April 05, 2023

Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur)

  Nama : Mutia Sari

Nim : 46122010023

Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur)


Pembelajaran Kewirausahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewirausahaan adalah sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas wirausaha. Wirausaha dalam KBBI adalah orang yang memiliki kecerdikan dalam mengenali inovasi produk baru, cara produksi baru, aspek operasional untuk produk baru, serta mengatur pemasaran dan pendanaan produk tersebut. Wirausaha dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam mengelola proses bisnis dari produk baru baik itu dari segi proses produksi, pemasaran, hingga pendanaan. Kewirausahaan dalam Bahasa inggris memiliki arti “entrepreneurship”.

Kewirausahaan dapat diawali dan berkembang dari banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah pembelajaran. Melalui pembelajaran kewirausahaan diharapkan dapat memunculkan ketertarikan dan meningkatkan keingintahuan siswa terhadap wirausaha sehingga akan membentuk sikap wirausaha guna mencetak para wirausaha-wirausaha baru. Kewirausahaan berkembang dan diawali dengan munculnya inovasi. Inovasi dipicu oleh faktor pribadi serta faktor lingkungan. Faktor individu yang memicu kewirausahaan adalah pencapaian dari locus of control, toleransi, pengambilan risiko, nilai pribadi, pendidikan, pengalaman, usia, dan komitmen.

Pembelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan suatu proses untuk menciptakan nilai yang berbeda, dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, juga memikul resiko-resiko finansial, menanggung dampak psikis dan sosial yang menyertainya, serta menerima imbalan berbentuk moneter dan kepuasan pribadi. Entrepreneur harus senantiasa bekerja keras untuk meraih pertumbuhan, mencari kecenderungan dan terus berinovasi.

Minat adalah suatu keinginan yang cenderung menetap pada diri seseorang untuk mengarahkan pada suatu pilihan tertentu sebagai kebutuhannya,yang selanjutnya akan diwujudkan dalam tindakan nyata dengan adanya perhatian pada objek yang diingkannya itu untuk mencari informasi sebagai wawasan bagi dirinya. Minat berwirausaha adalah keinginan, ketertarikan, serta kesediaan untuk bekerja keras atau berkemauan keras untuk berusaha secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, serta berkemauan keras untuk belajar dari kegagalan.

 

SYARAT KEWIRAUSAHAAN

Dalam menjalankan bisnis, terjun ke dunia usaha, seseorang mengharapkan dapat terwujud semuanya dengan baik. Berusaha agar bisnis dapat terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda atau balik modal. Sebelum memulai dan menjalankan bisnis, anda dapat memenuhi syarat-syarat untuk menjadi wirausahawan yang sukses, yaitu :

1.      Punya visi dan misi yang jelas

2.      Berani menanggung resiko

3.      Konsisten terhadap apa yang dipilih

4.      Memanage waktu dengan baik

5.      Mengelola keuangan dengan baik

6.      Menghargai orang lain

 

SIKAP KEWIRAUSAHAAN

Setiap wirausahawan pemula wajib memahami sikap dan perilaku yang baik agar dapat meraih kesuksesan. Memiliki sikap yang baik dalam diri tidak seperti membalikkan telapak tangan, sikap yang baik membutuhkan kedisiplinan terus-menerus untuk berlatih. Sikap dan sifat yang baik untuk wirausahawan antara lain :

1.      Tidak berhenti belajar dan mencoba, keinginan untuk mencapai prestasi

2.      Optimis dan percaya diri

3.      Menguasai produk dan target pasar

4.      Relasi yang luas

      Memiliki semangat tinggi dan jiwa kepemimpinan

6.      Menerima masukan kritik dengan baik

7.      Bertanggung jawab

8.      Inovatif dan kreatif

 

CIRI KEWIRAUSAHAAN

Seorang wirausahawan memiliki cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka memiliki motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang terkait dengan nilai-nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul. untuk menjadi wirausahawan yang berhasil harus tangguh dan memiliki inovasi. Wirausahawan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1.       Yakin terhadap produk sendiri

2.      Mengenal banyak tentang produk

3.      Tidak berdebat dengan calon konsumen

      Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan

5.      Jujur, santun dan berani

6.      Menciptakan transaksi

7.      Memiliki analisis yang tepat

       Berorientasi pada masa depan


MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN

Motivasi adalah proses psikologi yang mencerminkan interaksi sikap, kebutuhan, persepsi dan keputusan. Proses psikologi muncul karena faktor dari dalam diri seperti kepribadian, sikap, pengalaman dan pendidikan, faktor dari luar diri seperti berbagai faktor lain yang sangat kompleks. 

Dalam entrepreneur, motivasi dapat diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yang dapat menimbulkan kegiatan entrepreneur dan memberi arah pada kegiatan serta tujuan yang dicapai. Motivasi berwirausaha adalah dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk memulai menunjukan potensi diri dalam berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk baru dan berguuna untuk kepentingan Bersama.

Wirausaha muncul ketika seseorang berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Berani mengembangkan usaha dan idenya melalui motivasi berwirausaha yang kuat. Motivasi adalah salah satu faktor keberhasilan wirausaha dalam menyelesaikan tugasnya. Semakin besar motivasi, semakin besar kesuksesan yang akan dicapai.

Tiga faktor yang menentukan motivasi dalam berwirausaha yaitu :  

1.      Keinginan dan minat memasuki dunia usaha

2.      Harapan dan cita-cita menjadi wirausaha

3.      Dorongan lingkungan (Internal dan eksternal)

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, M.S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke 19, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Basrowi. (2016). Kewirausaha: Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia

Astiti, Y. W. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.

Daryanto. 2012. Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, A. M. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Yogyakarta: eprints UNY.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar