September 19, 2022

Organisation and Management



Abstrak

Ditjen Dikti (2013) Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari defenisi tersebut dapat disebutkan bahwa organisasi mengandung berbagai unsur yang terdiri dari dua orang atau lebih, ada kerja sama diantara orang- orang yang tergabung di dalamnya, dan memiliki tujuan bersama. Sedangkan manajemen (Ditjen Dikti 2013) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kerjasama di antara semua sumber daya yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Kerwords : mengatur, mencari solusi, jiwa kepemimpinan.

 

Pendahuluan  


Keorganisasian berasal dari kata organisasi artinya wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama. Pada dasarnya organisasi merupakan suatu tempat atau wadah dimana orang berkumpul, bekerja sama, terencana, terorganisir, terpimpin dan terkendali untuk mencapi tujuan organisasi.

Ada beberapa pakar yang mendefinisikan organisasi, diantaranya adalah :
1. James L. Gibson mengatakan, Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri.

2. Stephen P. Robins Mengemukakan, organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


3. Stoner berpendapat, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 

 

Mengatur waktu yang tersedia, dan mengalokasikannya untuk menyelesaikan tanggung jawab yang kian bertambah memang suatu hal yang penting untuk dilakukan. Tujuannya agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Agar dapat mengerjakan tugas ataupun tanggung jawab secara disiplin, kamu harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Tanpa kemampuan tersebut, bukan tidak mungkin akan merasa kesulitan untuk merampungkan tugas-tugas tersebut.

Karena memiliki fungsi praktikal pada seluruh kegiatan di kehidupan sehari-hari, mempelajari ilmu dasar tentang manajemen bukanlah hal yang sia-sia untuk dilakukan. 

Permasalahan

Dalam kehidupan sehari - hari organisasi dan menejemen hampir terdapat diberbagai aktifitas setiap orang khususnya mahasiswa namun masih banyak mahasiswa yang enggan untuk terjun ke dalam organisasi tersebut untuk sekedar tau dan bisa memberikan pelajaran agar pada saat bekerja nanti dapat beradaptasi dengan cepat dan bisa mencari solusi pada setiap permasalahannya. Bagaimana cara meningkatkan minat dan kemauan mahasiswa untuk bisa masuk keorganisasian?

 

Pembahasan

Organisasi sendiri sudah menjadi makanan sehari - hari mahasiswa karena di Universitas Mercu Buana sendiri terdapat berbagai macam organisasi dari yang formal seperti Himpunan Jurusan, BEM Fakultas dan juga DPM. Non formal seperti ekstrakulikuler dll. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa seharusnya bisa memanfaatkan berbagai organisasi tersebut untuk pembelajaran dan pengetahuan. Dan organisasi ini sendiri juga dibentuk sebagai wadah aspirasi para mahasiswa. Untuk meningkatkan minat para mahasiswa dalam berorganisasi adalah dengan mencoba memberikan pemahaman bahwa organisasi ini sangat penting untuk pembelajaran dan tidak hanya fokus pada program kerja yang dijalani saja namun lebih berfokus pada bagaimana proses dalam menjalankan suatu acara dengan baik dan sesuai dengan prosedurnya, tapi banyak juga mahasiswa yang merasa bahwa dengan masuknya dia dalam organisasi ini hanya membuat beban fikiran sehingga tidak bisa fokus pada perkuliahan. Padahal dengan didampingi dengan menejemen yang baik serta pengolahan yang tepat itu semua bisa dijalankan secara bersamaan. Organisasi juga dituntut untuk bisa time management, problem solving, serta mempunyai jiwa kepemimpinan, karena berawal dari sebuah keterpaksaan nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan.

Kesimpulan

Berdasarkan dari permasalahan dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa kita tidak perlu takut untuk mencoba sesuatu hal yang belum pernah kita coba sebelumnya seperti organisasi ini karena dengan kita masuk kedalam organisasi kita bisa banyak mendapat pelajaran yang berharga dan berguna untuk masa yang akan datang.

 Daftar Pustaka

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Ariyanti, Fikri. 2022. Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu.

Ahmad. 2021. Pengertian Organisasi: Konsep, Karakteristik dan Metafora Organisasi. Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.