April 03, 2023

KISAH SUKSES SEORANG MOCHTAR RIADY PENDIRI LIPPO GROUP

Mochtar Riady adalah seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang dikenal sebagai pendiri Lippo Group. Lippo Group adalah sebuah konglomerat yang memiliki bisnis di berbagai sektor, seperti properti, perbankan, dan kesehatan. Kisah sukses Mochtar Riady yang bermula dari nol hingga menjadi salah satu pengusaha sukses terbesar di Indonesia ini patut untuk dijadikan inspirasi bagi para pengusaha muda Indonesia.

Mochtar Riady lahir di Endau, China pada 12 Agustus 1929. Ia adalah anak keempat dari lima bersaudara dalam keluarga pedagang teh. Saat masih kecil, ia menghabiskan waktunya di toko teh keluarganya di China. Namun, pada tahun 1949, keluarga Riady pindah ke Indonesia dan membuka toko teh di Surabaya.Di Surabaya, Mochtar Riady bekerja keras di toko teh keluarganya. Ia mengambil kesempatan untuk belajar Bahasa Indonesia dan memperluas jaringan bisnisnya. Ia juga memutuskan untuk memperdalam ilmu ekonomi dan bisnis dengan mengikuti kursus melalui pos dengan University of New South Wales di Australia.

Pada tahun 1957, Mochtar Riady memutuskan untuk membuka toko kelontong kecil di Surabaya. Dari sini, ia mulai membangun bisnisnya dengan membuka toko-toko lainnya dan mulai memperluas jaringannya. Pada tahun 1975, Mochtar Riady bersama dengan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Jakarta dan membuka sebuah bank kecil yang diberi nama Bank Central Asia (BCA).BCA tumbuh dengan cepat dan menjadi bank terbesar kedua di Indonesia pada tahun 1980-an. Dari sini, Mochtar Riady mulai memperluas bisnisnya ke berbagai sektor, termasuk properti dan kesehatan. Pada tahun 1990-an, Lippo Group memulai proyek properti terbesarnya dengan membangun Lippo Karawaci, sebuah kota mandiri di Tangerang, Banten.

Seiring dengan bertambahnya bisnis Lippo Group, Mochtar Riady juga memperluas bisnisnya ke luar negeri. Pada tahun 1994, ia membuka kantor perwakilan Lippo Group di Amerika Serikat dan mulai membangun bisnis di sana. Lippo Group saat ini memiliki kehadiran global di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, China, Singapura, dan Australia.Kesuksesan Mochtar Riady dalam membangun Lippo Group tidak datang dengan mudah. Ia harus menghadapi berbagai rintangan dan tantangan di sepanjang perjalanannya. Namun, ia terus bekerja keras dan belajar dari pengalaman-pengalamannya untuk mengembangkan bisnisnya.

Mochtar Riady juga dikenal sebagai seorang filantropis yang dermawan. Ia telah mendirikan berbagai yayasan dan program sosial untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung, terutama di Indonesia.Kisah sukses Mochtar Riady sebagai pengusaha sukses dan filantropis yang dermawan adalah

 





 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

https://bisnis.com/topic/242/mochtar-riady

https://www.lippokarawaci.co.id/investor-center/shareholders-structure

https://id.wikipedia.org/wiki/Mochtar_Riady

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar