April 06, 2023

Biografi Reza Nurhilman: Sukses di usia muda berkat bisnis keripik pedas dengan omset milyaran




Oleh : Dimas Dwi Saputro

 

Profil Reza Nurhilman

            Reza Nurhilman merupakan pria kelahiran Bandung, 29 September 1987, anak bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil, orang tua Reza bercerai hingga membuatnya kemudian diasuh oleh orang tua angkat. Menyandang status Broken Home, membuat Reza sempat terjerumus ke hal-hal negatif saat masih muda.

Setelah lulus dari Sma 2 Bandung, Reza tidak melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi dan memilih untuk merintis usaha. Bermodalkan dari uang yang berhasil ia kumpulkan, Reza kemudian mencoba berbagai jenis usaha. Mulai dari berjualan bermacam-macam produk seperti barang elektronik hingga berjualan pupuk ia lakukan selama hampir empat tahun dari tahun 2015 hingga tahun 2009 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun di tahun 2009, Reza memutuskan untuk berkuliah. Pada tahun 2010, Reza kembali mencoba berwirausaha dengan menjual keripik singkong pedas. Bisnis cemilan tersebut dimulai ketika ia bersama temannya pergi ke Cimahi. Disana Reza mencicipi keripik lada pedas buatan seorang nenek dan ia tertarik dengan rasa cemilan tersebut. Tanpa malu-malu Reza menanyakan resep keripik buatan nenek tersebut. Nenek itupun tanpa keberatan memberikan resepnya.

Awal Perjalanan Bisnis Keripik Pedas Makicih

            Perjalanan awal berbisnis Keripik pedas makicih, dimulai saat ia bersama dengan temannya pergi ke Cimahi. Disana ia mencicipi keripik lada pedas buatan seorang nenek. Reza Nurhilman kemudian tertarik dengan rasa cemilan tersebut. Ia mengatakan bahwa rasa keripik buatan nenek tersebut sangat enak. Dan tanpa malu-malu, Reza menanyakan resep dari keripik buatan nenek tersebut. Nenek itupun tak keberatan untuk berbagi resep dari keripik lada pedas itu. Reza melihat bahwa keripik tersebut mempunyai rasa yang enak namun pemasaran dari keripik pedas tersebut masih kurang baik. Keripik tersebut tidak dipasarkan keluar daerah dan produksinya hanya pada saat saat tertentu saja. Reza Nurhilman kemudian fokus menggeluti usaha cemilan keripik singkong ini. Dengan strategi bisnis yang tepat ia yakin bisnis cemilannya bisa dikenal di seluruh Indonesia. a pun memberi nama kerupuknya yaitu Maicih dan diluncurkan pada bulan juni 2010. Reza membuat keripik pedasnya dengan level pedas yang berbeda-beda awalnya dari level 1 hingga level 5. Awalnya kapasistas produksi keripik buatan Reza Nurhilman hanya 50 bungkus perharinya. Ia menawarkan sendiri keripiknya dengan cara berkeliling dengan sistem COD (Cash On Delivery). Ia pun mau mengantar pesanan keripiknya walau hanya dipesan 1 bungkus saja. Reza tidak memiliki toko seperti produk cemilan yang lain.

Strategi Pemasaran

            Strategi pemasaran yang di lakukan Reza Nurhilman adalah dia memanfaatkan media Sosial yang pada saat itu sedang booming yaitu Twitter dan Facebook. Konsumen dapat melihat beberapa resseler di berbagai daerah . lokasi agennya tersebar di berbagai tempat keramaian seperti kampus, kantor, dan tempat keramaian lainnya. Strategi pemasaran Keripik Maicih buatan Reza Nurhilman tepat sasaran. Para konsumen dibuat penasaran akan rasa dari keripik Maicih. Meskipun sudah banyak produk yang serupa di Bandung, Reza menyebut keripiknya eksklusif. Level pedas keripik Maicih pun ditambah hingga mencapai level 10. Nama Keripik Maicih bahkan sempat booming di twitter karena level kepedasannya. Dan terkenal dikalangan anak muda.

Omset Milyaran Perbulan

            Dalam beberapa bulan setelah meluncurkan keripik pedasnya, Reza Nurhilman mampu meningkatkan produksi keripik Maicih nya hingga 2000 bungkus perharinya. Omset bisnisnya terus meningkat dengan pendapatan mencapai 7 milyar perbulan hanya dalam waktu setengah tahun saja seiring permintaan pasar yang terus meningkat terhadap keripiknya. Kini keripik buatan Reza Nurhilman sudah dapat ditemukan di minimarket maupun supermarket dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Saat ini Reza Nurhilman mampu memproduksi keripik Maicihnya hingga kapasitas 75 ribu bungkus perminggunya.

Varian pun ada tiga macam yaitu keripik, jeblak, gurilem. Ia sudah mempunyai perusahaan sendiri yaitu PT Maicih Inti Sinergi. Omsetnya pun kini bisa mencapai puluhan milyar perbulan dari berbisnis keripik.

 

Daftar Pustaka

https://www.biografiku.com/profil-dan-biografi-reza-nurhilman/ (diakses pada tanggal 2 april2023 pada pukul 19.11)

 

https://www.infobiografi.com/biografi-reza-nurhilman-presiden-maicih/ (diakses pada tanggal 2 april 2023 pada pukul 14.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar