April 08, 2023

Kuis pekan 4

Debby Bestari Sechartini

@AA24-Debby

Biografi




Pendiri Gojek-Nadim Makarem

Berbagai sumber menyebutkan pendiri Gojek Nadim Makarem lahir pada 4 Juli 1984 di Singapura. Ayahnya, Nonu Anwar Makarem, dari Pekalongan, adalah seorang pengacara, dan ibunya, Attika Jadri, dari Pasuruan, bekerja di sektor nirlaba. Nadim Makarem memiliki dua saudara perempuan.

Nadim Makarem menikah dengan Franka Franklin pada tahun 2014. Dari pernikahan tersebut, Nadim Makarem memiliki seorang putra bernama Solara Franklin Makarem.Diketahui, Nadim Makarem memulai sekolah dasar di Jakarta kemudian lulus SMA di Singapura, dan setelah lulus dari Singapura ia melanjutkan studi hubungan internasional di Brown University di Amerika Serikat.

Lulus dari Universitas Harvard

Selama setahun, Nadim Makarem mengikuti program valuta asing di London School of Economics. Beliau juga melanjutkan studinya di Harvard Business School dan memperoleh gelar MBA (Master of Business Administration).

Nadim Makarem diketahui pernah bekerja di Mckinsey and Company, sebuah perusahaan konsultan ternama di Jakarta, selama tiga tahun. Ia diketahui pernah menjabat sebagai co-founder dan editor-in-chief Zalora Indonesia sebelum menjadi chief innovation officer Kartuku.

Dia meninggalkan Zalora untuk memulai Gojek.  Nadim Makarem yang memiliki pengalaman kerja cukup lama berani berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan GO-JEK pada tahun 2011.

Awal Berdirinya

Nadiem Makarim kemudian mendirikan Gojek pada tahun 2010. Ia menggunakan garasi mobilnya sebagai Kantor pertama dari Gojek yang beralamat di Jl. Kerinci, Jakarta Selatan.

Saat itu, sistem pemesanan Gojek belum menggunakan aplikasi seperti sekarang. Nadiem pada awalnya menggunakan call center sebagai perantara antara driver Gojek dan pelanggan. Sistemnya, pelanggan menelpon call center untuk melakukan orderan ojek, kemudian call center menginformasikan detail orderan kepada pengemudi ojek untuk dilaksanakan. Faktanya, selama tiga tahun sejak berdiri, Nadiem membiayai operasional perusahaan dari uangnya sendiri karena belum mendapatkan investor.

Kesuksesan Nadiem Makarim Sebagai Pendiri Gojek

Inovasi layanan serta strategi perusahaan yang bagus membuat Gojek berkembang sangat pesat dan dikenal sebagai perusahaan jasa transportasi berbasis online terbesar di Indonesia.

Pada awal berdirinya tahun 2010, Nadiem Makarim hanya memiiki 20 driver gojek. Di tahun 2019, ia dan Gojek sudah memiliki 2 juta driver gojek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Pengguna Gojek sudah mencapai ratusan juta dan menangani pemesanan lebih dari 3 juta pemesan setiap harinya. Ekspansi Gojek sendiri sudah mencapai 5 negara di Asia Tenggara dan tersebar di  207 kota.

Gojek kemudian bertransformasi sebagai salah satu perusahaan startup tersukses di Indonesia yang berada di level Decacorn. Decacorn adalah sebutan untuk perusahaan dengan nilai atau valuasi perusahaan mencapai 140 triliun.

Pada tahun 2021, Gojek mengumumkan merger dengan Tokopedia, marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Bergabungnya dua perusahaan startup ini kemudian dikenal dengan nama Grup GoTo (Gojek Tokopedia). Dan pada bulan april 2022, GoTo resmi melantai di bursa saham Indonesia.


Daftar Pustaka

https://www.biografiku.com/biografi-nadiem-makarim/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar