April 12, 2022

MEMBANGUN LEADERSHIP DAN MANAGEMENT SKILL YANG BAIK UNTUK PERUSAHAAN

 Rizky Dimas Dhayana

@T24-Dimas

 

A.           Konsep Leadership

Kepemimpinan memainkan peranan yang penting dalam sebuah organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh sumber daya yang ada di dalam organisasi tersebut. Di samping itu faktor yang sangat berperan penting adalah faktor kepemimpinan.

Peran utama seorang pemimpin adalah mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Pengembangan organisasi sendiri merupakan suatu kegiatan mengadakan perubahan secara berencana yang mencakup suatu diagnosa secara sistematis terhadap sebuah organisasi. (Tambunan, Toman Sony. 2015)

Seorang pemimpin harus ikut aktif dalam mengatur pelaksanaan kegiatan usaha pengembangan organisasi. Keberhasilan kegiatan usaha pengembangan organisasi sebagian besar ditentukan oleh kualitas pemimpinnya dan komitmen pimpinan pucuk organisasi dalam menjalankan organisasi tersebut. Kepemimpinan merupakan suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin organisasi. Efektivitas seorang pemimpin ditentukan oleh kepiawaiannya mempengaruhi dan mengarahkan para anggotanya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Pemimpin sebuah organisasi harus mempunyai kemampuan dalam mengelola, mengarahkan, mempengaruhi, memerintah dan memotivasi bawahannya untuk memperoleh tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Di dalam mengelola karyawan yang ada dalam perusahaan harus diciptakan suatu komunikasi kerja yang baik antara atasan dan bawahan agar tercipta hubungan kerja yang serasi dan selaras. Dengan meningkatnya semangat kerja para karyawan tersebut diharapkan akan mencapai prestasi yang tinggi di bidang pekerjaan mereka masing-masing sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan hasil yang memuaskan.


 

B.            Konsep Management Skill

Manajemen mengambil konsep kata manage dari bahasa Inggris yang berarti mengelola, mengatur dan merencanakan. Secara garis besar konsep manajemen memang mengajarkan tata kelola sebuah perusahaan sehingga segala aktivitasnya bisa terkontrol dengan baik. Orang yang bertanggung jawab dalam manajemen perusahaan disebut sebagai seorang manajer. Dia harus menguasai konsep manajemen dengan baik, bukan hanya sebatas teori tapi juga prakteknya di lapangan.

Dalam manajemen, terdapat lima unsur yang harus ada agar perusahaan bisa beroperasi dengan baik. Kelima unsur tersebut antara lain tenaga kerja, bahan, mesin, waktu dan keuangan. Jika salah satu tidak bekerja dengan baik maka manajemen tidak dapat berlangsung dengan optimal. Manajemen menjadi rujukan atau dasar ilmu pengambilan keputusan di dalam perusahaan maupun kehidupan manusia secara umum. Dengan manajemen, alasan dan proses manusia bekerja sama dapat diukur dan dievaluasi. Sama seperti arti katanya, manajemen merupakan sebuah cara pengelolaan yang berarti membutuhkan waktu untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Proses ini berkaitan erat dengan fungsi manajemen di dalam perusahaan.

 

C.           Perbedaan Leadership dan Management

Kepemimpinan (Leadership) dan Manajemen (Management) pada dasarnya merupakan dua konsep yang berbeda, namun kedua istilah tersebut sering digunakan seolah-olah mereka memiliki arti yang sama. Pemahaman tentang perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen ini sangat penting dalam mengoperasikan sebuah organisasi. Kepemimpinan dan Manajemen seharusnya berjalan secara beriringan. Untuk menjadi Manajer yang baik diperlukan keterampilan dalam kepemimpinan. Sedangkan untuk menjadi Pemimpin yang efektif, dibutuhkan keterampilan Manajemen untuk mencapai Visinya.

Karakteristik Kepemimpinan

Karakteristik Manajemen

·       Strategik dan berorientasi pada Orang

·       Taktikal dan berorientasi pada Organisasi

·       Menetapkan arah dan tujuan

·       Merencanakan dan Mengkordinasikan Kegiatan

·       Memotivasi dan Menginspirasi Orang

·       Administratif dan Menjaga kelangsungan sistem

·       Membentuk Prinsip

·       Merumuskan Prinsip

·       Membangun Tim dan Mengembangkan Talenta mereka

·       Mengalokasikan dan Mendukung Sumber daya

Manusia

·       Mengembangkan Peluang Baru

·       Pemecahan Masalah

·       Mempromosikan Inovasi dan penemuan baru

·       Memastikan Kesesuaian Standar dan prosedur

·       Memberdayakan dan Membina Orang

·       Memerintah dan mengarahkan orang

·        

D.           Fungsi Leadership dan Management skill

Fungsi Leadership

1)      Dari segi fokus, leadership berfokus pada tindakan mendengarkan, membangun hubungan, kerjasama tim, menginspirasi, memotivasi dan membujuk. Sementara manajemen berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian. Dari segi otoritas, leadership mendapatkannya dari para pengikutnya, sedangkan manajemen mendapatkan posisi otoritas dari organisasi atau perusahaan.

2)      Dari segi kebijakan, leadership kebanyakan mengikuti pengetahuan dan naluri sendiri, sedangkan manajemen harus mengikuti kebijakan dan prosedur perusahaan.

3)      Dari segi interaksi, leadership berhubungan dengan anggota dan tim dalam suatu perusahaan saja, sementara manajemen berurusan dengan dimensi teknis dalam perusahaan.

4)      Dari segi evaluasi, leadership mengevaluasi individu berkaitan dengan potensi kinerja karyawan di masa depan, sementara manajemen mengevaluasi melalui catatan masa lalu dan kinerja saat ini.

5)      Dari segi komunikasi, pemimpin cenderung menggunakan komunikasi verbal, sedangkan manajemen cenderung menggunakan komunikasi tertulis.

 

Fungsi Management

1)      Perencanaan (Planning)

Dalam mengejar target maupun tujuan, dibutuhkan perencanaan agar semua proses bisa diukur dan diawasi. Perencanaan memperlihatkan setiap langkah yang dituangkan secara gamblang mengenai ide dan praktek di lapangan.

2)      Pengorganisasian (Organizing)

Sebuah rencana tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa pengaturan yang baik. Proses ini mendelegasikan tugas kepada pihak yang memiliki keahlian tersebut sehingga bisa tepat guna dan tepat sasaran.

3)      Pengarahan (Actuating)

Tugas manajemen, dalam hal ini adalah manajer, adalah melakukan pengarahan kepada timnya maupun pihak terkait untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Manajer bertugas memberikan instruksi dan persetujuan tentang jalannya proses tersebut.

 

4)      Pengawasan (Controlling)

Saat semua rencana dijalankan, maka langkah yang harus dilakukan adalah pengawasan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada proses yang kurang maksimal maupun melenceng dari rencana awal. Dalam hal ini, manajer juga melakukan evaluasi secara berkala terhadap rencana yang sudah ada.

 

E.            Hubungan Leadership dan Management



Hubungan antara leadership dan management antara lain, manajer sebagai management meletakkan struktur dan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab, para pemimpin memberikan arahan dengan mengembangkan visi organisasi dan mengkomunikasikannya kepada karyawan dan mengilhami mereka untuk mencapainya. Sementara manajemen mencakup fokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian; kepemimpinan terutama merupakan bagian dari mengarahkan fungsi manajemen. Pemimpin fokus pada mendengarkan, membangun hubungan, kerja tim, menginspirasi, memotivasi dan membujuk para pengikut.

 

Sementara seorang pemimpin (leadership) mendapatkan otoritasnya dari para pengikutnya, seorang manajer mendapatkan otoritasnya berdasarkan posisinya dalam organisasi. . Sementara manajer mengikuti kebijakan dan prosedur organisasi, para pemimpin mengikuti naluri mereka sendiri. . Manajemen lebih bersifat sains karena manajer tepat, terencana, standar, logis, dan lebih berpikir. Kepemimpinan, di sisi lain, adalah seni. Dalam suatu organisasi, jika manajer diperlukan, maka pemimpin adalah suatu keharusan/ esensial.

F.            Peran penting leadership dan management skill

Peranan penting pemimpin untuk melakukan pergerakan dari sebuah kelompok, organisasi, dan institusi tentu sangat dipengaruhi oleh seorang pemimpin. Bahkan pemimpin juga yang menentukan kesuksesan dari sebuah tim tersebut. Bagi sebuah perusahaan, leadership menjadi salah satu faktor penentu paling besar untuk keberhasilan dalam mencapai target. Berikut peran peran penting leadership antara lain :


·           Menyusun kebijakan tim

·           Mendelegasikan tugas

·           Mengkoordinasikan semua elemen perusahaan

·                         Melakukan evaluasi

·                         Mengendalikan wewenang anggota dalam perusahaan


Peranan penting yang ada dalam manajemen skill dalam bisnis merupakan peranan yang berfungsu untuk merencanakan, mengerjakan, dan mengawasi kegiatan bidang usaha pada sebuah perusahaan. Tujuan dari aktivitas tersebut adalah mempermudan tujuan usaha bisa dengan efisien tercapai. Manajemen bisnis juga bisa diartikan segala usaha yang dilakukan sesuai dengan rencana semata untuk mencapai target penjualan yang telah disepakati.

 


DAFTAR PUSTAKA

Tambunan, Toman Sony. 2015. Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu..

Rosento. 2018. Efektivitas Rekrutmen Dalam Kinerja Karyawan Pada Bagian Pemasaran Di CV Ikra Cendana Lintang Jakarta. Penerbit Cakrawala.

Adair, J. (2008). Kepemimpinan yang Memotivasi. Judul Asli: Leadership and Motivation. Penerjemah: Fairano Ilyas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

McCormick, N. (2012). Leadership in Action. 15 Strategi Taktis untuk Menjadi Seorang Pemimpin yang Andal. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Yukl, G. (2005). Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Kelima. Judul Asli: Leadership in Organization. Alih Bahsa: Budi Supriyanto. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.