November 06, 2022

People Management Untuk Kepentingan Bersama


Oleh : @V35-Kamaludin

Abstrak

Tentunya memanajemen orang-orang dalam mengelola suatu perusahaan agar mencapai tujuan atau goals. Tidak sekadar mengelola SDM untuk mengeluarkan performa terbaiknya. Ada kata people di dalamnya yang membuat kita harus menengok ke sisi kemanusiaan dalam mengelolanya. SDM atau sumber daya manusia merupakan kunci yang memastikan kemajuan suatu industri. Sedangkan secara garis besar, sumber daya manusia merupakan individu yang bekerja sebagai aktivis suatu organisasi, baik institusi maupun industri dan berperan sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Oleh karena itu memanajemen orang bertujuan untuk meningkatkan skill kemampuannya.

Pendahuluan

Memanajemen orang tidak akan sulit jika orang-orang itu dalam dirinya mau berkembang. People management adalah kemampuan untuk memberikan motivasi, mengatur dan mengarahkan para karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya, sehingga produktivitas kerja mereka bisa meningkat. Dengan begitu pengembangan sumber daya manusia (human resource development) adalah proses untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam membantu tercapainya tujuan organisasi. (Wilson, 2012). Kemampuan people management yang baik dari seorang manajer akan membuat karyawan lebih nyaman dan loyal dalam bekerja. Mereka akan mendapatkan motivasi yang positif dan juga penanganan yang baik terhadap berbagai masalah di dalam pekerjaan, jika berada di tangan manajer yang memiliki kemampuan people management yang mumpuni.

Pembahasan

Menurut Bintoro dan Daryanto (2017 : 15) menyatakan bahwa “Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal”. Pengembangan sumber  daya manusia memiliki beberapa metode, yaitu :

  1. Pendidikan
    Dalam arti sempit yaitu meningkatkan keahlian dan kecakapan manajer memimpin para bawahnya secara efektif.
  2. Pelatihan
    Pelatihan maksudnya berlatih untuk meningkatkan kemampuan dibawah naungan orang yang berpengalaman.
Pengembangan sumber daya manusia atau yang disebut Human Resource Development (HRD) adalah suatu proses untuk meningkatkan kualitas pegawai agar menguasai penghetauan, keterampilan, keahlian, dan wawasan yang sesuai dengan perkembangan ilmu penghetauan dan teknologi. (Nurul, 2016). HRD mempunyai pokok fungsi sebagai berikut :
  1. Perencanaan sumber daya manusia
    Perencanaan sumber daya manusia adalah fungsi pertama dari HRD. Biasanya, fungsi ini dijalankan sebelum perusahaan melakukan perekrutan karyawan. bisa dibilang perusahaan butuh orang berapa banyak, dan orang yang seperti apa untuk diorganisasi tersebut.
  2. Rekrutmen dan seleksi karyawan
    Fungsi kedua dari HRD adalah rekrutmen dan seleksi karyawan. Fungsi ini merupakan fungsi yang paling dikenal dari bidang human resource development. Rekrutmen dan seleksi dilakukan untuk mendapatkan karyawan yang terbaik bagi perusahaan.
  3. Manajemen kinerja dan evaluasi
    Fungsi HRD lainnya adalah memastikan karyawan produktif dan produktif. Fungsi ini dapat dicapai dengan melakukan manajemen kinerja. Manajemen kinerja yang baik mencakup kepemimpinan yang baik, penetapan tujuan yang jelas, dan umpan balik yang terbuka. Biasanya, manajemen kinerja dilakukan dengan menggunakan berbagai alat penilaian kinerja dan karyawan ditinjau oleh manajer mereka.
  4. Pengembangan karyawan
    Pengembangan ini membantu karyawan untuk mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan. Program pengembangan karyawan biasanya dirancang berdasarkan hasil dari evaluasi kinerja.
  5. Perencanaan karier
    HRD memiliki fungsi untuk menunjukkan kepada karyawan bagaimana ambisi pribadi mereka dapat selaras dengan visi dan misi perusahaan dengan melibatkan dan mempertahankan mereka. Fungsi ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan. Mulai dari perencanaan suksesi yang lebih baik, produktivitas yang lebih tinggi, dan employer branding yang lebih kuat.

Pengembangan sumber daya manusia secara makro adalah penting dalam rangka mencapai tujuan-tujuan pembangunan secara efektif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia adalah :
  1. Faktor Internal
    Isinya mencakup keseluruhan kehidupan organisasi yang dapat dikendalikan baik oleh pimpinan maupun oleh anggota organisasi yang bersangkutan. dalam faktor internal ini juga berisi Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Sifat dan Jenis Kegiatan, serta Jenis Teknologi.
  2. Faktor Eksternal
    Isinya mencakup kegiatan keseluruhan yang terjadi diluar organisasi, antara lain Kebijakan Pemerintah, Sosio-Budaya, Perkembangan Ilmu Penghetauan dan Teknologi.
Untuk menguasai people management dengan baik, seseorang bisa melatih diri sejak saat ini. Agar suatu kepentingan dalam perusahaan dapat tercapai. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan people management, antara lain:
  1. Fokus pada satu keterampilan
    Ada banyak keterampilan yang dibutuhkan dalam people management, namun semua ini tentu tidak bisa dikuasai sekaligus. Fokuslah pada satu keterampilan dulu, sehingga bisa mempelajari dan menguasainya secara maksimal. Jika sudah benar-benar dikuasai dengan baik, maka Anda bisa memulai keterampilan lainnya.
  2. Belajar dari mentor yang ahli atau berpengalaman
    Jika merasa membutuhkan bantuan, maka cobalah untuk mencari seseorang yang benar-benar ahli di bidang ini. Saat belajar dari mentor yang tepat, maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, termasuk mengasah kemampuan secara lebih maksimal.
  3. Jangan malu untuk meminta saran dari manajer lain
    Dalam proses belajar, saran ataupun nasehat akan sangat berguna. Anda bisa mendapatkan kedua hal ini dari manajer lainnya di perusahaan, terutama mereka yang sudah berpengalaman. Anda bisa belajar banyak dari orang-orang yang seperti ini. 
Kesimpulan
Dengan begitu pengembangan sumber daya manusia (human resource development) adalah proses untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam membantu tercapainya tujuan organisasi.Kemampuan people management yang baik dari seorang manajer akan membuat karyawan lebih nyaman dan loyal dalam bekerja.

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal Pengembangan sumber daya manusia atau yang disebut Human Resource Development (HRD) adalah suatu proses untuk meningkatkan kualitas pegawai agar menguasai penghetauan, keterampilan, keahlian, dan wawasan yang sesuai dengan perkembangan ilmu penghetauan dan teknologi.

Referensi

Afia Hidayat, Atep. (2022). Modul 10 Kewirausahaan : People Management. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Hadijah, Siti. (2021, 29 April). Pengertian People Management dan Cara Meningkatkannya. Cermati.com dalam : https://www.cermati.com/artikel/pengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya

Andriyanto, Rendy. (2022, 08 Juni). HRD: Tugas, Fungsi, dan Kualifikasi untuk Mulai Kariernya. Glints.com dalam : https://glints.com/id/lowongan/hrd-adalah/#.Y2fPq3bP23A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.