Maret 10, 2022

TEAM BUILDING MENCIPTAKAN KERJASAMA TEAM YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Oleh : Kharis Febriansyach (@U38-Kharis)

 

PENDAHULUAN

             Pada dasarnya setiap manusia memiliki tujuan dan kesempatan untuk dapat mengubah derajat kehidupan. Asalkan manusia tersebut ingin berusaha dengan keras karena manusia mampu melakukan sesuatu yang mendatangkan keuntungan. Dengan kemauan yang keras untuk menggali segala potensi yang dimiliki semaksimal mungkin dan ide yang kreatif dan berinovasi. Kewirausahaan pada hakikatnya adalah sifat, ciri watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovativ kedalam dunia nyata secara kreatif.

            Untuk mencapai tujuan tersebut, tak heran jika para pekerja saling berlomba-lomba menghasilkan pekerjaan yang baik untuk usahanya. Selain bekerja secara individu, nyatanya bekerja dalam sebuah tim dengan rekan kerja atau team building.


PEMBAHASAN




             Team Building pada dasarnya adalah membangun sebuah tim dari nol. Tim tersebut dibentuk dari beberapa orang yang sebelumnya belum pernah berkumpul untuk membentuk tim satu sama lain. Sehingga, dalam membangun tim (Team Building) perlu proses yang tidak mudah.Team Building merupakan berbagai aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas. Dengan terbentuknya sebuah tim dalam melakukan suatu usaha dapat memudahkan suatu pekerjaan menjadi lebih efektif  dan efisien.

            Kerjasama tim yang baik dapat di pengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mewujudkan Kerjasama tim bukan hal yang mudah karna dalam satu tim terkadang terdapat beberapa individu. Setiap anggota tim harus menerima perbedaan satu sama lain dan komunikasi juga hal yang penting untuk mewujudkan kerja sama tim yang baik. Setiap anggota di bebaskan untuk mengungkapkan pendapat, ide dan solusi terhadap suatu masalah di sebuah usaha.

Alasan mengapa Kerjasama tim sangat penting dalam menjalanjan suatu usaha :

1)   *  Meningkatkan Kreativitas

2)   * Mendorong Inovasi

3)   * Membangun support Network

4)   * Memudahkan dalam menyelesaikan suatu problem

Kerja sama tim yang baik memungkinkan kerja dibagi dan didistribusikan dengan rata dan sesuai keterampilan masing-masing anggota tim. Dengan begitu setiap anggota tim bisa menghindari kewalahan dalam pekerjaan, dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih cepat dan efisien.

Langkah - Langkah yang efektif dalam menciptakan Kerjasama Team : 

1. Membentuk tim yang tepat

Langkah pertama ini sangat krusial karena pemilihan personil yang tepat dalam sebuah tim menentukan keberhasilan pelaksanaan kerja tim itu sendiri. Dalam hal ini terkait dengan kepribadian, kompetensi masing-masing personil yang akan disatukan dalam satu tim. Komposisi personil harus mempertimbangkan tingkat kematangan emosional anggota tim agar konflik dapat teratasi secara professional.

2. Menetapkan tujuan dengan tepat

Penetapan tujuan disini dilakukan mulai dari tahap pemberian arahan oleh ketua tim atau leader kepada anggota tim dengan mempertimbangkan kekuatan individu masing-masing dan latar belakang kinerjanya. Sebagai leader, arahan yang diberikan harus jelas sehingga anggota tim dapat memahami tujuan dengan baik sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efektif dan efisien.

3. Menerapkan akuntabilitas tim

Cara ini dinilai efektif dalam hal meningkatkan produktifitas suatu tim dengan selalu membuat pertanggungjawaban atas setiap kegiatan individu dalam tim. Penerapan prinsip akuntabilitas ini memastikan setiap anggota tim mendapatkan tugas dan berkontribusi secara adil sesuai dengan beban kerja dan tenggat waktu yang direncanakan.

4. Membina dukungan antar anggota tim

Dalam sebuah tim, peran leader diperlukan untuk menggerakkan dinamika tim yang mengarah pada peningkatan produktifitas dan kualitas pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri akan adanya konflik dalam pelaksanaannya, namun dengan kemampuan leader yang baik akan mampu mengendalikan situasi kerja yang kondusif antar anggota demi tercapainya tujuan tim.


DAFTAR PUSTAKA

Modul 1 Kewirausahaan 1

https://www.ekrut.com/media/mudah-ini-7-tips-membangun-kerja-sama-tim-yang-baik

https://www.cermati.com/artikel/kenali-manfaat-dan-tips-membangun-team-building-agar-karir-melesat

https://core.ac.uk/download/pdf/299928788.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar