September 19, 2022

Global Entrepreneurship

 Oleh: Muhammad Fikri Aditya 41619010033 (@V03-FIKRI)



Global entrepreneur adalah mereka yang mencari dan melakukan kegiatan bisnis baru dan inovatif seperti mengekspor, melisensikan, membuka kantor penjualan baru, atau memperoleh usaha lain melintasi perbatasan nasional. Dan global entrepreneuraship mengacu pada kewirausahaan yang dilakukan di seluruh dunia. Globalisasi telah mengubah cara bisnis beroperasi secara drastis. Dan dampak yang dapat dimiliki entrepreneur di seluruh dunia sangat menakjubkan. Pindah dari perbatasan Anda dan menjadi wirausahawan global adalah langkah karir yang positif dan menguntungkan. Orang yang memegang gelar itu bisa sangat kaya, berkuasa, dan diperlakukan sebagai panutan.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya globalisasi, semakin banyak usaha baru yang "lahir secara global'. Namun, perusahaan memiliki peluang lebih tinggi untuk berhasil bersaing di pasar internasional ketika eksekutif puncaknya memiliki pengalaman internasional.

Entrepreneur saat ini melintasi perbatasan karena dua alasan. Salah satunya adalah defensif: Untuk menjadi kompetitif, banyak usaha, seperti Tecsis dan Inverness Medical, harus mengglobalisasi beberapa aspek bisnis mereka— manufaktur, pengiriman layanan, sumber modal, atau akuisisi bakat, misalnya—saat mereka memulai. Itu mungkin terdengar jelas hari ini, tetapi sampai beberapa tahun yang lalu, itu adalah praktik standar bagi pemodal ventura AS, khususnya, untuk mengharuskan perusahaan yang mereka investasikan fokus pada pasar domestik.

Alasan lainnya adalah untuk tersinggung. Banyak usaha baru menemukan bahwa peluang bisnis baru mencakup lebih dari satu negara atau bahwa mereka dapat menggunakan jarak untuk menciptakan produk atau layanan baru. Ambil contoh RacingThePlanet, yang didirikan Mary Gadams pada tahun 2002 untuk menggelar maraton, masing-masing sepanjang 250 kilometer dan berlangsung selama tujuh hari, di lingkungan paling bermusuhan di dunia. Timnya bekerja di luar kantor kecil Hong Kong, tetapi perusahaan beroperasi di Gurun Gobi di Mongolia, Gurun Atacama di Chili, Gurun Sahara di Mesir, dan Antartika. Jarak telah menghasilkan peluang: Jika gurun dapat diakses, peserta dan penonton akan menganggap balapan kurang menarik, dan merek akan terdilusi. RacingThePlanet bukan hanya tentang berlari; ini juga tentang menciptakan merek gaya hidup global, yang digunakan Gadams untuk menjual ransel, persediaan darurat, pakaian, dan barang dagangan lainnya, serta untuk menghasilkan konten untuk divisi multimedia, yang menjual video untuk situs web dan sistem pemetaan GPS. Perusahaan ini mungkin baru berusia enam tahun, tetapi kesadaran merek tinggi, dan RacingThePlanet sudah menguntungkan.

Grafik langkah menunjukkan global entrepreneuraship bisnis

1.     Proses

2.     Statistik

3.     Berinvestasi

4.     Komicate

5.     Bahas

6.     Jangka waktu


Tantangan yang Dihadapi oleh Global entrepreneuraship

1.     Masalah logistik dan hambatan psikis yang diciptakan oleh jarak dan oleh perbedaan budaya, bahasa, sistem pendidikan, agama, dan tingkat pembangunan ekonomi.

2.     Karena kewirausahaan sudah memiliki begitu banyak hal untuk dibelanjakan dan dalam situasi seperti itu, mengakomodasi berbagai jadwal minggu kerja dunia bisa jadi sulit.

3.     Mengelola lingkungan politik, peraturan, peradilan, pajak, dan tenaga kerja berbagai negara.


Keuntungan global entrepreneur

1.     Kembangkan bisnis mereka di pasar baru

2.     Temukan bakat baru

3.     Temukan pelanggan baru

4.     Meningkatkan kesadaran merek bisnis, memberikan keunggulan kompetitif di pasar domestik

5.     Meningkatkan daya beli bisnis, melakukan penghematan jangka panjang

6.     Mengurangi dampak tren musiman


Contoh Global Entrepreneurship

"Starbucks"

Pada pertengahan 1980-an, Howard Schultz, Direktur Operasi dan Pemasaran Ritel Starbucks, mendorong pengecer biji kopi saat itu untuk menguji coba model kafe yang menjual kopi. Dia terinspirasi oleh perjalanan baru-baru ini ke Italia, di mana dia melihat bar espresso Milan yang populer dan nyaman. Saat Starbucks mulai mengerjakan ini, Schultz membuka kedai kopinya sendiri bernama Il Giornale di Seattle, yang menggunakan biji kopi Starbucks.

Pada tahun 1987, Schultz memperoleh dukungan keuangan dari investor malaikat lokal dan dapat membeli aset Starbucks dan mengubah namanya menjadi Starbucks Corporation. Pada akhir tahun, ada 17 gerai Starbucks, salah satunya di Vancouver, Kanada.

Bisnis ini terus berkembang dan, pada tahun 1995, meluncurkan Starbucks ke Jepang, sebagai hasil dari usaha patungan antara Starbucks Coffee International yang baru dibuat dan SAZABY Inc. Hanya beberapa tahun setelah ini, perusahaan mengakuisisi Seattle Coffee Company di Inggris, yang memberinya kendali atas lebih dari 60 lokasi ritel.

Statistik menunjukkan bahwa, melalui ekspansi internasional dan kemitraan dan akuisisi bisnis yang menguntungkan, Starbucks telah mampu secara besar-besaran meningkatkan jangkauan, kesadaran merek, dan profitabilitasnya. Mari kita lihat angka-angkanya:

Pada tahun 1987, Starbucks memiliki 15 toko dan 100 anggota staf. Sepuluh tahun kemudian, itu menghasilkan $ 1 miliar dalam pendapatan penjualan. Pada tahun 2003, telah berkembang menjadi lebih dari 65.000 karyawan, dan melayani lebih dari 22 juta pelanggan di seluruh dunia setiap minggu.

Saat ini, Starbucks adalah nama rumah tangga dan merek yang sangat berpengaruh. Meskipun telah mengembangkan 14.000 outlet di AS, ia juga telah meluncurkan 14.000 toko tambahan di seluruh dunia, yang berlokasi di hampir 80 negara berbeda. 28.000 toko Starbucks ini telah memungkinkan merek ini mencapai pendapatan global lebih dari £ 24 miliar. Ini menjadikannya rantai kopi teratas di dunia dalam hal pendapatan, menurut Franchise Food &Drink – prestasi yang mengesankan di sektor ritel kopi yang kompetitif.

 

References:

Isenberg, Daniel. 2008. The Global Entrepreneur. Boston: Harvard Business School

Rani, Jyotshana. Global Entrepreneurship. Open Growth

Vivian, Ofoymungu. 2015. Strategic and Global Entrepreneurship.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.