleh tingkat harganya”. Oleh sebab itu dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut, dengan asumsi bahwa “faktor-faktor” lain tidak mengalami perubahan” atau ceteris paribus. Bila harga suatu barang meningkat, maka kuantitas (jumlah) barang yang diminta akan berkurang atau menurun, dengan asumsi ceteris paribus berlaku. Munculah hukum permintaan, yaitu makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta, demikian sebaliknya, makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Pengertian permintaan pasar dalam wirausaha adalah jumlah permintaan individu di pasar pada harga tertentu. pengertian lain dari permintaan pasar adalah suatu kegiatan ekonomi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang ekonomi, perpaduan jumlah dan harga dari suatu barang yang dibutuhkan oleh para konsumen dalam berbagai tingkat periode dan suatu harga tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan pasar antara lain :

- Harga barang atau jasa

- Pendapatan pembelian

- Harga barang atau jasa yang terkait baik itu pelengkap dan dibeli bersama dengan barang lainnya atau barang pengganti dan dibeli bukan produk

- Harapan konsumen

5 Cara Analisis Pasar Untuk Mendapatkan Target Pelanggan Baru

1. Menentukan Pasar Yang Relevan

Ketika Anda ingin melakukan sebuah analisis pasar , langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pasar nya terlebih dahulu. Sebab  terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan begitu analisis setiap produk yang banyak konsumen Anda butuhkan. Utamakan memahami segala kebutuhan dan keperluan yang diperlukan oleh pelanggan, agar para konsumen puas akan produk yang Anda pasarkan.

Dan ketika Anda memulai suatu usaha, dengan Anda melakukan analisis pasar terlebih dahulu dengan cara memahami kebutuhan dan keperluan yang banyak di minati oleh banyak konsumen, Seperti yang banyak diminati oleh masyarakat, contoh analisis pasar produk makanan, dengan Anda menganalisis produk makanan yang sedang banyak diminati dan dicari oleh banyak konsumen maka dengan begitu Anda dapat menarik pelanggan baru untuk memulai usaha Anda.

2. Menganalisis Permintaan Primer

Menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan menjadi langkah kedua dalam menganalisis pasar. Permintaan primer ini mencakup beberapa hal, salah satunya adalah permintaan level kelas produk yang ada di dalam pasar.

Pada langkah ini perusahaan harus mulai bisa menggambarkan sekaligus mendefinisikan pembeli. Perusahaan harus bisa mengetahui siapa pembelinya, alasan membeli produknya, dan sebagainya.

3. Menganalisis Permintaan Selektif

Langkah ketiga adalah melakukan analisis permintaan selektif. Permintaan selektif adalah permintaan terhadap suatu merk atau produk yang spesifik dalam pasar. Mengapa pasar meminta merk atau produk tersebut, apa yang disenangi pasar atas produk tersebut, dan sebagainya.

Langkah ini juga akan memeriksa perbedaan, kebiasaan para pembeli, dan pola pembeliannya. Untuk mengetahui hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan strategi segmentasi pasar.

4. Menetapkan Target Segmen Pasar

Setelah melakukan analisis pasar relevan, analisis permintaan primer, dan analisis permintaan selektif, maka target pasar sudah harus diputuskan. Perusahaan harus bisa mengelompokkan berbagai konsumen dan target pasar nya ke dalam segmen-segmen tertentu.

Dalam menetapkan segmentasi pasar yang baik, ada beberapa ketentuannya. Segmentasi pasar harus mudah di jangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif, segmentasi pasar harus mudah diukur, dan sesuai dengan kelayakan pemasar.

Yang dimaksud dengan kelayakan pemasar maksudnya bisa mengukur segmentasi pasar sesuai dengan kemampuan pemasaran produk. Dan jika segmen yang di pilih memiliki banyak kendala, maka proses pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar.

5. Menilai Persaingan

Dalam proses pemasaran, sebuah perusahaan juga harus mampu membandingkan produknya dengan produk pesaingnya. Apa yang ditawarkan oleh produk dari pesaingnya kepada pasar, dan apa yang tidak ditawarkan produk pesaingnya kepada pasar atau bisa disebut sebagai blue ocean strategy

Dengan Anda melakukan analisis tersebut, Anda dapat melihat mana saja produk-produk yang dapat menarik banyak minat para konsumen. Dengan menganalisis pasar seperti ini, Kemungkinan besar dapat menarik para pelanggan baru dan keuntungan yang baru bagi bisnis Anda.

Manfaat Analisis Pasar

• Mudah Mendapat Konsumen

Salah satu manfaat dari analisis pasar adalah mudah mendapatkan konsumen. Kemudahan tersebut tidak datang dari langit. Namun berdasarkan kesimpulan dari analisis yang dilakukan. Salah satu kegiatan analisis pasar bisnis adalah mengenali keadaan konsumen dengan baik. Dimulai dari kebiasaan konsumen, kebutuhan konsumen, keadaan konsumen, dan lain sebagainya.

• Mudah Melihat Peluang

Memanfaatkan peluang jadi salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Untuk melihat peluang, seorang pengusaha harus mengetahui kondisi pasar. Pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen, produk yang berada di pasar, dan hal lainnya. Sebab dengan semakin berkembangnya suatu negara, maka semakin banyak keinginan bahkan produk yang ingin dimiliki.  Maka untuk dapat melihat kondisi tersebut Anda harus melakukan peluang dengan usaha Anda, dan peluang dapat Anda ketahui saat melakukan analisis pasar.

• Dapat Mengetahui Persaingan

Persaingan bisnis tidak mungkin dihindari dalam sebuah bisnis. Seorang pebisnis harus mampu bersaing dengan produk dari perusahaan lain. Jika tidak pandai membaca kelemahan dan kelebihan pesaing, produk Anda akan sulit berkembang. Dari permasalahan inilah analisis pasar sangat diperlukan. Pengusaha akan mendata segala hal tentang produk pesaing, Dari kelemahan sampai kelebihan produk.

• Mendapatkan Keuntungan

Dapat diketahui di dalam bisnis kita mengenal istilah bauran pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing mix. Istilah ini merupakan strategi pemasaran yang bisa membantu menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar keuntungan secara maksimal.

Namun terlebih dahulu Anda harus menerapkan dan melakukan sebuah analisis pasar pada bisnsi Anda, maka Anda akan mendapatkan sebuah keuntungan tersebut. 

Misalkan, jika data pasar telah didapat, data pesaing juga telah Anda ketahui, dan produk Anda telah disesuaikan, maka Anda tinggal memaksimalkan promosinya. Sebuah perusahaan yang memiliki data pasar dalam genggaman nya, maka potensi menguasai pasar akan lebih mudah. Dengan begitu keuntungan lebih cepat datang.

Daftar Pustaka

5 Cara Mudah Analisis Pasar Untuk Mendapatkan Target Pelanggan Baru (harmony.co.id)

Modul 03.docx (live.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.