Maret 20, 2023

STAR UP-PANDIFOOTBALL

 

STARTUP – PANDITFOOTBALL

 

OLEH : DALILAH HASNA HUSNIAH (AB-18-DALILAH)

NIM : 46122010020



 


ABSTARK

Apa Anda pecinta sepak bola ? Atau Anda ingin tahu mengenai berita tentang pertandingan sepak bola terhangat saat ini ? Anda dapat mengakses berita pertandingan sepak bola melalui panditfootball.com. Pandit Football adalah salah satu startup di Indonesia yang berfokus pada bidang olahraga sepak bola. Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepak bola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepak bola dan evolusi taktik didalamnya.

PENDAHULUAN

Pandit football didirikan sejak tahun 2012 dengan Andreas Wellman Marbun sebagai Chief Executive Officer (CEO). Pandit Footbal Indonesia telah berkembang mejadi perusahan startup penyedia data dan analisis performa berdasarkan statistik di industri sepak bola Indonesia. Pandit Football menyediakan analisis dan laporan pertandingan sepak bola yang akurat, informatif dan cepat. Pandit Football memiliki kompetensi sebagai penyedia editorial media sepak bola berupa artikel, fitur, serta infografis, dengan cakupan aspek meliputi ekonomi, politik, sejarah, budaya, sains, teknologi, permianan (video game), serta sepak bola fantasi (FPL).

PEMBAHASAN

Pandit Footbal dapat diakses melalui banyak sosial media. Mulai dari situs resmi Pandit Football yaitu https://www.panditfootball.com/, Twitter dan Instagram dengan nama yang sama yaitu @panditfootball. Sosial media yang lain berupa Facebook dengan nama @PanditFootball. Dan juga Pandit Football memiliki akun YouTube dengan nama Pandit Football Indonesia. Disamping itu Pandit Football memiliki cukup banyak pengikut disetiap sosial medianya. Mulai dari Instagram dengan jumlah pengikut 208 ribu, Twitter dengan jumlah pengikut 627 ribu, Facebook dengan jumlah pengikut 187 ribu, dan pada akun YouTube dengan jumlah pengikut 41 ribu. Selain itu, Pandit Football juga membuka online store di shopee dengan nama panditfootball. Pada online store tersebut menjual berbagai macam T-Shirt, hoodie dan juga sweater.

Pada situs resmi Pandit Football, terdapat berbagai macam kanal yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Kanal pada sistus resmi Pandit Football selalu muncul artikel artikel terkini dan terhangat. Kanal pada situs resmi Pandit Football sangat menarik untuk dibaca oleh banyak orang terlebih lagi bagi mereka yang menyukai sepak bola. Terdapat berbagia jenis kanal pada situs resmi Pandit Football, berikut diantaranya:

1.      Cerita. Pada kanal ini terdapat banyak artikel yang menceritakan kisah kisah dibalik pemain sepak bola bahkan terdapat kisah dibalik stadion yang dijadikan sebagai tempat pertandingan sepak bola. Semua artikel tersebut dikemas dengan sangat unik. Mulai dari judul dan juga isinya.

2.      Komik. Komik adalah salah satu pembeda yang dimiliki Pandit Football dengan situs situs yang lain. Komik yang disajikan pada kanal situs resmi Pandit Football sangat menarik. Mulai dari gambarnya, alur cerita bahkan ide ceritanya. Semuanya disajikan dengan sangat baik.

3.      PanditSharing. Pada kanal PanditSharing terdapat berbagai macam artikel mengenai sepak bola. Berita terhangat mengenai sepak bola diterbitkan pada kanal PanditSharing.

4.      Football Gear. Sesuai dengan namanya jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu peralatan sepak bola. Pada kanal ini terdapat berbagai macam artikel mengenai peralatan sepak bola. Selain itu terdapat berbagai tips mengenai perlatan sepak bola, design terbaru jersey sepak bola dan lain sebagainya.

5.      Fantasy Premier League. Bagi para pencita sepak bola pasti tidak asing dengan nama Premier League. Pada kanal ini, Pandit Football mempublish berbagai macam artikel mengenai startegi penempatan para pemain sepak bola.

6.      Fantasy Football. Pada kanal ini, Pandit Football membagikan cara bermain Word Cup Fantasy. World Cup Fantasy adalah salah satu game fantasi sepak bola yang diluncurkan untuk menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Di sini Anda akan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para pemain peserta Piala Dunia 2022.

7.      Sains. Pada saat ini, semua hal yang dilakukan harus berlandaskan pada sains. Pandit Football menyajikan kanal dengan fokus artikel sanis.

8.      Analisis. Kanal ini menganalisis cara bermain pada pemain sepak bola. Bukan hanya di indonesia saja, Pandit Football juga menganalisis para pemain bola seluruh dunia.

9.      Taktik. Pada kanal ini terdapat berbagai kumpulan macam artikel lainnya mengenai sepak bola pada Pandit Football.

10.   Backpass. Backpass adalah bola yang secara sengaja diberikan kepada kiper oleh pemain lapangan (outfield). Dan, itu merupakan pelanggaran. Sebab Back pass diartikan sebagai usaha bermain sepak bola negatif dan membuang-buang waktu. Pada kanal Backpass ini terdapat berbagai artikel mengenai pelanggaran kiper, pelanggaran yang dilakukan anggota sepak bola dan lain sebagainya.

 

KESIMPULAN

Pandit Football memberikan kemudahan bagi para pembaca dan pencinta sepak bola dalam mencari informasi mengenai sepak bola. Disamping itu, artikel yang disuguhkan disetiap kanal pada situs Pandit Football sangatlah menarik. Bukan hanya sekedar artikel namun juga ada komik, cerita-cerita inspiratif, trik bermain sepak bola dan lain sebagainya. Para pembaca juga mudah mendapatkan informasi mengenai sepak bola dengan mengikuti beberapa sosial media Pandit Football.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pandit Football Indonesia. 2016. “Panditfootball.com”, https://www.panditfootball.com/, diakses pada tanggal 19 Maret 2023 pukul 14.35.

Ilyas, Azhar. 2022. “Word Cup Fantasy, Pilih Pemain Terbaik & Bentuk Tim Piala Dunia 2022 Terkuat Versimu!”,https://jalantikus.com/sport/world-cup-fantasy/#:~:text=World%20Cup%20Fantasy%20adalah%20salah,pemain%20peserta%20Piala%20Dunia%202022., diakses pada tanggal 20 Maret 2023 pukul 15.45.

Analisis. 2022. “Jelaskan Pengertian Back Pass dan Mengapa Dilarang di Sepak Bola”, https://www.libero.id/detail/19139/jelaskan-pengertian-back-pass-dan-mengapa-dilarang-di-sepakbola.html, diakses pada tanggal 20 Maret 2023 pukul 16.32.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar