November 27, 2022

People Management dalam Dunia Usaha

 


Oleh : Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)


ABSTRAK

            Dalam sebuah usaha, seringkali dibutuhkan manajemen. Secara sederhana, manajemen dalam sebuah produk berfungsi dalam melakukan pengaturan terhadap setiap komponen dalam suatu usaha. Saat ini sudah sering kita lihat dalam sebuah usaha terdapat adanya divisi people management yang memang dikhususkan dalam memantau kegiatan usaha dalam suatu perusahaan tersbut. Adanya people management ini membuat sebuah usaha atau kegiatan perusahaan berjalan dengan lebih terukur, terstruktur, dan sesuai dengan tujuan.

Keyword         : Usaha, Manajemen, Manajemen Usaha, People Manager

            In a business, management is often needed. In simple terms, management in a product functions in making arrangements for each component in a business. Currently, we often see that in a business there is a people management division which is specifically devoted to monitoring business activities within a company. The existence of people management makes a business or company activity run in a more measurable, structured, and in accordance with the objectives.

Keyword         : People, Management, Business

 

PENDAHULUAN

            Istilah manajemen sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hampir semua aspek pekerjaan maupun kehidupan sehari – hari menerapkan perilaku manajemen dalam menjalaninya. Namun, taukah kita apa arti sebenarnya dari sebuah manajemen ? Manajemen berasal dari kala to manage, yang berarti mengelola. Namun secara konseptual, manajemen berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan prinsip – prinsip manajemen, dengan memberdayakan sumber daya manajemen dalam rangka mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

Manajemen ini penting diterapkan dalam kegiatan sehari – hari maupun dalam kegiatan professional, salah satunya ialah dalam sebuah usaha. Adanya manajemen yang diterapkan dalam sebuah usaha disebut dengan manajemen usaha. Manajemen usaha yaitu sebuah aktivitas untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengontrolan sumber daya organisasi yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dan sumber daya tertentu. Dalam sebuah perusahaan, umunya terdapat satu divisi yang memang dikhususkan untuk menjalankan fungsi manajemen dalam setiap usaha. Divisi tersebut ialah divisi people management.

            Dari uraian di atas, maka terdapat beberapa permasalahan yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

PERMASALAHAN

1.      Apakah yang dimaksud dengan People Management ?

2.      Apakah fungsi dari People Management ?

PEMBAHASAN

1.      People Management

People Management atau Manajemen manusia  didefinisikan sebagai serangkaian praktik yang mencakup proses pelatihan, memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat kerja dan mendorong pertumbuhan profesional.

 

2.      Fungsi People Management

A.    Menangani Konflik Antar Pribadi

People management yang efektif dapat membantu untuk menengahi konflik antar karyawan dengan cara mendorong kolaborasi dan rasa hormat. 

B.     Membimbing Pelatihan Karyawan

People management juga berfungsi dalam pelatihan karyawan, seperti mengadakan workshop, pelatihan, pemberdayaan, dan sebagainya.

C.     Mengelola Deadlines

People management yang efektif dapat membantu mengevaluasi sumber daya tim dan menetapkan deadlines realistis yang mendorong kemajuan progres. 

D.    Membangun Budaya Perusahaan

People management dapat dimanfaatkan untuk membangun hubungan baik dengan karyawan. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, serta membangun rasa kekeluargaan.

KESIMPULAN

            Manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk kita implementasikan sehari – hari. Dengan adanya manajemen, kegiatan yang kita lakukan akan lebih terukur, terstruktur, dan sesuai dengan tujuan awal kita. Begitu juga dalam hal usaha. Adanya manajemen usaha menjadikan sebuah usaha dapat berjalan sesuai dengan arahan awal, dan lebih efektif serta efisien. Dalam people management terdapat beberapa fungsi diantaranya menangani konflik antar pribadi, membimbing pelatihan karyawan, dan sebagainya.  Sehingga dengan adanya people management ini, sebuah usaha atau organisasi akan dapat berjalan lebih produktif dan harmonis

 

REFERENSI

1.      Wulansari, Budiastuti. 2022. Training and People Management. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=439182

2.      Erlidawati, 2020. Human Resource Management. Dalam : https://lpm.iainlhokseumawe.ac.id/sibak-v2/C%208%20PENGABDIAN%20KEPADA%20MASYARAKAT/5.%20DOKUMEN%20LAPORAN%20PKM%20LUAR%20NEGERI/2018/17%20-%202018.pdf  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.