April 11, 2023

Start Up Tokopedia

 Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan juga pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka serta mengurus toko online mereka secara mudah dan juga bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online aman dan nyaman dalam transaksi. Penggunaan Tokopedia sangat mudah dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Tokopedia sejatinya tidaklah mempunyai cabang perusahaan, Ia hanya memiliki kantor pusat yang bertempat di kota Jakarta.

Awal mula Tokopedia hadir di pasaran pada tanggal 17 Agustus tahun 2009, Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan juga Leontinus Alpha Edison. Tokopedia mendapatkan seed funding atau pendanaan awal yang berasal dari PT Dwitama pada tahun 2009. Lalu mendapatkan modal yang cukup besar sekitar USD 100 juta atau Rp 1,2 triliun yang disuntikkan beberapa bulan oleh Softbank Internet, Media Inc. dan juga Sequoia Capital.

Sejauh ini Tokopedia telah banyak menyabet berbagai anugerah penghargaan antara lain yaitu : Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember tahun 2014. Dan pada tanggal 12 Mei tahun 2016, Tokopedia kembali terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award tahun 2016. Website Tokopedia menjual berbagai macam jenis barang seperti yaitu seperti:


Barang Barang Elektronik

Peralatan Kantor dan juga Rumah Tangga

Peralatan Olahraga

Kosmetik Kecantikan

Perlengkapan bayi dll


Tokopedia juga menyediakan berbagai produk produk digital yang memudahkan konsumen diantaranya seperti :


- TokoCash

- Tiket Kereta Api

- Air PDAM

- Angsuran Kredit

- Pascabayar

- Gas PGN

- Mitra Toppers

- Pulsa

- BPJS

- Telkom

- Donasi

- Voucher game

Tokopedia kini menjadi salah satu perusahaan rintisan yang cukup sukses di Indonesia. Tapi siapa sangka, salah seorang pendiri perusahaan tersebut yaitu William Tanuwijaya, mengaku sempat dianggap remeh oleh orang orang sekitarnya. Banyak kisah yang mengiringi keberadaan Tokopedia ini setelah lima tahun berdiri. William yang saat ini menjabat sebagai CEO perusahaan tersebut, menuturkan beberapa cerita cukup menarik yang sarat dengan kerja keras.

Berbekal dengan tekad kuat, ia menceritakan seluruh idenya kepada atasan dimana tempat William bekerja. Harapannya agar bisa diberi bantuan berupa modal untuk merealisasikan mimpinya itu. Namun karena melihat latar belakang yang dirasa belum cukup pas, sejumlah orang banyak yang meragukan kesuksesan William. Apalagi untuk memberikan suatu modal.

Ide mendirikan Tokopedia diawali dari tahun 2007 dan baru dapat terselesaikan pada tahun 2009 lalu. Pada awal kehadiran Tokopedia cukup baik, itu dapat dilihat dari penghargaan Bubu Award. Dimana Tokopedia dinobatkan sebagai Bisnis Startup E-commerce terbaik kala itu di indonesia.

Di awal Tokopedia hadir ditengah-tengah masyarakat indonesia, mengklaim bahwa cukup 12 menit untuk menerima orderan pertama. ketika itu, Tokopedia baru merekrut 4 karyawan dimana 2 diantaranya yakni pendiri dari Tokopedia. Saat itu, Tokopedia masih belum mempunyai kantor dan baru mengerjakan semuanya melalui rumah dari masing-masing pekerja.

Tetapi dengan berjalan waktu, Tokopedia memperoleh anuitas dari beberapa pihak terkait seperti merchant dan customer. Di Awal dibangunnya Tokopedia mampu merekrut 509 merchants dan 4560 members. Tidak disangka, jumlah tersebut terus tumbuh dan tepat pada tanggal 17 Agustus 2010. Tokopedia berhasil merekrut 4659 merchants dan 44785 members. Di tahun 2019 tercatat pencapaian Tokopedia naik hingga 70%, dimana mencatat lebih dari 2,7 juta penjualan (merchant). itu merupakan satu pencapaian luar biasa yang didapatkan Tokopedia selama merintis bisnis e-commerce.

Ini merupakan pencapaian terbaik dari Tokopedia dalam waktu 12 tahun terakhir. Setelah melewati tahun panjangnya, Tokopedia terus membuat banyak perubahan, inovasi, dan motivasi baru. Banyak hal baru yang terlihat dari tampilan Tokopedia dan telah memperbaiki beberapa bug error serta layanan customer care dari Tokopedia juga semakin ditingkatkan. Demikian pembahasan mengenai Tokopedia. Semoga bermanfaat sekian Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar