April 10, 2023

Kisah pebisnis muda dalam menjalani bisnis desain grafis

 


Nama : Muhammad Fadhil
NIM : 46122010094

wawancara pebisnis jasa desain grafis, dengan nama startup Milkyyes


a.      Profil

pada beberapa waktu lalu saya mewawancarai seorang pebisnis muda, khususnya dalam bidang jasa. Ialah Putri Haniffah, berumur 19 tahun dan seorang mahasiswi Fakultas Psikologi Mercu Buana. Ia mempunyai Bisnis jasa berupa desain grafis. Putri Haniffah sudah memulai karir bisnisnya semenjak duduk dibangku SMP, pada saat SMP Putri Haniffah memulai karir bisnisnya berupa menjadi reseller dengan kedua temannya.  Putri Haniffah sudah menonjal sisi kewirausahaannya semenjak umur 15 tahun. dalam bisnis resellernya ini yang Ia jual adalah berupa popsocket dan liptint. Popsocket adalah sebuah casing hp yang dapat digunakan menjadi hiasan, dan pada saat itu memang popsocket sedang menjadi trending. Tetapi bisnis reseller Putri Haniffah tidak berjalan lama karena sudah menjelang kelulusan SMP.  Lalu Putri Haniffah memulai karir bisnisnya lagi dalam desain grafis.


a.      Awal mula terbentuknya “Milkyyies” bisnis starup desain grafis.

Putri Haniffah memulai karir bisnis barunya dalam jasa desain grafis pada tahun 2019 dan sempat hiatus pada tahun 2021. Lalu kemudian Putri Haniffah mendapatkan inspirasi barunya dalam memulai jasa desain grafis dalam kurun waktu 2 bulan terakhir, hal yang mendorong Putri Haniffah dalam memulai bisnisnya tersebut adalah karena Twitter menjadi pasar yang cukup laris dalam bisnis desain grafis, dan Putri Haniffah memutuskan untuk memulai bisnis barunya tersebut. Selain itu, Putri Haniffah memang mempunyai skill dan pengalaman dalam jasa desain grafis, dan memutuskan untuk mencoba bisnis tersebut dan sampai sekarang bisnis tersebut menarik banyak menarik perhatian konsumen. Putri Haniffah menjalani karir bisnisnya ini seorang diri, sebelum menjual ide idenya ke publik, Putri Haniffah melakukan “ospek” atau melakukan pengecekan apakah desainnya itu aman untuk dijual agar menghindari copyright. Dari bisnis yang dijalankan Putri Haniffah mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Berdasarkan data dari hasil wawancara, dalam 2 minggu Putri Haniffah mendapatkan keuntungan sekisaran 200k. Bahkan Putri Haniffah tidak mengeluarkan modal sepeserpun, karena media yang digunakan Putri Haniffah ialah ibis paint dan itu ialah aplikasi desain grafis yang gratis. Yang jadi faktor utama dalam menjaga konsisten dalam menjalani bisnis ialah skill dan ide, karna bagi Putri Haniffah sendiri, ide adalah suatu hal yang lebih mahal karena dibutuhkannya kreatifitas untuk mewujudkan hal tersebut.

a.      Karakter kewirausahaan yang dimiliki Putri Haniffah dalam menjalankan bisnis desain grafis.

Putri Haniffah mempunyai motivasi dan kegigihan dalam menjalankan bisnisnya. Motivasinya ialah untuk mengembangkan skill yang dimilikinya, dengan demikian bisnis yang dijalankan Putri Haniffah masih bisa bertahan dan bahkan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk tersebut. Putri Haniffah memiliki kreatifitas dan keberanian untuk bisa merealisasikan ide-idenya tersebut, bahkan diantara banyaknya jasa desain grafis di aplikasi Twitter, tidak membuat Putri Haniffah mundur dalam menjalankan usahanya. Putri Haniffah juga mempunyai visi dalam mengembangkan usahanya, yaitu ia ingin produk usahanya menjadi lebih sukses dan dapat menarik perhatian banyak pelanggan. Putri Haniffah dapat dijadikan contoh bagi generasi muda yang masih takut untuk memulai karir bisnisnya. Karena kegigihan dan motivasi jadi pemicu besar bagi mereka yang ingin memulai bisnisnya dari awal sampai bisa menarik perhatian para pelanggan. 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar