April 16, 2023

Pengusaha Sukses Felicya Angelista




Pengusaha Sukses Felicya Angelista Merintis Bisnis Scarlett Whitening, Bagaimana Strategi Bisnisnya?

Felicya Angelista dikenal sebagai aktris, presenter, penyanyi, pemain film sekaligus pengusaha sukses di Indonesia pemilik perusahaan Scarlett Whitening. Ia lahir di Jakarta pada 2 November 1994. Ia merupakan anak dari pasangan Michael Ekel dan Novita Ratumbuysang. Felicya menikah dengan Immanuel Caesar Hito pada 9 Januari 2021. Mereka berpacaran lebih dari 7 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Felicya melahirkan anak pertamanya bernama Graziella Bible Emmanuela pada 9 November 2021 dan melahirkan anak keduanya yang diberi nama Zefanya Graneth Emmanuela pada 22 November 2022. Dalam biodatanya, Felicya Angelista mengenyam pendidikan di Institut Bisnis Nusantara, yakni Institut swasta di Jakarta. 

Awal Mula Merintis Dunia Bisnis

Mengutip buku Teori Komunikasi dalam Praktik oleh Zaid, dkk (2021), Scarlett Whitening adalah perusahaan yang mengeluarkan berbagai jenis produk kecantikan yang prioritasnya untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2017 dan fokus utamanya dipasarkan secara online. Produk-produk Scarlett Whitening berupa perawatan wajah, perawatan tubuh, dan perawatan rambut. Scarlett Whitening sangat ramai dibahas di media sosial, apalagi banyak di-endorse oleh banyak influencer dan public figure. Produk andalan Scarlett Whitening yang laris di pasaran yaitu Scarlett Body Lotion, Scarlett Face Serum, Scarlett Shower Scrub, dan Scarlett Serum. Produk-produk ini dipasarkan melalui sistem online secara masif. Namun,banyak pula distributornya yang memasarkan produk secara offline. Felicya Angelista merupakan founder sekaligus owner dari brand Scarlett Whitening. Kini kerja keras Felicya dan tim menghadirkan produk skincare lokal mulai memperlihatkan hasil. Tak hanya berpuas diri dengan minat pasar yang cukup tinggi, Scarlett terus berinovasi dengan melahirkan varian baru. Puncaknya, Scarlett mendapatkan kesempatan untuk membuka pop-up booth di Paris Fashion Week selama 10 hari berturut-turut.

 Sejarah Scarlett Whitening

Awalnya, Felicya hanya meluncurkan produk Feli Skin yang merupakan brand masker wajah. Produk ini dikemas dalam bentuk paket. Usai produknya banyak diminati, para warganet bertanya kepada Felicya tentang rangkaian produk kecantikan kulit yang digunakannya. Atas dasar hal tersebut, Felicya melihat ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan dan akhirnya meluncurkan produk Scarlett Whitening.Produk yang dikeluarkannya tersebut telah terdaftar di BPOM dan aman digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui. Scarlett Whitening dipasarkan secara online melalui e-commerce. Harga penjualan untuk reseller yaitu Rp.720 ribu untuk 12 botol, Rp.1,44 juta untuk 24 botol, dan Rp.2,496 juta untuk 48 botol. Pada bulan Mei 2021, nilai transaksi yang dicapai oleh perusahaan ini sebanyak 36 ribu atau setara dengan nominal Rp.2,6 miliar. Perusahaan Scarlett Whitening yang didirikan oleh Felicya Angelista telah mencuri perhatian khalayak umum di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika produk kecantikan menjadi produk yang paling banyak dicari dan laku keras di pasaran. (DLA)

Strategi Bisnis Scarlett Whitening

1. Bekerjasama dengan Influencer

Strategi pemasaran utama Scarlett adalah berkolaborasi dengan influencer media sosial. Scarlett menggunakan pemasaran influencer untuk meningkatkan promosi online. Tidak hanya itu, Popularitas Scarlett semakin meningkat berkat karyanya dengan para influencer. Bekerja sama dengan influencer media sosial biasa disebut sebagai endorsement. Alhasil, mereka akan mempromosikan produk Scarlett dengan foto atau video kreatif. ketika produkScarlett mencapai target pasarnya, keinginan untuk membelinya tumbuh, dan keuntungan perusahaan meningkat. 

2. Kolaborasi dengan Artis Terkenal

Selain mempromosikan produk kecantikannya melalui endorsement yang berpengaruh, brand perawatan kulit Felicya Angelista juga berkolaborasi dengan beberapa artis ternama. Seperti yang diketahui, pemilik brand Scarlett ini merupakan seorang public figure, sehingga kedekatannya dengan dunia hiburan sudah tidak diragukan lagi. Ia juga menggandeng beberapa artis Indonesia untuk mempromosikan produk Scarlett, mulai dari model, aktor, penyanyi, baik wanita maupun pria. Beberapa artis yang turut serta mempromosikan produk Scarlett yaitu Rossa, Laudya Cynthia Bella, Sandra Dewi, Agnez Mo, Dinda Hauw, Rey Mbayang dan masih banyak lagi. Artis-artis yang diajak untuk mempromosikan Scarlett Whitening juga terdiri dari berbagai kalangan usia. Mulai dari artis muda hingga artis tua. Strategi bisnis ini dinilai cukup efektif untuk menjangkau berbagai kalangan. Artis muda dan tua juga membawa lebih banyak pelanggan dari berbagai kelompok usia. Bahkan penggemar artis yang belum pernah mengenal merek Scarlett pun bisa jadi tertarik untuk membelinya untuk idola mereka. Dengan demikian, Scarlett mendapatkan pelanggan baru lebih cepat karena kerumunan yang dibawa oleh para artis yang menjadi bintang iklannya. 

3. Menunjuk Artis Korea Sebagai BA

Cerita di balik penentuan brand ambassador Scarlett terlihat unik dan menarik perhatian penonton. Obrolan video call dimulai dengan Scarlett yang menyebut nama Song Joong Ki sebagai BA. Tidak hanya itu, Scarlett juga pernah berkolaborasi dengan idola K-Pop lainnya, yaitu girlband TWICE yang beranggotakan sembilan orang. Proses kerja sama dengan artis Korea Selatan juga dimanfaatkan Scarlett Whitening untuk memasarkan produk perlengkapan untuk meningkatkan penjualan. Paket yang ditawarkan kepada pelanggan saat Song Joong Ki menjadi BA antara lain adalah rangkaian produk perawatan tubuh dan hadiah tambahan berupa kartu foto dan stiker eksklusif. Pada saat yang sama, Scarlett akan memperkenalkan dua paket perawatan kulit edisi dengan kartu foto dan paket edisi terbatas. Strategi bisnis Scarlett ini berhasil mendapatkan banyak pelanggan baru. Citra merek ini di mata publik juga semakin positif. 

4. Memperkenalkan Berbagai Inovasi

Felicya terus melakukan berbagai inovasi produk-produk yang berbeda dari kompetitor. Pada awalnya, Scarlett Whitening hanya menjual produk perawatan untuk kulit wajah saja, namun seiring perjalanan bisnisnya, Scarlett Whitening juga menghadirkan produk untuk merawat kulit tubuh hingga rambut. Untuk perawatan wajah, Scarlett Whitening memiliki produk face wash, moisturizer, serum, toner, dan masker, sedangkan untuk perawatan tubuh, Scarlett menawarkan produk berupa body lotion, shower scrub, hingga body scrub. Selain itu, Scarlett menyediakan produk shampo dan conditioner. Meski produk yang dihadirkan bagi pelanggan sudah cukup lengkap, tetapi bukan tidak mungkin bagi Scarlett untuk terus berinovasi. Dengan meluncurkan berbagai produk perawatan kulit untuk memenuhi kebutuhan pasar.

5. Promosi Produk Secara Online

Dalam memasarkan berbagai produknya, Scarlett menggunakan media sosial untuk menunjang strategi pemasarannya. Dengan terjun ke dunia media sosial produk scarlett dapat menjangkau target pasar secara lebih mudah. Terlebih, brand ini banyak menjalin kerjasama dengan para influencer yang membuat Scarlett semakin dikenal oleh berbagai macam kalangan.


Daftar Pustaka

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4950391/perjuangan-felicya-angelista-kembangkan-sayap-bisnis-skincare-berbasis-data-dan-riset-berbulan-bulan

https://www.dailysia.com/biodata-profil-dan-fakta-felicya-angelista/

https://store.sirclo.com/blog/scarlett-whitening/

https://celebrity.okezone.com/read/2022/03/19/33/2564485/biodata-dan-agama-felicya-angelista-artis-indonesia-yang-beruntung-gaet-song-joong-ki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar