April 03, 2023

Kisah Sukses pebisnis Rido Nurul Adityawan Pemilik Ayam Gepuk Pak Gembus

Oleh: Nela Anandita   @AA43-Nela



ABSTRAK

Rido Adityawarman adalah salah satu kisah pengusaha muda Indonesiayang sukses memulai bisnis dari nol dengan bisnis kuliner "Warung Ayam Gepuk Pak Gembus". Rido memulai bisnis Warung Ayam Gepuk Pak Gembus dengan modal Rp 26 juta yang dikumpulkannya dengan menyisihkan gajinya selama bekerja sebagai staf di MNC Skyvision.

Modal tersebut dibelikannya tenda, meja dan kursi, gerobak serta perlengkapan untuk memasak. Setelah beberapa bulan bisnisnya tidak berjalan semulus yang diharapkan, pada akhir tahun 2013 Rido terpaksa menjual beberapa barang pribadinya untuk menambal biaya operasional bisnisnya.

PENJELASAN

Rido Nurul Adityawan adalah pemilik Salah satu bisnis kuliner yang memiliki pertumbuhan paling pesat beberapa tahun terakhir ini adalah Ayam Gepuk Pak Gembus yang kini telah memiliki 700 gerai di seluruh Indonesia ini.

Sebelum membuka usaha ayam gepuk pak gembus Rido Nurul Adityawan sudah memupuk jiwa wirausaha sejak lulus dari Politeknik Negeri Semarang dengan jurusan D3 Manajemen Bisnis. Setelah menjuarai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PWM) dengan peternakan lele miliknya, Rido memutuskan untuk menjadikan proyek tersebut sebagai landasan berwirausaha. Berbekal Rp 200 juta, budidaya ikan lele sudah bisa dilaksanakan. 

Namun usahanya tersebut malah membuat Rido kesusahan. Pasalnya, budidaya ikan lelenya hancur akibat meletusnya Gunung Merapi. Tak mampu membayar utang, akhirnya pria asli Magelang ini memutuskan untuk merantau ke Kalimantan berbekal Rp300 ribu. Bahkan, kuliahnya pun dikorbankan demi merantau.

Pada saat Di Sambas, Kalimantan, pria kelahiran 29 Januari 1988 ini bekerja sebagai kuli kasar pemanen buah sawit di perkebunan sawit Wilmar. Berselang beberapa waktu, Rido diberi kepercayaan untuk menjadi petugas payroll. Dengan tabungan yang ada, Rido memilih untuk merantau ke Jakarta. Ia menyambung hidup sebagai pegawai layanan konsumen PT Indovision.

Selama bekerja di Indovision, Rido kerap melakukan berbagai percobaan meracik bahan sambal. Setelah hampir menyerah, Rido berhasil mengotak-atik campurannya, menggunakan kacang mete dan minyak wijen sebagai tambahannya. Setelah mantap dengan racikannya, Rido mantab berwirausaha.

Ayam Gepuk Pak Gembus berdiri pada tahun 2013, Setelah setahun bekerja di Indovision, pria 31 tahun ini akhirnya memutuskan berhenti dan memutuskan untuk membuka Ayam Gepuk Pak Gembus. Gerobak pertamanya ada di Jalan Pesanggahan, Jakarta Barat. Pemilihan menu ayam karena menurutnya, semua orang suka dengan ayam.

Setelah berjalan dua tahun, usahanya mulai mendatangkan keuntungan. Bahkan, pada awal tahun 2015, Rido sempat mendapat tawaran dari pelanggannya, Dani Saputra, untuk membuka franchise atau waralaba. Namun, ketika itu Rido belum mengetahui skema waralaba. Akhirnya ia fokus membuat mempelajari waralaba hingga membuat proposal yang terinspirasi dari franchise donat. Membuat franchise dua gerai dengan total Rp30 juta, Ayam Gepuk Pak Gembus semakin berkibar.

Di bawah bendera PT Yellow Food Indonesia, Ayam Gepuk Pak Gembus milik Rido kini telah memiliki hampir 700 cabang yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Bahkan, permintaan untuk membuka cabang di luar negeri juga mengalir deras, yakni di Vietnam, New Zealand, Singapura, hingga Malaysia.

Jika dulu dalam sehari gerainya hanya terjual 3-4 ekor ayam, maka sekarang, Ayam Gepuk Pak Gembus bisa menjual hingga 13 ribu ekor ayam per harinya. Selain itu, Rido juga dianugerahi Rising Business Award pada tahun 2017 atas kerja kerasnya mengembangkan bisnis yang kini beromset Rp8 miliar ini.

Daftar Pustaka

Azra, F. (2021, Juli 22). 9 Kisah Pengusaha Muda Indonesia Sukses Memulai Bisnis dari Nol.

9 Kisah Pengusaha Muda Indonesia Sukses Memulai Bisnis Dari Nol (idntrepreneur.com)

Habib, T. (2019 ). Tak Paham Franchise hingga Miliki 700 Gerai, Ini 5 Fakta Menarik Rido Nurul Adityawan Pemilik Ayam Gepuk Pak Gembus.

 Tak Paham Franchise hingga Miliki 700 Gerai, Ini 5 Fakta Menarik Rido Nurul Adityawan Pemilik Ayam Gepuk Pak Gembus (akurat.co)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar