April 11, 2023

Tokoh Pembisnis Nadiem Makarim sang Pemilik Gojek

 Nadiem Makarim yang dikenal sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengawali kariernya sebagai seorang pekerja di sebuah kantor konsultan ternama. Hingga akhirnya berhasil merintis usaha sendiri yang kini menjadi unicorn di Indonesia, yaitu Gojek. Tidak mengherankan kisah sukses Nadiem menarik untuk diikuti.

Di umur yang masih muda, Nadiem Makarim berhasil menjadi pengusaha sukses. Hal itu karena ia menempuh pendidikan yang berkualitas dan punya keinginan kuat untuk menjadi pengusaha. Di sini Anda akan lebih dekat mengenal kehidupan Mendikbud Nadiem yang memiliki kisah sukses menginspirasi.


Jiwa pebisnis Nadiem memang sudah teruji ada. Ia berhasil membawa bisnisnya ke tangga puncak. Hingga pada akhirnya Presiden Joko Widodo menawarkannya kursi Menteri Pendidikan. Ia pun menerima tawaran itu.


Kisah sukses Nadiem masih terus berlanjut selama menjadi menteri. Tahun 2019 ia mengeluarkan kebijakan menghapus UN (ujian nasional) yang tentu saja disambut baik oleh para murid. Walaupun kebijakannya ini dikritik, kebijakan ini akhirnya dijalankan juga.


Pendidikan di Indonesia di bawah kepemimpinannya harus mendapatkan cobaan di masa pandemi. Anak sekolah diharuskan bersekolah dari rumah untuk mencegah penularan virus Covid-19. Kebijakan ini awalnya cukup berat karena murid dan guru harus beradaptasi menggunakan gawai.


Selama ini murid di Indonesia belajar melalui tatap muka, sehingga ketika dipindahkan online menimbulkan banyak masalah. Tidak semua murid bisa memiliki alat yang memadai seperti laptop, ponsel, dan media lainnya untuk membantu mereka belajar. Belum lagi dengan internet yang tidak menjangkau ke bagian terpencil.


Dari sini Kementerian Pendidikan pun mulai menyediakan kuota gratis untuk murid. Untuk memudahkan pembelajaran online, diadakan juga program laptop dengan harga murah untuk para guru dan murid.


Artikel : https://www.modalrakyat.id/blog/kisah-sukses-nadiem-makarim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar