April 15, 2023

REVIEW VIDEO KEWIRAUSAHAAN YANG WAJIB DISIMAK UNTUK BERWIRAUSAHA

MUHAMMAD AKMAL BAIHAQI (@AA06-Akmal)

Kali ini saya akan membuat review dari 3 vidio mengenai kewirausahaan, silahkan simak review dibawah ini.

VIDEO 1

Judul : PENYEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BERWIRAUSAHA

Isi : 

    Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil karya. 

Kewirausahaan juga memiliki beberapa tujuan yaitu :

  1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
  2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Membudayakan semangat sikap, perilaku,dan kemampuan kewirausahaan dikalangan pelajar dan masyarakat yang mampu,handal,dan unggul.
  4. Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.

    Selain itu, motivasi berwirausaha bisa didapat dari berbagai faktor (faktor lingkungan, faktor sosiologis, adanya ketersediaan sumber daya, faktor personal, adversity Quotient). dengan karakteristik wirausaha yaitu disiplin, percaya diri, pantang menyerah, kreatif, dll.

    Berwirausaha juga memiliki berbagai keuntungan dan kerugian. Keuntunganya yaitu, membuka kesempatan bekerja, wawasan bertambah, bebas dalam mengelola keuangan, dan memiliki relasi yang luas. Keberhasilan itu didapat dari berbagai faktor yaitu, Faktor peluang, Faktor SDM, Faktor keuangan, Faktor organisasional, Faktor perencanaan, Faktor pemasaran dan penjualan, Faktor administrasi. Dan kerugiannya yaitu, Resiko dan beban besar, pendapatan tidak stabil, jam kerja tidak teratur. Kerugian tersebut bisa didapat karna tidak memiliki faktor faktor yang sudah dijelaskan dalam faktor keberhasilan berwirausaha.

    Dan yang terakhir adalah tahapan berwirausaha (Memulai, melaksanakan, mempertahankan, dan mengembangkan).


VIDEO 2

Judul : PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

Isi :

    Kreativitas adalah kemampuan dalam menuangkan ide dengan berpikir kreatif sehingga dapat menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan,ketekunan, kerja keras,dan perhatian.

    Selanjutnya, untuk kreatifitas dibagi dengan berbagai model kreatifitas yaitu, Modal insani, Modal sosial, Modal Budaya, Modal Struktur kelembagaan. Dan proses kreatifitas dibagi ke berbagai tahap (Persiapan, Inkubasi, Iluminasi, Verifikasi). Cara meningkatkan kreatifitas bisa dengan berbagai cara yaitu, Motivasi tinggi, tidak takut mencoba, mau belajar, cekatan, konsisten, dan ulet.

    Inovasi adalah sebuah ide atau gagasan yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang. Proses inovasi juga dibagi ke berbagai tahap (invention,diffusion, discovery, application). Dan sumber peluang inovasi bisa didapat dari penelitian, persaingan pasar, kebutuhan, dan pengetahuan. Dengan manfaat inovasi ialah, Memperoleh peluang pengetahuan dan kemampuan menghasilkan produk, peluang menghasilkan nilai tambah baru, Peluang merintis usaha baru, Peluang melakukan proses/teknik baru, Mengembangkan organisasi baru.


VIDEO 3

Judul : EKSPLOITASI IMAJINASI DAN INTUISI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Isi :

    Imajinasi merupakan sebuah gambar atau objek angan yang dapat membayangkan atau khayalan. Imajinasi ini lah secara umum akan memberi kekuatan untuk memproses hasil citra mental dan ide yang kita pikirkan.Sedangkan, Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi juga merupakan bentuk perkiraan yang samar-samar, sering setengah disadari, tanpa diiringi proses berpikir yang cermat sebelumnya, namun kemudian dapat menuntun pada satu keyakinan, yaitu secara tiba-tiba dan pasti memunculkan satu keyakinan yang tepat.

    Selanjutnya, dijelaskan kondisi-kondisi yang mendorong proses bawah sadar yaitu, sikap berani, keraguan, pengalaman, persiapan yang sungguh-sungguh, menyerah sementara, bertukar pikiran, bebas dari kebingungan , dan batas waktu. Dijelaskan pula bagaimana mempertajam imajinasi dan intuisisi.

Hubungan Imanjinasi dan Intuisi dengan kewirausahaan :

  1. Mengembangkan daya visi
  2. Mengembangkan kemampuan 
  3. Mengembankan daya intuisi
  4. Mengembangkan daya berfikir lateral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar